Kandungan gizi, Manfaat, efek samping buah plum bagi kesehatan

manfaat buah plum bagi kesehatan Plum adalah salah satu buah segar dan lezat yang mengandung antioksidan tinggi. Manfaat makan buah plum bagi kesehatan termasuk mencegah gangguan pencernaan, influenza dan masalah yang berhubungan dengan depresi. Kekuatan antioksidan dalam buah plum dapat membantu mengobati penyakit seperti osteoporosis, degenerasi makula, kanker, diabetes dan obesitas. Hal ini karena membantu menjaga kadar kolesterol sehat, kesehatan jantung, kesehatan kognitif, sistem kekebalan tubuh, kesehatan sel, keseimbangan elektrolit, sistem saraf dan membantu perawatan kulit dan mencegah pembekuan darah .

Advertisement

Plum tersedia dengan beragam warna dan bentuk dari 2000 lebih varietas yang berbeda . Plum secara umum dibagi menjadi tiga kelompok : Eropa – Asia ( Prunus domestica ) , Jepang ( Prunus salicina ) dan Damson ( Prunus insititia ) .

China adalah penghasil utama plum yang diikuti oleh Amerika Serikat , Serbia , dan Rumania . Di AS , produksi utama buah plum terdapat di California .

Selain buah segar, Plum juga telah bisa diperoleh ditoko dalam keadaan sudah diolah, yaitu plum kering atau kalengan .

Fakta kandungan Gizi buah plum

Plum mengandung berbagai macam senyawa sehat, seperti berbagai vitamin dan mineral . Plum mengandung vitamin seperti vitamin A , C ( asam askorbat ) , folat dan vitamin K ( phylloquinone ). Juga merupakan sumber vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niasin ) , B -6 dan vitamin E ( alfa-tokoferol ) . Mineral dalam plum termasuk kalium , fluor, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng. Plum juga mengandung serat makanan namun rendah kalori dan tidak mengandung lemak berbahaya.

Manfaat buah plum bagi kesehatan

Buah Plum yang dikemas dengan sebagian besar fenol dan flavonoid, menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Antioksidan :

Plum mengandung vitamin C dan fitonutrisi seperti lutein, cryptoxanthin, zea – xanthin, asam neochlorogenic dan klorogenat. Senyawa-senyawa tersebut memiliki kualitas antioksidan yang efektif, dan akan membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal oksigen yang disebut anion superoksida radikal. Fenol dalam plum juga akan memperpanjang efek perlindungan terhadap lemak esensial dalam neuron dan membran sel terhadap luka yang disebabkan oleh radikal bebas.

Obesitas :

Ekstrak Plum digunakan untuk mengobati obesitas dan komplikasi lain yang berhubungan dengan obesitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan seperti plum dapat membantu untuk memerangi sindrom metabolik dengan menghubungkan keberadaan senyawa bioaktif. Flavonoid dan senyawa fenolik seperti anthocyanin, asam klorogenat, quercetin dan catechindalam plum memberikan efek anti obesitas dan anti – inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak dan juga membantu mencegah masalah yang berhubungan dengan obesitas, seperti gangguan kolesterol , diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Osteoporosis :

Mengkonsumsi buah plum kering memberikan tindakan anabolik dan anti resorptive yang membantu menjaga kesehatan tulang. Flavonoid seperti asam caffeic dalam plum membantu menghambat kerusakan jaringan tulang, sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis pada wanita pascamenopause. Polifenol bersama dengan kalium dalam plum kering akan mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah keropos tulang yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium . Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi plum kering secara rutin akan membantu pemulihan massa tulang yang berkurang akibat penuaan .

Pencernaan :

Plum merupakan sumber serat yang baik, dengan senyawa sorbitol dan isatin akan membantu mengatur sistem pencernaan. Menurut penelitian, plum kering lebih efektif untuk  mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit, jika dibandingkan dengan obat lain seperti psyllium. Sorbitol dan isatin mengandung efek pencahar, yang mendorong sekresi cairan dalam usus dan meningkatkan pembilasan efisien limbah melalui usus besar.

Kesehatan Kognitif :

Penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid dalam jus plum efektif memberikan perlindungan terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Fitonutrisi yang menyehatkan dalam buah plum membantu mengurangi peradangan dalam proses neurologis,  dan meningkatkan fungsi otak dan memori. Menkonsumsi plum secara teratur juga membantu dalam mencegah gangguan neurodegenerative yang berkaitan dengan usia,  seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson .

Lihat juga :   Manfaat Pisang Bagi kesehatan

Mengandung Kadar kolesterol yang sehat :

Buah plum kering dapat membantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia . Sebuah studi komparatif telah membuktikan kemanjuran plum atas anggur – mium jus plum dapat mempertahankan tingkat yang sehat plasma dan kolesterol hati. Kandungan serat yang hadir pada plum juga akan menambah efek pengurangan kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL ).

Diabetes :

Plum memberikan efek anti hiperglikemia dan membantu mengatasi diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak plum dapat membantu menurunkan glukosa dalam darah dan tingkat trigliserida dalam tubuh. Flavonoid yang hadir dalam plum memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin, serta membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh .

Sistem Saraf :

Plum mengandung vitamin B6 yang akan membantu transmisi sinyal saraf, sehingga membantu  kelancaran fungsi sistem saraf . Plum juga membantu pertumbuhan otak normal, dan membantu pembentukan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Triptofan, asam amino dalam buah plum membantu memproduksi neurotransmitter serotonin, yaitu yang bereran penting untuk tidur nyenyak, menambah nafsu makan dan meningkatkan  konsentrasi.

Kesehatan jantung :

Konsumsi plum juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian telah memberikan bukti yang mendukung,  bahwa asupan rutin plum kering akan membantu mempromosikan fluiditas darah di arteri. Ini adalah efek perlindungan yang membantu mencegah berbagai macam jenis gangguan jantung, seperti pengembangan aterosklerosis dan membantu menjaga kesehatan jantung .

Sistem kekebalan :

Adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Plum, membuat plum juga bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh. Ini akan memicu resistensi tubuh terhadap berbagai macam infeksi dan radang. Penelitian telah menunjukkan bahwa plum oriental memiliki imunostimulan, konstituen yang dapat mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, yang akan menghambat perkembangan sel tumor dan mencegah berbagai macam penyakit .

Kesehatan sel:

Buah plum mengandung zat besi dan tembaga, yang penting untuk membantu pembentukan sel darah merah, serta memfasilitasi pembersihan dan sirkulasi darah yang sehat. Tembaga dalam plum juga akan bertindak sebagai antioksidan, dan sangat penting untuk kesehatan saraf dan membantu pembentukan kolagen. Konsumsi makanan yang tinggi tembaga seperti buah plum juga akan membantu penyerapan zat besi, dan mencegah berbagai penyakit seperti anemia dan osteoarthritis .

Depresi :

Mengkonsumsi plum secara rutin akan membantu mengurangi kecemasan. Studi telah memberikan bukti yang mendukung mengenai efek anxiolytic dan sifat antioksidan asam chlorogenic dalam plum, dimana yang membantu menyembuhkan perilaku terkait kecemasan – dan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Influenza :

Plum Jepang efektif  memerangi infeksi yang disebabkan oleh virus influenza A . Penelitian telah menunjukkan bahwa jus yang terkonsentrasi plum Jepang mengandung lektin –  molekul yang membantu menghambat dan mengobati infektivitas yang disebabkan oleh virus influenza.

Kehamilan :

Plum dan produk plum juga bermanfaat untuk  kehamilan, karena kelimpahan beberapa jenis vitamin dan mineral. Senyawa-senyawa sehat dari plum sangat penting untuk kesehatan mata, perkembangan tulang dan jaringan sel dan kesehatan bagi ibu dan bayi yang sedang dalam pertumbuhan dirahim. Kandungan serat akan mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan. Memasukkan plum kedalam bagian dari diet seimbang akan membantu memerangi berbagai macam infeksi, dan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Namun kita harus waspada dalam memilih produk jus plum dipasaran, karena mungkin mengandung gula yang tinggi .

Lihat juga :   Manfaat Buah Naga bagi kesehatan

Kanker :

Ekstrak plum telah terbukti bermanfaat untuk membantu pengobatan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa epicatechin dalam plum membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas, dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler manusia atau kanker hati. Plum kaya akan antioksidan dan fitonutrien seperti asam klorogenat dan asam neo chlorogenic,  yang memiliki efek kuratif terhadap sel kanker pay*d*ra tanpa merugikan sel-sel normal yang sehat.

Menyeimbangkan Elektrolit:

Plum mengandung kalium berlimpah, yang merupakan elektrolit penting yang berfungsi efisien bagi sel dan jaringan tubuh. Mengkonsumsi plum yang kaya kalium akan membantu kontraksi otot,  dan mengatur keseimbangan asam basa tubuh .

Perawatan kulit :

Plum yang kaya akan vitamin C,  bersama dengan antioksidan lain akan membantu untuk menjaga kulit yang sehat, berseri dan awet muda. Konsumsi buah plum akan membantu mengurangi flek dan kerutan yang dihubungkan dengan nutrisi anti penuaan. Ekstrak plum digunakan juga banyak digunakan dalam berbagai macam produk perawatan kulit, seperti paket cuci muka .

Degenerasi makula :

Plum mengandung vitamin A dan beta -karoten yang bermanfaat untuk menjaga mata yang sehat, dan mencegah degenerasi makula yang terkait usia. Karotenoid lutein dan zeaxanthin dalam plum ada dalam jaringan makula retina,  dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV.

Pembekuan darah :

Plum mengandung vitamin K , yang membantu pembekuan darah yang normal, dan meningkatkan kesehatan tulang. Defisiensi vitamin K dalam tubuh dapat menyebabkan hilangnya darah secara berlebihan, dan masalah kesehatan lainnya seperti tulang lemah.

Penggunaan Kuliner :

Plum banyak digunakan dalam makanan, karena rasanya yang manis dan asam dengan aroma yang menyenangkan. Buah plum dapat dinikmati dalam keadaan segar, dan juga dapat ditambahkan ke puding, selai dan jeli.

Obat kumur:

Balsem Plum digunakan untuk pengobatan sakit gigi, sariawan, dan sakit gusi. Plum juga merupakan unsur yang efektif untuk pembuatan obat kumur, dan dapat membantu  menyembuhkan bau mulut serta meredakan sakit tenggorokan .

Bagaimana memilih dan menyimpan buah plum ?

Hindari membeli buah plum yang lunak dengan memar permukaannya. Plum yang sudah Matang dan siap untuk dimakan akan terasa lunak jika di tekan sedikit,  dan sudah mengeluarkan bau yang harum. Plum dapat disimpan di dalam lemari es, atau disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari .

Plum juga efektif untuk menyembuhkan haid yang tidak teratur, dan membantu mendetoksifikasi perut. Plum juga mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Menurut pengobatan Ayurveda, buah  plum memiliki sifat pendinginan yang akan membantu dalam menenangkan kelebihan panas di dalam tubuh .

Peringatan dan efek samping buah plum

Plum segar dan produk plum menawarkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan, namun pembatasan dan beberapa pengecualian berikut harus dipertimbangkan sebelum mengkonsumsi plum .

Efek samping :

Oksalat : Plum mengandung oksalat yang dapat terakumulasi dan mengkristal, dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti ginjal, empedu atau komplikasi kandung kemih. Orang-orang yang sudah menderita kondisi tersebut harus menghindari mengkonsumsi buah plum .

Sulfit : Buah plum kering diberikan sulfit untuk mencegah oksidasi fenol, yang dapat menyebabkan warna buah berubah menjadi coklat gelap. Orang yang peka terhadap sulfit harus waspada makan buah plum,  karena mungkin dapat memicu reaksi alergi, termasuk anafilaksis parah.

Interaksi obat :

Tumor Karsinoid: Tumor karsinoid akan meningkatkan jumlah serotonin dalam darah, dan buah Plum mengandung serotonin tinggi. Mengkonsumsi buah plum sebelum dilakukan tes diagnostik tumor karsinoid, dapat menyebabkan hasil positif yang palsu.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *