Manfaat dan Kandungan gizi Wortel

Advertisement

Manfaat dan kandungan gizi pada wortelManfaat wortel bagi kesehatan tentu banyak, sebab sayuran umbi yang berwarna orange ini mengandung banyak nutrisi penting, beta-karoten, vitamin A, mineral dan anti-oksidan lain dalam jumlah yang cukup tinggi. Wortel dengan rasanya yang  manis, lezat dan renyah, cukup pantas untuk ditambahkan kedalam menu diet kita.

Wortel yang umbinya sering kita manfaatkan ini berasal dari keluarga tanaman  Apiaceae atau umbelliferous , dikenal dengan nama ilmiah Daucus carota. Para anggota keluarga Apiaceae yang dekat dengan wortel diantaranya adalah peterseli, jinten, dll.

Tanaman wortel telah dibudidayakan di seluruh dunia, untuk diambil akar tunggang nya. Tanaman ini adalah tanaman dua tahunan, dan akan berbunga selama tahun kedua dalam kehidupannya. Namun, secara umum seluruh tanaman wortel dipanen sebelum mencapai 2 tahun waktu hidupnya, ketika akar telah mencapai diameter sekitar satu inci .

Wortel sangat bervariasi dalam bentuk dan warnanya, tergantung pada jenis varietasnya. Pada Umumnya, akar tunggang panjang, ujung atas rata dengan meruncing, dan ujung bawah seperti ekor. Wortel adalah tanaman musim dingin di banyak bagian di negara-negara Asia. Wortel Eropa,  lebih bulat dengan ujung hampir silindris. Selain itu,  wortel Eropa terdiri dari berbagai warna, yaitu  oranye terang kontras .

Manfaat wortel bagi kesehatan, dan Kandungan gizi pada wortel

Wortel terutama kaya akan anti-oksidan, vitamin dan serat,  dan hanya mengandung 41 kalori per 100 g. Jadi wortel rendah lemak dan kolesterol.

Wortel sumber Beta karoten dan vitamin A

Wortel Sumber banyak mengandung beta-karoten dan vitamin-A. 100 g wortel segar mengandung 8285 mg IU beta-karoten dan vitamin A. Sebanya 16.706 Studi yang telah dilakukan, telah menemukan bahwa senyawa flavonoid dalam wortel akan membantu melindungi tubuh dari kanker rongga kulit, paru-paru dan mulut. Beta-karoten adalah karoten utama yang terkandung dalam umbi wortel. Beta karoten adalah salah satu anti-oksidan alami yang kuat, yang akan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya. Selain itu, wortel juga  memiliki semua fungsi dari vitamin A,  seperti penglihatan, reproduksi pria, pemeliharaan epitel, pertumbuhan dan perkembangan.

Wortel kaya akan Antioksidan

Wortel kaya antioksidan dari poli-acetylene falcarinol. Studi penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Newcastle pada hewan laboratorium,  telah menemukan bahwa falcarinol dalam wortel dapat membantu melawan kanker dengan menghancurkan sel-sel pembentukan kanker di tumor.

Wortel sumber vitamin C yang baik

Wortel juga merupakan sumber yang baik  akan vitamin C, menyediakan sekitar 9% (RDA). Vitamin C pada wortel adalah antioksidan larut dalam air . Ini akan membantu tubuh untuk mempertahankan jaringan ikat yang sehat, gigi dan gusi. Anti-oksidan yang membantu melindungi tubuh dari penyakit dan kanker dengan menangkal radikal bebas berbahaya.

Wortel kaya akan vitamin B Kompleks

Umbi wortel juga sangat kaya  vitamin B-kompleks , seperti asam folat, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin, asam pantotenat, dll, yang berguna sebagai co-faktor untuk enzim selama tubuh melakukan metabolisme substrat.

Wortel mengandung Mineral penting

Mineral penting  pada wortel seperti tembaga, kalsium, kalium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh,  yang berguna untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan cara melawan efek natrium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.

Kandungan nutrisi pada wortel

Nilai gizi per 100 g. Total nilai ORAC-666 umol TE/100 g.
(Sumber: USDA)

Energi 41 Kcal 2%
Karbohidrat 9,58 g 7%
Protein 0.93 g 1.5%
Total Lemak 0.24 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 2,8 g 7%
Vitamin
Folat 19 mg 5%
Niacin 0.983 mg 6%
Asam pantotenat 0,273 mg 5,5%
Pyridoxine 0.138 mg 10%
Riboflavin 0.058 mg 4%
Thiamin 0,066 mg 6%
Vitamin A 16.706 IU 557%
Vitamin C 5,9 mg 10%
Vitamin K 13.2 mg 11%
Elektrolit
Sodium 69 mg 4,5%
Kalium 320 mg 6,5%
Mineral
Kalsium 33 mg 3%
Tembaga 0,045 mg 5%
Besi 0,30 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0,143 mg 6%
Fosfor 35 mg 5%
Selenium 0,1 mg <1%
Seng 0,24 mg 2%
Phyto-nutrisi
Karoten-α 3427 ug -
Karoten-ß 8285 ug -
Crypto-xanthin-ß 0 mg -
Lutein-zeaxanthin 256 mg -

Penyimpanan dan memilihan wortel yang baik

Wortel segar tersedia di pasar sepanjang tahun. Untuk membeli wortel yang baik, pilihlah wortel yang  muda, dan umbi yang berwarna cerah. Hindari umbi yang lembut, lembek, dengan bekas cidera atau memar. Selanjutnya, hindari membeli wortel dengan ukuran yang sangat besar,  karena ini menunjukkan wortel yang sudah terlalu tua,  ini akan memberikan kualitas makanan yang buruk.

Paparan sinar matahari cahaya yang berlebihan pada bagian atas umbi akan menimbulkan warna kehijauan yang dekat ujung atas, hal ini karena klorofil deposisi foto-pigmen. Meskipun hal ini mungkin tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan, bagaimanapun wortel yang seperti itu akan tidak manis jika dimakan. Selain itu mungkin bisa mengindikasikan wortel terkena enyakit atau budidaya tanaman yang kurang baik.

Cuci wortel  secara menyeluruh dalam air mengalir untuk menghilangkan debu, tanah, atau bekas insektisida / fungisida. Umumnya, Kalau ada ujung daunnya sebaiknya dipototng sebelum wortel disimpan. Wortel dapat bertahan hingga 1 – 2 minggu jika disimpan didalam lemari es.

Persiapan pengolahan wortel

Cuci wortel dengan baik sebelum dikonsumsi. Potong kedua ujungnya, kikis kulit luar dan akar serabut yang lebih kecil. Wortel muda renyah dan kaya rasa. Wortel mentah bisa langsung dimakan atau di jus. Namun jika  direbus dalam air selama beberapa menit justru akan memperkaya rasa dan dapat meningkatkan gizinya.

Cara pemanfaatan wortel untuk dikonsumsi

Wortel bisa di makan dalam keadaan segar,  dibuat sayuran , salad buah, jus buah. Wortel juga dapat dibuat sayura bersama dengan kacang hijau, kentang, kacang polong dalam berbagai resep baik direbus, atau digoreng, dll. Wortel juga digunakan dalam penyusunan kue tart, puding, sup,dll.

Satu lagi yang tak kalah penting, wortel juga sangat baik dimasukkan kedalam menu  makanan bayi yang sehat.

Advertisement