Kandungan Nutrisi dan Manfaat buah Blewah

Advertisement

Kandungan Nutrisi dan Manfaat buah BlewahBlewah (Cucumis melo) merupakan buah lezat yang segar, sama seperti anggota keluarganya yang lain yaitu watermelon atau semangka. Terutama jika dibuat es koktail,  atau membuat jus buah. Pada saat cuaca lagi terik, blewah merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan haus. Tidak hanya itu, jika Anda mengalami buah blewah Anda juga akan mendapat manfaat yang baik bagi kesehatan. Blewah  mengandung vitamin C dan vitamin B6. Bagi penderita hipertensi dan diabetes, blewah sangat baik untuk dikonsumsi.

Blewah kaya akan mineral, pro vitamin A, kalium dan serat. Kandungan gizi dalam buah melon bermanfaat juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan ginjal dan fungsi limpa, juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan Nutrisi Buah Blewah

Nilai gizi blewah sangat bervariasi. Semangkuk blewah mengandung, antara lain, 3,1 mg beta-karoten, 68 mg vitamin C, 1,3 mg serat, 13 mg karbohidrat, 494 mg potasium, dan 14 mg sodium. Selain itu, unsur kalsium, fosfor, besi, niasin, protein, lemak tak jenuh ganda juga dapat diperoleh dari blewah.

Sementara itu menurut The Journal of Food Science ,  100 gram blewah rata-rata mengandung 12,69 mg magnesium, mangan 0,03 mg, 0,05 mg tembaga, 0,10 mg seng; 0,003 mg kobalt, dan 0,005 mg krom.

Mengingat tingkat kandungan beta-karoten yang cukup tinggi, blewah baik untuk dikonsumsi karena dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan kanker.

Dalam RDA (Recommended Dietary Allowance), disarankan untuk kita agar mengkonsumsi beta-karoten sekitar 5-6 mg per hari,  untuk menjaga kesehatan jantung. Mengacu pada saran, kita tidak perlu rumit untuk mendapatkan asupan beta-karoten. Karena hanya dengan mengkonsumsi blewah secara teratur, maka kita telah mempertahankan jantung agar tetap sehat.

Berikut Manfaat buah Blewah bagi Kesehatan

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan potasium dalam buah blewah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium yang terkandung dalam blewah juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sehingga cocok untuk penderita hipertensi. Manfaat lainnya adalah mengurangi pembentukan plak pada pembulih arteri, serta berguna sebagai bahan pencahar alami.

Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung di dalam blewah akan menjaga kesehatan mata dan tulang yang baik,  dan berguna untuk mencegah efek radikal bebas akibat udara yang tercemar.

Aman bagi penderita diabetes

Blewah juga memiliki indeks glikemik rendah (GI), Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah adalah gula sederhana yang alami,  sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, obesitas. Blewah juga dapat mencegah asam urat.

Sumber Antioksidan yang baik

Blewah merupakan sumber vitamin A dan betakaroten yang sangat baik. Isi dari beta-karoten adalah antioksidan,  yang memainkan peran penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil atau radikal bebas yang dapat mencegah penuaan dini atau mencegah kanker.

Kesehatan jantung

Blewah juga dapat menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.
Dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan ginjal dan fungsi limpa, dan menurunkan tekanan darah,  karena kandungan mineral kaya akan provitamin A, kalium dan serat makanan.

Sumber folat

Folat yang tinggi dalam buah blewah membantu untuk pemeliharaan dan memproduksi sel-sel baru, terutama penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Advertisement