Makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Anda mungkin saja melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda sendiri tanpa menyadarinya. Mengkonsumsi makanan yang tepat, mengkombinasikan makanan, dan memilih makanan yang sehat kaya nutrisi,  penting untuk memastikan kekuatan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit menjadi enggan untuk menyentuh tubuh Anda.

Advertisement

Berikut 10 makanan yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

 

1. Bawang putih

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Bawang putih juga dapat membantu untuk merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh, dan sekaligus juga akan berguna sebagai antioksidan.

2. Jeruk Bali

Tingginya kandungan vitamin C dalam jeruk bali warna merah atau pink akan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan pilek, atau penyakit lainnya. Warna kemerahan pada jeruk bali merupakan indikator bioflavanoids, yang merupakan fitonutrien penting untuk sistem kekebalan tubuh. Tingginya kadar vitamin C akan menghasilkan reaksi dalam tubuh untuk meningkatkan kekebalan.

3. Jamur

Selenium dan antioksidan banyak ditemukan dalam jamur kancing. Tingginya kadar vitamin B dan tingkat niacin, juga berperan untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda aman. Sifat antivirus dan antibakteri pada jamur juga telah dicatat dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan pada hewan.

4. Sayuran berwarna warni

Cartenoids adalah antioksidan yang sangat penting yang membantu  fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Jenis warna sayuran Hijau, merah, kuning, dan oranye, semuanya bagus untuk memberikan cartenoids, senyawa penting untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Semakin banyak warna sayuran yang dimasukkan dalam diet Anda semakin baik.

5. Bungkul

Sayuran silangan lain termasuk brokoli dan kecambah, juga tinggi antioksidan, yang merupakan kunci utama untuk membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kolin banyak ditemukan dalam sayuran, yang akan membantu untuk menjaga fungsi sel-sel dalam tubuh, terutama membantu menjaga kesehatan pencernaan , yang pada gilirannya akan membuat bakteri jahat cepat keluar dari tubuh. Glutathione juga ditemukan dalam bunga kol, yang merupakan vitamin yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat untuk menangkal penyakit.

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan Manfaat Jagung Manis

6. Buah berri

Lagi-lagi buah berri, ia dikenal karena kemampuan penurunan berat badan nya. Buah berri juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi. Meskipun tidak secara langsung terkait dengan peningkatan kekebalan tubuh,  namun antioksidan dalam jumlah tinggi yang ditemukan dalam berry ini, menjadikannya sebagai salah satu pilihan utama sebagai bagian dari diet Anda.

7. Kacang

Bukan hanya sangat tinggi kandungan protein, kacang juga mengandung lemak sehat yang penting untuk diet sehat. Kacang juga tinggi vitamin E, asam lemak omega 3, dan juga sangat kaya antioksidan, yang merupakan ciri umum dari makanan yang terbaik untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi kacang secara teratur,  kita juga akan menemukan manfaatnya untuk membantu memerangi berbagai macam penyakit kronis . Terutama jika kacang dikonsumsi dalam diet yang sehat dan terencana.

8. Kuning telur

Meskipun banyak tanggapan yang beragam tentang makan kuning telur, namun telur mereka memiliki keuntungan bagi diet Anda. Kuning telur sangat tinggi kandungan protein,  zinc , selenium, dan mineral penting lainnya. Semuanya bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Meskipun kuning telur tinggi kolesterol bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, namun jika dimakan bersama dengan makanan yang tepat, kuning telur akan memiliki keuntungan bagi kesehatan.

9. Tiram

Tingginya mineral zinc yang ditemukan pada tiram, yang membuatnya memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan. Zinc memiliki komponen antivirus tertentu, serta bagus untuk membantu menyembuhkan dan mengurangi tingkat keparahan luka, dan mencegah pembekuan darah. Hal ini karena kandungan zinc yang tinggi dalam tiram, dan Anda sudah mendapatkan cukup zinc perporsinya.

10. Yogurt

Bakteri baik hidup yang ditemukan dalam yogurt akan dapat membantu melindungi saluran usus terhadap penyakit pencernaan, dan juga akan membantu untuk membangun sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu. Tidak hanya lezat, yoghurt juga akan membantu untuk melawan penyakit, karena sangat tingginya protein, yang merupakan faktor yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan mampu melawan penyakit.

Lihat juga :   Makanan yang menyehatkan Paru paru

Itulah 10 diantara makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan pada umumnya. Makanan yang kaya Protein, antioksidan, zinc, adalah pilihan yang bagus untuk disertakan dalam diet sehat tahan terhadap berbagai penyakit

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *