Kandungan gizi dan Manfaat Kedelai

Kandungan Gizi dan manfaat kedelaiTak diragukan lagi manfaat kedelai bagi kesehatan, diantaranya termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, kesehatan jantung, kontrol berat badan dan sistem pencernaan yang sehat. kedelai juga berpotensi untuk menghambat pertumbuhan tumor, serta dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada pasien yang menderita asma. Juga membantu menghambat perubahan kulit terkait dengan usia, seperti pada wanita pascamenopause. Kedelai adalah sumber protein, serat dan nutrisi lain yang penting bagi tubuh manusia.

Advertisement

Kedelai banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tahu, tempe, snack, susu kedelai dll. Jangan memandang sebelah mata terhadap kedelai, karena kedelai adalah hidangan populer pada masakan Jepang. Dan sejarah penggunaan kedelai dalam hidangan menunjukkan bahwa makanan dari kedelai pertama kali dibuat di Jepang.  Hal ini tak lain karena fakta bahwa  kedelai telah terbukti memiliki sifat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan gizi dan Manfaat kedelai bagi kesehatan

Kandungan gizi pada kedelai

Kedelai kaya akan energi, protein, serat, karbohidrat, berbagai asam amino namun  rendah tingkat kadar lemak dan gula. kedelai merupakan sumber yang baik dari berbagai mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga dan mangan. Vitamin C, riboflavin, thiamin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, asam folat, vitamin E dan tokoferol adalah beberapa vitamin yang terdapat pada kedelai. )

Nutrisi-nutrisi ini akan membantu kita dalam menjaga hidup agar tetap sehat dan dapat mencegah berbagai risiko kesehatan.

Kesehatan tulang

Kedelai mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin E dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Konsumsi Kedelai dan produk kedelai lainnya seperti tahu dan susu kedelai dapat memberikan nutrisi yang diperlukan dan membantu dalam memperkuat tulang dan mempertahankan kepadatan tulang. Sesuai studi penelitian itu dapat mengurangi risiko patah tulang terutama pada wanita menopause. Osteoporosis adalah penyakit yang terkait tulang yang terjadi di usia tua. Rutin mendapat asupan kedelai  yang mengandung isoflavon dan nutrisi lain, dapat membantu  mencegah osteoporosis atau penyakit terkait tulang lainnya.

Lihat juga :   Efek samping kebanyakan mengkonsumsi MSG

Fungsi paru-paru yang lebih baik

Studi Penelitian menunjukkan bahwa asupan genistein dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada pasien dengan asma. Kedelai juga mengandung genistein dan dengan demikian dapat membantu dalam fungsi paru-paru yang lebih baik.

Sistem kekebalan yang kuat

Kedelai dengan nutrisi, vitamin, antioksidan dll membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat diperlukan bagi tubuh untuk melindungi terhadap mikroorganisme yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kesehatan.

Kulit yang sehat

Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang rentan terhadap kerusakan akibat kondisi yang berbeda seperti cuaca dan obat-obatan antara lain dan perlu perawatan yang tepat. Konsumsi Kedelai yang dimana mengandung antioksidan akan membantu menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki kulit yang rusak. Kedelai mengandung isoflavon yang mungkin bermanfaat dalam mengelola perubahan kulit terkait usia pada wanita pascamenopause.

Menjaga berat badan

Konsumsi Kedelai mungkin juga bermanfaat dalam menjaga berat badan ideal. Asupan makanan yang tepat sangat penting dalam menjaga berat badan dalam kontrol. Kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi, namun rendah kalori yang menjadikannya ideal sebagai makanan ringan untuk menjaga berat badan.

Pencernaan

Manfaat kedelai bagi Kesehatan termasuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. kedelai juga merupakan  sumber serat yang baik, yaitu yang akan memfasilitasi pencernaan. Sembelit dan kembung yang Anda alami juga dapat dicegah atau dikurangi dengan mengkonsumsi Kedelai. Terlepas dari manfaat dari serat sistem pencernaan, kedelai juga memainkan peran penting untuk memastikan kolesterol tetap pada tingkat yang tepat,  sehingga mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Antitumor

Kedelai dan Produk dari kedelai seperti susu kedelai juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Studi penelitian yang telah dilakukan untuk memastikan manfaat kedelai bagi kesehatan potensial seperti sifat antikanker. Studi tersebut menunjukkan bahwa ekstrak kedelai secara signifikan dapat mengurangi pertumbuhan tumor,  dan berpotensi untuk menghambat pertumbuhan tumor. Susu kedelai, kenapa tidak?

Lihat juga :   Manfaat Minyak Canola bagi Kesehatan

Kesehatan jantung

Makanan dari kedelai mungkin juga bermanfaat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa konsumsi makanan dari kedelai/ kedelai dapat meningkatkan kontrol kadar glukosa dalam darah dan insulin.

Cara pengolahan kedelai sebelum dikonsumsi

Kedelai biasa diolah menjadi produk seperti tempe atau tahu, selain itu juga bisa diambil ekstraknya, seperti yang kita kenal dengan sebutan susu kedelai. Kedelai juga dapat disangrai dengan diberi sedikit bumbu seperti garam dan gula merah, dan dimakan sebagai makanan ringan juga enak. Atau, kedelai yang masih baru dicabut dari tanah juga bisa langsung di rebus, kemudian dimakan begitu saja, rasanya?,,, tetap lezat.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *