Kandungan nutrisi dan Manfaat buah Manggis

Khasiat Manfaat Kulit ManggisManfaat manggis bagi kesehatan tak boleh diremehkan, seperti diantaranya adalah  mengurangi risiko kanker, peradangan, alergi dan diabetes. Khasiat Buah manggis lainnya adalah sumber antioksidan, antijamur dan  sifat antibakteri. Manggis juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, menjaga berat badan dan membantu menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare dan disentri.

Advertisement

Buah manggis telah dikenal pertama kali di negara-negara Asia Tenggara, seperti Thailand, Burma, India Vietnam, dan beberapa daerah di Indonesia. Manggis tidak banyak memiliki varietas,  kecuali satu yang ditemukan di Kepulauan Sulu. Manggis adalah tanaman ultra-tropis yang membutuhkan kelembaban, curah hujan dan tidak dapat hidup didaerah kering. Selain itu juga tidak dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian yang sangat tinggi. Buah manggis adalah buah musiman, alias hanya tersedia pada bulan tertentu setiap tahunnya.

Buah manggis mengandung berbagai macam nutrisi penting bagi tubuh, sekaligus memiliki beberapa khasiat manfaat bagi kesehatan

 Kandungan nutrisi pada buah manggis

Manggis adalah buah sehat yang kaya akan air, energi, protein, karbohidrat dan serat. Mengandung banyak Nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga dan mangan. Vitamin yang terdapat pada buah manggis meliputi vitamin yang banyak diperlukan oleh tubuh, yaitu vitamin C, B6, B12, dan A. Masih banyak senyawa vitamin lainnya, seperti thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, asam folat, karoten dan cryptoxanthin juga ditemukan di manggis. Tuh, buah mangis memang sangat kaya akan nutrisi sehat. Berikut beberapa Manfaat buah manggis bagi kesehatan:

Sifat anti-kanker

Manfaat kesehatan dari buah manggis adalah memiliki sifat anti-kanker. Kulit manggis mengandung xanthones yang merupakan zat anti-kanker, anti-inflamasi dan anti-bakteri. Xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar, menurut studi penelitian yang dilakukan oleh Akao Y et al. Manggis menunjukkan potensi untuk dikembangkan sebagai obat untuk mencegah kanker,  atau dapat digunakan sebagai kombinasi dengan obat anti-kanker agar mendapat efek maksimal.

Lihat juga :   Khasiat Manfaat Tomat

Sifat anti peradangan

Manggis telah digunakan sebagai obat anti peradangan selama bertahun-tahun di negara-negara Asia Tenggara. Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa ekstrak manggis memiliki sifat anti alergi dan anti peradangan, yaitu bekerja dengan cara menghambat pelepasan histamin dan prostaglandin yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh manusia.

Kesehatan Kulit

Manggis juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit yang. Anti radang, anti bakteri, anti jamur, anti alergi dan anti oksidan pada buah manggis akan membantu dalam mengurangi risiko dari berbagai kondisi seperti radang kulit, penuaan kulit, eksim, alergi dan infeksi bakteri. Studi penelitian telah dilakukan untuk memastikan berbagai manfaat manggis untuk kulit,  dan satu studi tersebut menunjukkan bahwa manggis yang memiliki sifat anti kanker kulit,  dan berpotensi menjadi agen anti kanker kulit.

Sistem kekebalan

Manggis kaya akan berbagai nutrisi, mineral, vitamin dan xanthon yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Sifat antioksidan

Manggis adalah salah satu buah buahan yang diketahui mengandung antioksidan yang kuat. Antioksidan ini mengandung penguat sel yang disebut sebagai xanthones,  dan mengandung berbagai senyawa lain yang memiliki khasiat obat.

Penggunaan obat luka

Manggis dengan sifat anti bakteri dan anti peradangan, bisa dimanfaatkan sebagai minuman obat untuk cepat menyembuhan luka. Daun dan kulit pohon manggis dapat dicampur dengan tanaman obat lain,  dan ditempelkan pada luka untuk pemulihan luka yang lebih cepat. Untuk ramuan minum, bisa dilakukan dengan merebus daun dan kulit pohon manggis.

Mengobati Diare dan disentri

Manggis juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan lambung. Buah Manggis dan kulitnya  efektif untuk mengobati gangguan perut seperti diare dan disentri.

Lihat juga :   Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Mengatasi masalah datang bulan

Akar manggis juga memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Pada wanita, Akar manggis dapat membantu untuk mengatur siklus menstruasi yang teratur.

Efek kardioprotektif:

Manggis juga dapat membantu mengurangi risiko stroke atau infark miokard. Temuan penelitian menunjukkan efek perlindungan kardio manggis terhadap sistem pertahanan jaringan antioksidan,  dan peroksidasi lipid selama stroke.

Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi medis yang juga umum pada masyarakat modern. Resiko diabetes akan mengintai siapa saja jika melakukan sistem pertahanan dengan obat yang salah. Manggis satu obat alami yang efektif dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh, sehingga baik untuk mencegah diabetes.

Berat badan:

Memasukkan manggis kdalam diet mungkin efektif untuk menurunkan berat badan. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah manggis menjamin untuk mendapatkan kesehatan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *