Kandungan nutrisi Bayam dan Tomat

bayamBayam adalah salah satu dari sayuran berdaun hijau yang dikenal akan kandungan gizinya yang tinggi. Terutama bayam paling banyak mengandung zat besi dan serat, dimana kedua senyawa tersebut banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Bayam paling populer disajikan dalam bentuk sup, maupun dimasak dengan kuah santan.

Advertisement

Kandungan nutrisi Bayam gizi bayam

Selain mengandung tinggi zat besi dan serat, bayam juga mengandung beberapa fitonutrisi dan mineral lain dalam jumlah yang cukup, seperti magnesium, kalium, kalsium, tembaga, fosfor, dan seng. Selain itu, selenium juga ditemukan dalam bayam.

Kandungan Vitamin dalam bayam

Bayam juga mengandung beberapa vitamin dalam jumlah yang sangat baik, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin E dan vitamin A. Tak hanya itu, beberapa keluarga dari vitamin B Kompleks yang sangat penting juga ditemukan dalam bayam, seperti vitamin B6, riboflavin, juga mengandung jejak thiamin dan niacin . Bayam mengandung 23 kalori untuk 100 gramnya.

Manfaat bayam bagi kesehatan

Bayam adalah sayuran yang sarat nutrisi, dan tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Flavonoid merupakan senyawa yang juga ditemukan dalam bayam, yaitu senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan antikanker. Bayam mengandung magnesium, yang membantu dalam menjaga tekanan darah normal. Vitamin K dalam bayam bermanfaat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, bayam juga melindungi terhadap resiko penyakit jantung. Vitamin C dalam bayam juga memberikan manfaat anti – inflamasi, dan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Bayam juga dapat mencerdaskan otak kita, dan menjaga kesehatan penglihatan karena kaya akan berbagai nutrisi.

Kandungan gizi tomat

Khasiat Manfaat TomatTomat adalah buah sayuran yang paling banyak dikonsumsi di dunia selain kentang. Selain sebagian besar tomat tersedia dengan warna merah, namun tomat juga tersedia warna kuning, oranye, merah muda, hitam, coklat dan ungu.

Lihat juga :   Kandungan nutrisi Brokoli dan Bunga Kol

Tomat sangat kaya akan mineral penting, seperti kalium, kromium, mangan, serat, tembaga, magnesium, fosfor dan zat besi .

Kandungan Vitamin Tomat

Tomat merupakan sumber yang baik dari vitamin C, A dan vitamin K. Jjuga merupakan sumber yang baik dari anggota vitamin B Kompleks, yaitu folat, thiamin, vitamin B2 ( riboflavin) ,vitamin E , B3 ( niasin ), B6 ( pyridoxine ), B5 ( asam pantotenat ), triptofan. Juga tomat mengandung protein dan molibdenum . 100g tomat mengandung 18 kalori .

Manfaat tomat bagi kesehatan

Tomat diketahui mengandung lycopene, yaitu zat yang dikenal karena sifat antioksidan yang dimilikinya. Lycopen memiliki sifat mencegah kanker, dan membantu pencegahan penyakit jantung. Tomat juga merupakan sumber serat yang baik, yang akan mengurangi kadar kolesterol tinggi dan untuk menjaga kadar gula darah. Tomat termasuk buah sayur yang sangat membantu proses detosifikasi tubuh.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *