Makanan yang banyak mengandung serat

Makanan yang banyak mengandung seratSerat adalah nutrisi makanan yang bersifat tidak bisa dicerna oleh saluran pencernaan, sehingga serat tidak akan menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh. Tubuh kita sangat memerlukan serat makanan dalam jumlah yang cukup, karena akan memberikan manfaat besar terutama pencernaan. Serat tidak bisa diserap oleh usus kecil, oleh karena itu serat tidak akan memasuki aliran darah. Meskipun tidak dicerna, serat justru memiliki peran sangat penting dalam tubuh. Serat ini akan dibawa oleh usus halus ke usus besar dengan gerak peristaltik. Keberadaan serat akan membantu proses metabolisme didalam usus besar. Beberapa manfaat serat bagi kesehatan diantaranya, mencegah kolesterol, mencegah sembelit, mencegah kanker usus, menjaga tekanan darah, dan membantu mengontrol berat badan. Baca lebih banyak tentang manfaat serat bagi kesehatan, disini

Advertisement

Makanan yang mengandung serat tertinggi

Kandungan Serat tinggi diketemukan dalam beberapa jenis makanan, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Jika anda rutin makan-makanan ini, maka tidak perlu dirisaukan mengalami kekurangan serat. Berikut makanan yang mengandung serat tertinggi:

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan yang kaya nutrisi penting, seperti zat besi, beta -karoten dan serat. Menurut para ahli gizi , sayuran hijau seperti bayam, lobak, dan bit hijau, adalah sumber serat terbaik. Per porsi 1 cangkir sayuran ini bisa mengandung 4 sampai 5 g serat .

Jagung

Selain mengandung vitamin dan antioksidan, jagung juga mengandung serat tinggi. Sekitar setengah cangkir biji jagung bisa mengandung 2 gram serat. Popcorn bisa memberikan sekitar 3,5 gram serat per tiga cangkir penyajian (tanpa garam dan bumbu).

Beras merah

Jika Anda sudah biasa makan nasi putih, maka Anda sepertinya harus membiasakan diri makan nasi merah yang dengan tekstur kenyal dan rasanya yang gurih. Setiap 1 cangkir beras merah mengandung 3,5 gram serat .

Lihat juga :   Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin D

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan lain yang mengandung banyak serat. Menurut ahli gizi , kacang hitam dan kacang merah adalah jenis kacang yang mengandung serat terbaik. Anda bisa mendapatkan sekitar 15 g serat atau lebih dari setiap porsi 1 cangkir. Jenis kacang-kacangan lain, seperti kacang mete, almond juga mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan.

Buah beri

Buah adalah makanan sumber serat yang baik. Menurut para ahli gizi, golongan buah beri seperti raspberry, blackberry dan elderberry adalah sumber serat terbaik , dengan 8 sampai 10 g serat per porsi 1 cangkir.

Alpukat

Alpukat adalah juga merupakan sumber serat terbaik , yaitu dua sendok makan alpukat mengandung sekitar 2 gram serat, dan buah utuh mengandung sekitar 10 gram serat. Alpukat juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat bisa meningkatkan penundaan hormon rasa lapar yang disebut Leptin. Hormon ini bisa membuat otak akan menganggap jika tubuh sudah kenyang, sehingga akan membuat Anda berhenti makan.

Pir

Pir adalah buah yang kebanyakan bisa dimakan dengan kulitnya , dan kulit buah pir adalah yang paling kaya serat. Satu buah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat.

Apel

Apel adalah buah yang harus dimakan bersama kulitnya, karena di situlah nutrisi tertinggi dari apel disimpan. Satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4,4 gram serat. Bac juga 10 Alasan Kesehatan makan Buah Apel, disini

Edamame

Setengah cangkir edamame bisa mengandung hingga 11 gram protein dan 9 gram serat, tergantung dari merek produk yang Anda beli. Edamame sama halnya dengan kedelai, seperti yang telah banyak kita kenal. baca juga: Kandungan Gizi dan manfaat kedelai disini

Lihat juga :   Makanan yang banyak mengandung Glutamin

Brokoli

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa brokoli adalah jenis sayuran yang baik untuk kesehatan. Selain bisa mencegah kanker dengan zat antioksidannya, brokoli juga menyediakan banyak serat. Anda akan mendapatkan sekitar 5,1 gram dari makan secangkir brokoli rebus.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *