Khasiat Manfaat Kayu Manis

Advertisement

manfaat kayu manisKayumanis adalah jenis rempah-rempah  yang diambil dari kulit pohon yang dikenal dengan nama kayumanis. Pohon kayu manis banyak tumbuh liar didaerah hutan tropic, kalau diindonesia kayu manis banyak dihasilkan di Sumatera. Manfaat rempah kayumanis telah lama  populer untuk membuat lezat masakan maupun membuat kue. Kayumanis juga banyak dimasukkan kedalam resep pembuatan ramuan pengobatan tradisional.

Penelitian telah menemukan bahwa kayumanis tidak hanya lezat utnuk makanan, tapi juga sehat bagi tubuh mansusia. Pastikan bahwa Anda telah membeli kayu manis yang asli, yang bisa anda beli ditoko-toko herbal maupun masakan.

Berikut ini adalah 10 Khasiat dan Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan, mungkin Anda ingin memasukkannya ke dalam diet sehat harian.

Menurunkan Kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya 1/2 sendok teh kayu manis per hari bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Mengontrol Gula Darah

Beberapa studi menunjukkan bahwa kayu manis  memiliki efek untuk mengontrol  gula darah, sehingga sangat bermanfaat bagi orang dengan diabetes tipe 2.

Mengatasi Infeksi

Dalam beberapa penelitian, kayu manis telah menunjukkan kemampuan luar biasa untuk menghentikan infeksi tanpa obat.

Pencegahan kanker

Dalam studi yang dipublikasikan oleh peneliti di Departemen Pertanian AS di Maryland, kayu manis mengurangi proliferasi sel kanker leukemia dan limfoma.

Anti-Pembekuan Darah

Kayu manis memiliki efek anti-pembekuan pada darah, sehingga pada akhirnya ini baik buat kerja jantung.

Mengatasi arthritis/nyeri sendi/rematik

Dalam sebuah studi di Universitas Kopenhagen, pasien yang diberi setengah sendok teh bubuk kayu manis dikombinasikan dengan satu sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan memberikan efek yang signifikan pada nyeri artritis setelah satu minggu dan bisa berjalan tanpa rasa sakit dalam waktu satu bulan.

Anti-bakteri

Bila kayumanis ditambahkan kedalam makanan, manfaatnya akan menghambat pertumbuhan bakteri dan pembusukan makanan, sehingga bisa menjadi bahan pengawet makanan alami.

Kesehatan otak

Satu studi menemukan bahwa kayu manis meningkatkan fungsi kognitif dan memori.Hal ini akan mencegah penyakit penurunan daya ingat dan bahkan alzheimer.

Memerangi bakteri E. Coli

Para peneliti di Kansas State University menemukan bahwa kayu manis akan memerangi bakteri E. coli dalam minuman yang tidak dipasteurisasi. E.coli adalah bakteri berbahaya yang berasal dari k*toran, penyebab berbagai macam penyakit perut seperti disentri bahkan bisa keotak.

Tinggi Nutrisi

Kayu manis tinggi akan kandungan mineral penting bagi tubuh, seperti mangan, serat, zat besi, dan kalsium.

Demikian secara singkat telah kita bahas mengenai beberapa khasiat dan manfaat kayu manis bagi kesehatan.

Advertisement