Makanan yang dapat meningkatkan Mood

Makanan yang dapat meningkatkan MoodOrang mengalami penurunan atau suasana hati bisa dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya stres, kelelahan atau sebab lain. Namun jangan khawatir, karena mood yang buruk ternyata dapat ditingkatkan menjadi bahagia dengan beberapa jenis makanan. Ini bukan tanpa alasan, karena menurut para ahli gizi, makanan-makanan ini dapat mencetuskan produksi hormon tertentu oleh tubuh yang dapat merubah suasana hati menjadi bahagia.

Advertisement

Berikut 10 makanan yang dapat meningkatkan mood atau suasana hati seseorang, sehingga memiliki perasaan yang bahagia dan bersemangat. Manfaat lainnya yang tak kalah penting adalah, Anda juga akan sehat dalam jangka panjang!

 

1. Buah berrie

Buah berrie sangat efisien terhadap depresi, karena banyak mengandung antioksidan yang dapat mendukung fungsi otak serta meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, buah ini juga akan mempromosikan energi positif, yaitu akan  merangsang produksi “enzim feel good” di otak. Dan manfaat baik lainnya adalah juga dapat mencegah berbagai penyakit fatal seperti kanker. Tingginya jumlah antioksidan dalam buah ini juga berguna untuk mencegah oksidasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas, serta mencegah penuaan dini. Dengan kata lain, Anda harus mengganti popcorn dengan blueberry ketika menonton TV, atau ketika Anda merasa sedih – Anda tidak hanya akan tetap fit dalam jangka panjang, tetapi juga Anda akan merasa lebih bahagia!

2. Cokelat

Jika Anda berpikir cokelat tidak lebih makanan yang lezat, maka Anda salah!. Dark chocolate dapat meningkatkan fungsi kognitif, serta dapat mencegah Alzheimer dan demensia, sekaligus juga dapat meningkatkan mood Anda dalam hitungan menit. Semakin gelap warna cokelat yang Anda konsumsi, maka semakin baik! Dark chocolate akan memperlambat produksi hormon stres, dan tingkat kecemasan otomatis akan menurun . Ini karena cokelat akan membuat pelepasan endorfin otak, dan juga dapat meningkatkan kadar serotonin. Inilah yang akan  menciptakan rasa bahagia yang dapat berlangsung selama beberapa jam.

3. Green Tea

Teh hijau telah digunakan selama ribuan tahun karena diyakini banyak manfaatnya. Sama seperti buah, teh hijau juga sangat kaya akan antioksidan, asam amino dan L-theanine, yang dikenal dapat mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan mood. Jika dikonsumsi secara teratur, teh hijau dapat memberikan perasaan bahagia secara keseluruhan. Selain mengangkat mood, L-theanine yang ditemukan dalam teh hijau juga dapat meningkatkan memori, fokus serta kewaspadaan mental. Untukhidup sehat, dokter lagi-lagi merekomendasikan satu cangkir teh hijau setiap hari!

Lihat juga :   Manfaat Teh Hijau

4. Pisang

Pisang mengandung  vitamin dan mineral dalam jumlah yang tinggi, serta triptofan yang dikenal dapat meningkatkan kadar hormon serotonin. Semua senyawa yang ditemukan dalam pisang dapat meningkatkan suasana hati, dan vitamin B6dalam pisang akan  mengubah triptofan menjadi serotonin, hormon yang bertugas mengangkat suasana hati. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan merasa lebih baik,  tetapi Anda juga akan memperoleh tidur malam yang lebih baik. Triptofan adalah senyawa yang banyak digunakan untuk obat insomnia, kecemasan dan depresi. Buah pisang dapat dan akan mengobati depresi jika dikonsumsi dengan benar.

5. Sarden

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan fakta bahwa orang yang kekurangan akan Omega 3 dan Omega 6 ,  jauh lebih rentan mengalami kecemasan dan depresi, dibandingkan mereka yang memiliki asam lemak dalam kadar normal dalam tubuh. Sarden kaya asam lemak Omega 3, dan ini yang akan mengangkat suasana hati dan menjaga otak Anda sehat untuk jangka panjang. Selain itu, sarden juga menjamin efisiensi neurotransmiter,  karena akan menjaga sel-sel otak yang fleksibel dan akan berfungsi penuh selama bertahun-tahun (jika dikonsumsi secara teratur).

6. Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang sehat, yang dikenal dapat meningkatkan kadar hormon dopamin serta meningkatkan endorfin. Alpukat adalah superfood yang sangat cocok untuk mengangkat suasana hati Anda ketika Anda sedang merasa biru!

7. Daging unggas

Sama seperti pisang, ayam, kalkun atau daging unggas lainnya juga mengandung jumlah tinggi triptofan yang dapat meningkatkan kadar serotonin. Selain itu, ayam dan kalkun juga sangat kaya akan tirosin, asam amino yang akan membantu tubuh untuk mengatasi stres secara lebih efisien. Selain itu,  disebutkan bahwa tirosin adalah yang mencakup norepinefrin dan dopamin, dua neurotransmitter penting yang dapat mempengaruhi suasana hati. Jika Anda meningkatkan asupan tirosin, maka Anda secara otomatis akan meningkatkan mood , dan mencegah depresi dalam jangka panjang!

Lihat juga :   Manfaat minum teh untuk Kecantikan

8. Sayuran berdaun hijau gelap

Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau gelap juga dapat mengobati kecemasan dan depresi. Hal ini karena kandungan dalam jumlah tinggi asam folat, yang dapat mengangkat suasana hati dan juga mengurangi kelelahan. Selain kaya asam folat, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam akan menjamin berfungsinya saraf dan otot. Selain itu, studi terbaru menunjukkan bahwa kadar magnesium yang rendah bisa menyebabkan penurunan kadar serotonin, sehingga menyebabkan depresi.

9. Telur

Telur (terutama kuningnya) juga berguna ketika Anda mencoba untuk melawan depresi dan meningkatkan keadaan suasana hati Anda. Telur sangat kaya akan vitamin D, dan studi telah mengungkapkan bahwa Vitamin D juga dapat meredakan gangguan mood, karena merangsang produksi serotonin di otak.

10. Kenari

Kenari dikenal juga manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan sel,  karena faktanya bahwa kenari terkaya akan lemak esensial. Selain fakta jika kenari dapat meningkatkan suasana hati, sepuluh kenari sehari bisa benar-benar mengoptimalkan komposisi dinding sel, serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini secara otomatis juga akan meningkatkan sirkulasi darah, mengobati depresi dan memberikan rasa kebahagiaan secara keseluruhan.

Itulah 10 makanan yang bisa meningkatkan mood atau suasana hati dengan cepat, alami dan tanpa efek samping. Semua makanan yang disebutkan di atas telah terbukti secara ilmiah untuk mendogkrak suasana hati, sehingga Anda dapat mengganti suplemen dan pil dengan satu atau lebih dari makanan tersebut. Jika Anda memiliki kecenderungan  mengalami depresi dan kecemasan, maka Anda dapat dengan mudah untuk mencegahnya asalkan Anda memahami hubungan antara makanan dan suasana hati. Makanan tertentu tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi anti depresan, tetapi bahkan juga dapat mencegah kambuh untuk jangka waktu yang panjang.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *