Manfaat bawang putih untuk pengobatan

Advertisement

manfaat bawang putihBawang putih yang bernama latin Allium sativum Linn umum digunakan sebagai bumbu masak. Bahkan, memasak tanpa bawang putih, ibu-ibu akan merasa yakin jika makanan tak akan bisa sedap dan lezat. Nutrisi yang ada pada bawang adalah paling banyak adalah  zat aliin. Yaitu Zat yang akan berubah menjadi alisin, dan selanjutnya akan menghasilkan  bau pada bawang yang menyengatoleh sulfur atau belerang yang terkandung di dalam alisin. Kegunaan alisin pada bawang putih ini justru sangat baik bagi tubuh, yaitu bisa berguna sebagai antioksidan, anti kanker, antitrombotik, antiradang, penurun tekanan darah dan dapat menurunkan kolesterol. Senyawa alisin juga dipercaya para ahli dapat  menghancurkan pembekuan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke, darah tinggi dan gangguan jantung.

Selain penting untuk melengkapi bumbu masak, bawang putih ternyata berkhasiat ampuh untuk mengatasi penyakit akibat pembuluh darah

Bawang putih juga mengandung senyawa lain selain aliin, yaitu  senyawa alil. Senyawa alil bermanfaat dalam mencegah penyakit degeneratif, karena bersifat dapat mengaktifkan pembentukan sel-sel baru. Manfaat bawang putih pada akhirnya dapat menekan kadar kolesterol, menangkal flu, membasmi cacing perut mengobati rematik dan mengurangi insomnia oleh beberapa senyawa kimiawi tersebut.

Berikut kandungan Bawang Putih dalam perbandingan per 100gramnya:

  • Vitamin B1 : 0.22 mg
  • Vitamin C : 15 mg
  • Protein : 4.5 gram
  • Fosfor : 135 mg
  • Kalsium : 42 mg
  • Zat besi : 1 mg
  •  Lemak : 0.20 gram
  • Karbohidrat : 23.10 gram
  • Kalori : 95 kal
  • Sisanya , Air : 71 gram

Senyawa aktif lainnya yang terdapat pada bawang putih adalah awcin, awn, enzim alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid.

Kegunaan dan Khasiat Bawang Putih

Khasiat Bawang Putih :

  • Menurunkan kadar kolesterol darah, karena adanya senyawa aliil pada bawang putih.
  • Mencegah resiko penyakit jantung dan darah tinggi karena adanya senyawa aliin.
  • Bawang putih bisa membantu hati untuk memerangi  pembentukan senyawa kimia beracun dan senyawa kimia penyebab kanker dengan adanya kandungan Sulfida.
  • Bawang putih dapat Mengobati flu, hal ini karena rasa dan bau yang khas bawang putih dapat meningkatkan kerja membran mucous yang ada di saluran pernapasan sehingga sehingga lendir cepat keluar.
  • Baik untuk pendewrita diabetes karena, penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak makan makanan yang manis dan berlemak. Dan bawang putih bersifat membantu menghacurkan lemak.

Berikut cara pengobatan beberapa penyakit dengan bawang putih

Mengatasi darah tinggi: Bawang putih sudah lama dipergunakan untuk mengatasi darah tinggi, karena Senyawa alisin yang berguna untuk melebarkan dan mencegah pembekuan darah penyebab Hipertensi. Caranya: Ambil 3 siung bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus dan diperas dengan air secukupnya, Ialu airnya diminum. Cukup Lakukan  3 kali sehari. Atau kalau tidak mau repot repot, siung bawang putih yang telah bersih langsung dikunyah bersama saat sedang makan nasi. Khasiat terbaik adalah pada bawang lanang (laki), yaitu bawang putih yang bersiung tunggal.

Mengatasi Sembelit: Cara memakainya, ambil bawang putih dan bawang merah , bersihkan dan tumbuk halus dan tambahkan air matang. Peras airnya dan langsung diminum.

Mengusir cacingan: Ambil beberapa siung bawang putih, cuci dan bersihkan dan dapat dimakan secara langsung.

Mengatasi Sulit tidur: Ambil siung bawang putih secukupnya, cuci bersih dan dimakan sebelum tidur.

Efek samping tentu adalah bau mulut yang tak sedap, untuk itu bersihkan mulut jika selesai mengunyah bawang putih.

Advertisement