Khasiat Manfaat Daun Pepaya

Advertisement

Pepaya(Carica Papaya), buahnya berbentuk lonjong, berwarna kuning atau  oranye kehijauan, dan biasanya mampu mencapai bobot hingga 2.5kg. Buah Pepaya masak rasanya manis. Buah pepaya berasal dari daerah tropis dengan kelembaban yang tinggi, seperti Meksiko, negara-negara Amerika Tengah,  Afrika dan Asia dan juga tumbuh dengan baik di benua Australia.

Berikut kandungan nutrisi, serta khasiat dan manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

Khasiat manfaat daun pepayaBuah pepaya tersedia berlimpah sepanjang tahun di banyak negara. Pepaya biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan tradsional bisa meliputi buah, biji, akar, batang dan daun. Sudah banyak suplemen kesehatan yang berbahan dari pepaya ini, mulai  dari bentuk teh herbal, tablet dan ekstrak.Buah Pepaya secara umum adalah sumber yang sangat baik serat, folat, vitamin A, C dan E. Selain itu juga mengandung sejumlah kecil kalsium, besi, riboflavin, thiamine dan niacine. Pepaya sangat tinggi vitamin C, A, dan nutrisi seperti flavonoid dan karoten, namun rendah kalori dan sodium. Ulasan khusus tentang buah pepaya, Anda bisa membacanya disini. Sementara pada artikel ini kita akan secara khusus untuk membahas manfaat daun pepaya.

Kandungan nutrisi dalam daun pepaya

Nutrisi dalam daun pepaya termasuk beberapa mineral, seperti  magnesium , kalium, dan zat besi. Nutrisi lain adalah senyawa  aminoacids dan vitamin A, C, dan B. Aktivitas antioksidan ampuh dari daun pepaya dikaitkan dengan berbagai senyawa fenolik seperti asam caffeic, asam klorogenat, quercetin dan kaempferol. Selain itu, daun pepaya juga mengandung enzim papain seperti pada buah pepaya muda, yang dikenal baik untuk pencernaan. Berikut Khasiat dan manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

Menyediakan mikronutrien yang penting:

Dari hasil analisa Micronutrient,  daun pepaya mengandungnutrisi yang baik, seperti  vitamin A, asam folat, magnesium serta vitamin B12.

Memproduksi sel darah merah:

Antioksidan penting pada daum pepaya seperti vitamin A, C , asam folat dan vitamin B12 berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Hal ini menunjukkan bahwa makan daun pepaya dapat membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

Mengkonsumsi Daun pepaya menunjukkan efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan produksi sitokin tipe Th1 pada daun pepaya. Sitokin tipe Th1 adalah kelompok limfosit yang diproduksi untuk meningkatkan respon terhadap kekebalan tubuh.

Memiliki Efek Anti-bakteri:

Penelitian lain menunjukkan bahwa daun pepaya menunjukkan aktivitas anti-tumor pada manusia yang mengidap. Daun pepaya memiliki efek ini dengan mengubah aktivitas kekebalan tubuh, hal ini mengakibatkan apoptosis (kematian sel kanker) , dan menghambat pertumbuhan tumor. Studi lain menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya mengandung  senyawa anti-bakteri yang efektif terhadap bakteri gram positif dan gram negatif.

Membantu pencernaan:

Enzim papain dalam daun pepaya dapat membantu mencerna protein,  dan oleh karena itu  bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan.

Mengandung antioksidan yang kuat:

Satu studi terhadap hewan yang dirancang untuk menguji efek antioksidan dari ekstrak daun pepaya mengungkapkan bahwa daun pepaya efektif mengatasi tukak lambung dan efek radikal bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya mengandung antioksidan yang dapat mengurangi dampak kerusakan karena  efek radikal bebas,  dan juga akan meningkatkan aktivitas antioksidan glutathione peroxidase endogen . Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal fitokimia, komponen aktif dalam ekstrak daun pepaya  yaitu papain, asam askorbat, flavonoid, chymopapain, glukosida sianogen, cystatin, dan glukosinolat akan meningkatkan kekuatan antioksidan total dalam darah,  dan mengurangi kerusakan akibat efek oksidatif.

Berikut ringkasan manfaat pepaya dan daun pepaya secara umum.

  • Meningkatkan kualitas protein untuk organisme baik dalam pencernaan. Sehingga dapat membantu sistem pencernaan, dengan memecah protein dan mendukung produksi enzim pencernaan.
  • Merevitalisasi tubuh manusia dan mempertahankan energi dan vitalitas.
  • Mendorong pembaharuan jaringan otot.
  • Mendukung sistem kardiovaskular.
  • Menaikkan sistem kekebalan tubuh.
  • Pepaya juga dapat digunakan untuk pengobatan luar luka pada  kulit yang tidak dapat sembuh dengan cepat. Untuk ini Anda dapat menggunakan pepaya yang dikupas atau salep yang terbuat dari pepaya.
  • Mencegah pembentukan katarak.
  • Karena tinggi vitamin A, ini akan menurunkan risiko emfisema pada perokok dan perokok pasif.
  • Meredakan peradangan.
  • Membantu mengatasi mual dan sembelit.
  • Dapat membantu meringankan orang dengan kanker usus besar, atau kanker jenis lain.

Cara mendapatkan manfaat daun pepaya

Buah pepaya, jus pepaya dan daun pepaya adalah yang paling banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk mengobati gangguan kesehatan pada pencernaan untuk melawan infeksi. Daun pepaya juga bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas dan kesehatan dan vitalitas. Kita bisa memasukkan daun pepaya dalam menu makanan kita, karena daun pepaya yang masih hijau dapat direbus dan dimakan bersama sambal trasi dan nasi. Daun pepaya juga enak jika dibuat urap-urap kelapa. Untuk cara mengkonsumsi lain adalah dengan minum air rebusan daun pepaya muda. Jika tak mau repot, sekarang ini sudah banyak produk suplemen ekstark daun pepaya tinggal seduh. Manfaat dari daun pepaya dapat meningkatkan kekuatan tubuh kita agar tahan melawan penyakit dan infeksi.

Advertisement