Manfaat Buah Alpokat untuk kesehatan

alpukatAlpukat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya, baik bagi kesehatan jantung, kecerdasan bagi anak, lemak yang baik, menurunkan kolesterol, mengandung folat, tinggi kandungan vitamin E, dll. Buah musiman ini dikenal memiliki tekstur yang lembut, sehingga enak untuk dimakan bersama es, dengan dijus, bahkan enak dimakan begitu saja. Kebanyakan anak anak juga suka dengan buah alpokat, sehingga alpokat juga cocok untuk meningkatkan kebutuhan nutrisi anak.

Advertisement

Alpokat memiliki nama botani Americana Persea, awalnya berasal dari  Meksiko Tengah, diklasifikasikan dalam keluarga tanaman berbunga Lauraceae, seperti  halnya kayu manis dan kamper. Bukti pemanfaatan alpukat ditemukan di sebuah gua yang terletak di Coxcatlan, Puebla, Meksiko, yang diyakini berasal dari sekitar tahun 10.000 SM.  Pohon alpokat dapat tumbuh hingga 20 m.

Dibawah ini 10 Manfaat Buah Alpokat untuk kesehatan

1. Alpukat mengandung senyawa karotenoid

Alpukat adalah sumber dari lutein, suatu karotenoid yang bekerja sebagai antioksidan dan dapat membantu melindungi terhadap penyakit mata. Juga mengandung karotenoid terkait zeaxanthin, alpha-karoten dan beta-karoten, serta tokoferol (vitamin E). Penelitian telah menemukan bahwa nutrisi tertentu akan diserap lebih baik bila dimakan dengan alpukat. Dalam satu studi, ketika peserta makan salad yang berisi alpukat, mereka menyerap lima kali jumlah karotenoid (kelompok nutrisi yang mencakup likopen dan beta karoten),  daripada mereka yang tidak termasuk alpukat. Karotenoid yang lipofilik (larut dalam lemak, bukan air), jadi makan makanan karotenoid didapat dari buah-buahan dan sayuran, dan alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu tubuh untuk menyerap karotenoid.

2. Alpukat dapat membantu untuk menurunkan berat badan

Setengah alpukat mengandung 3,4 gram serat, termasuk serat larut dan serat tidak larut, yang keduanya dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem pencernaan agar berjalan lancar. Serat larut akan memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh Anda, sehingga akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Alpukat juga mengandung asam oleat, yaitu lemak yang dapat mengaktifkan bagian dari otak Anda yang membuat Anda merasa kenyang. Lemak tak jenuh sehat yang mengandung asam oleat telah terbukti membuat perasaan kenyang lebih besar,  daripada lemak jenuh kurang sehat dan lemak trans ditemukan dalam makanan olahan. Sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil yang tak perlu, salah satu penyebab kegemukan.

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan manfaat buah mangga bagi kesehatan

3. Alpukat dapat membantu menstabilkan gula darah

Alpokat kaya dengan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk memperlambat pencernaan dan membantu menjaga gula darah stabil setelah makan. Diet tinggi lemak yang baik bahkan dapat membantu membalikkan resistensi insulin, yang artinya menjadi baik bagi gula darah dalam jangka panjang.

4. Alpukat dapat melindungi bayi dalam kandungan

Satu cangkir alpukat menyediakan nutrisi yang jumlahnya hampir seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan. Seperti  folat, yaitu vitamin yang mengurangi risiko cacat lahir. Jika Anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan, alpukat akan membantu melindungi bayi dalam kandungan. Asupan folat tinggi juga dikaitkan dengan rendahnya risiko serangan jantung dan penyakit jantung.

5. Alpukat dapat membantu menurunkan kolesterol

Selain meningkatkan perasaan kenyang, asam oleat dalam alpukat juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Dalam satu studi, seseorang yang makan diet kaya alpukat mengalami penurunan total kadar kolesterol yang signifikan ,yaitu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Sementara kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh (HDL )  meningkat hingga sebesar 11 persen. Kolesterol jahat (LDL) adalah salah satu faktor utama risiko terjadinya penyakit jantung. Sifat penurun kolesterol dari buah alpukat,  dengan  folat nya akan membantu menjaga jantung Anda tetap sehat. Satu cangkir alpukat memiliki 23% folat , yang direkomendasikan untuk konsumsi harian. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan-makanan kaya folat memiliki resiko lebih rendah penyakit jantung,  daripada mereka yang tidak. Vitamin E, lemak tak jenuh tunggal, dan glutathione dalam alpukat akan menjaga jantung Anda sehat.

Alpukat juga merupakan buah sumber vitamin E, vitamin yang penting untuk melindungi tubuh dari  banyak penyakit dan membantu mempertahankan kesehatan secara keseluruhan.

Lihat juga :   Manfaat semangka Bagi kesehatan tubuh

6. Pertahanan Kanker Mulut

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang terkandung dalam alpukat dapat mencari sel-sel kanker mulut dan menghancurkan, namun tanpa merugikan sel-sel sehat.

7. Perlindungan Kanker Pay*d ara

Alpukat, seperti halnya minyak zaitun, mengandung tinggi asam oleat, dalam beberapa penelitian terbukti sebagai  senyawa yang bermanfaat untuk mencegah kanker pay*da ra.

8. Pencegahan Stroke

Tingginya tingkat asam folat dalam alpukat juga memberikan perlindungan terhadap stroke. Orang yang makan diet kaya folat berisiko jauh lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak.

9. Sumber Glutathione

Alpukat adalah sumber yang sangat baik glutation, sebuah antioksidan yang yang dikatakan para peneliti sangat penting untuk mencegah penuaan dini, kanker, dan penyakit jantung.

10. Perawatan Kulit

Alpukat adalah pelembab kulit alami . Alpokat mengandung senyawa lemak sehat dan fitonutrien, yang menawarkan manfaat luar biasa untuk kulit manusia – baik untuk dimakan maupun digunakan secara topikal.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *