Makanan Sumber Kaya serat Terbaik

Makanan Sumber Kaya serat TerbaikDalam beberapa tahun terakhir,  makanan sumber kaya serat terbaik telah menjadi kabar yang lebih penting. Karena sebagian besar orang masa kini lebih meningkatkan terutama makanan seperti roti putih, nasi dan pasta.

Advertisement

Bahan halus pada usus cenderung akan menyebabkan perut kembung dan gerakan yang membatasi usus. Maka makanan berserat tinggi menjadi sangat dianjurkan untuk menjaga usus besar kita tetap  sehat. Rata-rata wanita perlu mengkonsumsi 25 gram serat per hari, sedangkanuntuk laki-laki membutuhkan setidaknya 38 gram. Agar pencernaan tetap fit dan sehat terutama, penting bagi tubuh kita untuk mendapat asupan serat yang cukup setiap hari.

Berikut 5 jenis Makanan Sumber Kaya serat Terbaik, penting untuk dimasukkan dalam daftar menu harian kita:

Kacang Hijau

Kacang hijau adalah salah satu jenis dari kacang-kacangan yang kaya serat. Satu cangkir dari sumber ini akan memenuhi kebutuhan serat jika dikonsumsi antara 14-17 gram. Selain itu, kacang hijau merupakan sumber kaya protein dan vitamin yang baik.

Biji-bijian

Bahan seperti  gandum, beras merah, jagung, roti terbuat dari gandum, adalah termasuk makanan sumber kaya serat yang baik. Mengkonsumsi seperempat cangkir biji-bijian akan memberikan 2-6 gram serat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan lain selain kacang hijau seperti almond, pistachio, kacang tanah, dan kenari merupakan sumber serat yang baik. Rami dan biji wijen juga tak kalah mengandung serat yang baik untuk pencernaan usus Anda. 28 gram dari kacang-kacangan dan biji-bijian akan meningkatkan jumlah serat tubuh  Anda antara 1-8 gram.

Buah-buahan

Buah berri adalah sumber serat yang sangat  baik, seperti  stroberi, raspberry, gooseberry dan blueberry. Satu cangkir berry memiliki kandungan sera antara 4-8 gram,  tergantung pada spesies buah.  Untuk buah-buahan berserat tinggi lainnnya seperti buah persik kering, plum, pepaya, nangka, buah ara, apel, pir, jeruk, dan pisang. Buah-buahan ini akan memberikan 2-8 gram serat jika dikonsumsi keseluruhan.

Lihat juga :   Makanan pencegah kepikunan

Sayuran

Bayam, lobak, kentang, ubi jalar, kembang kol, kubis merah, kacang kedelai, dan labu adalah sumber tinggi serat dari marga sayuran. Jika anda sedang mengalami kesulitan BAB, mungkin mengkonsumsi diantara sayuran bagus untuk mengatasinya.Tak diragukan lagi, selain kaya serat, sayuran juga banyak mengandung nutrisi penting lainnya bagi kesehatan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *