Manfaat biji-bijian dan kacang-kacangan bagi kesehatan

manfaat kacang-kacanganBeberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan yang gurih, lezat serta bergizi alami yang tinggi. Kacang-kacangan dan biji-bijian umumnya disajikan dalam cara yang berbeda untuk keperluan memasak. Kacang-kacangan pada umumnya bisa dimakan termasuk kacang Filbert, kacang pinus, almond, walnut, pecan, kacang mete, pistachio, hazelnut dan kacang tanah, yaitu yang berasal dari keluarga kacang-kacangan. Biji-bijian umumnya juga enak dimakan termasuk biji labu, biji wijen, biji rambutan, biji durian dan biji bunga matahari. Kacang-kacangan dan biji-bijian  menawarkan beberapa manfaat gizi yang sempurna.

Advertisement

Berikut pernyataan ahli gizi mengenai manfaat biji-bijian dan kacang-kacangan serta nutrisi terbaiknya bagi kesehatan

Menurut sebuah situs kesehatan AskDrSears.com, yang dikelola oleh William Sears, MD, seorang dokter anak dan Martha Sears, seorang perawat, kacang-kacangan dan biji-bijian padat nutrisi, yang berarti mereka mengepak banyak gizi ke dalam tempat yang kecil. Bijian dan kacang-kacangan mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, yaitu yang dapat membantu pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan. Mereka juga mengandung kadar protein yang tinggi, sehingga akan memberikan cukup energi dan membantu tubuh untuk membangun otot. Kacang-kacangan dan biji-bijian secara alami bebas kolesterol, dan mengandung sangat sedikit lemak jenuh. Kacang tawar mengandung sangat sedikit sodium.

Tinggi kandunganVitamin dan Mineral

Dr Sears mencatat bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung vitamin B, yang akan memberikan Anda energi dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Mereka juga mengandung selenium, kromium dan vitamin E, yang merupakan ksenyawa antioksidan penting. Antioksidan adalah senyawa organik yang akan melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel tubuh Anda karena usia. Tentunya ini dapat menghambat penuaan dini yang dapat memberikan kulit kasar dan keriput secara prematur. Kacang juga mengandung fosfor dan magnesium, yang semuanya penting untuk pembentukan dan kesehatan tulang dan gigi. Fosfor mendukung produksi energi dan pembentukan asam nukleat, seperti DNA. Magnesium membantu mengaktifkan enzim dalam tubuh Anda, dan akan memastikan otot Anda untuk bekerja dengan baik.

Lihat juga :   Vitamin esensial yang sangat dibutuhkan tubuh

Mengontrol Berat Badan

Sumber online The Mayo Clinic mencatat bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi bagian yang sehat untuk program penurunan berat badan Anda. Hal ini Karena mereka mengandung sejumlah besar protein dan lemak, sehingga dapat membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Selain itu, 90 persen lemak dari kacang dan biji-bijian adalah lemak “sehat” yaitu lemak tak jenuh tunggal. Namun, karena kacang-kacangan dan biji-bijian tinggi kalori, maka Anda hanya perlu untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang kecil. Secara umum, per ons, atau perbiji adalah ukuran porsi yang cukup sesuai.

Kesehatan Jantung

Mengutip FDA, University of Nebraska Cooperative Extension yang menjelaskan bahwa: karena kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak tak jenuh tunggal dan telah terbukti dapat menurunkan LDL(kolesterol jahat). Mengkonsumsi mereka secara teratur bisa  mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak omega 3, yang terbukti memiliki efek perlindungan terhadap jantung. Kacang-kacangan dan biji-bijian yang terdaftar pada Dietary Approaches FDA to Stop Hypertension, atau diet DASH,  telah terbukti secara klinis dapat mengurangi tekanan darah .

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *