Makanan mengandung kalium tinggi

Advertisement

Kalium atau memiliki nama lain potassium, paling dikenal manfaatnya akan kontrol tekanan darah. Diet Kalium diketahui baik untuk menerunkan tekanan darah(hipertensi). Diet sehat adalah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang rendah sodium, dan jika memiliki tekanan darah tinggi atau pekerja/olahragawan berat,  Anda mungkin perlu tambahan kalium dalam diet Anda. Berikut ini daftar makanan tinggi kalium yang akan membantu. Kalium adalah elektrolit yang berguna juga untuk membantu otot, dan asupan  kalium akan memfasilitasi jantung dan fungsi ginjal. Berguna juga untuk membantu untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko stroke, dan meningkatkan metabolisme karbohidrat dan protein. Baca lebih lengkap: Manfaat Kalium

Gejala kekurangan kalium (Hipokalemia)

Hipokalemia adalah istilah yang digunakan untuk orang yang kekurangan kalium. Gejala hipokalemia seperti  lemah, kelelahan, kerja jantung tak normal, seperti jantung berdetak lebih lambat atau terlalu cepat, dan bahkan hingga kehilangan koordinasi otot. Diet Harian asupan kalium yang direkomendasikan untuk orang dewasa sehatmenurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (DHHS AS) adalah 4.700 miligram (mg) atau 4,7 gram per hari.

Berikut daftar Makanan tinggi kalium

Pisang

Satu pisang kecil mengandung  594 mg potasium. Pisang dapat dikonsumsi sebagai penyeimbang makanan. Baca: Manfaat pisang

Wortel

Satu biji buah wortel mentah mengandung 689 mg potasium. Wortel bisa dibuat jus mentah, maupun diolah kedalam menu masakan harian.

Kentang

Termasuk kulit, kentang panggang mengandung 1.081 mg potasium. Kentang juga dapat direbus untuk dikonsumsi. Namun, kentang tak baik bagi penderita diabetes, terlebih kentang panggang.

Bayam

Bayam yang dimasak dalam satu cangkir mengandung 839 mg kalium. Bayam bisa di masak sebagai sayur bening sebagai pendamping makan nasi. Ingat, bayam jangan terlalu dibiarkan terlalu lama sebelum dimakan. Sebaiknya dikonsumsi sebelum 4-5 jam setelah masak. Oksidasi zat besi pada bayam akan menimbulkan zat ferro yang bersifat racun bagi tubuh.

Tomat

Satu buah tomat mentah kecil,  atau satu cangkir saus tomat atau jus tomat mengandung  909 mg kalium. Bisa mengkonsumsi saus tomat yang baik, atau minum jus tomat.

Ikan salmon

3 ons ikan salmon panggang atau kukus mengandung 319 mg potasium. Salmon adalah ikan dengan jumlah kalium yang cukup untuk jantung sehat.

Daging stadard yang dimasak

3 ons daging mengandung 224 mg kalium. Daging sapi tanpa lemak adalah pilihan yang  terbaik, selain sumber kalium yang baik, daging juga merupakan sumber protein.

Makanan tinggi kalium  secara umum rendah lemak dan kalori, namun penting untuk diingat untuk tetap dengan diet yang sehat dan seimbang.

Advertisement