Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin larut lemak yang berperan penting dalam tubuh manusia. Vitamin D memiliki banyak fungsi, dan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Pertumbuhan tulang akan sangat terganggu dari kekurangan vitamin D, karena salah satu fungsi Vitamin D adalah meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Tanpa vitamin D yang cukup, tulang akan menjadi lunak dan rapuh dan dapat menyebabkan osteoporosis.

Advertisement

Pada anak-anak, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis. Rakhitis adalah penyakit yang terjadi pada anak-anak dimana tulang melunak dan dapat menyebabkan patah tulang atau cacat. Selain itu, kekurangan vitamin juga dapat menyebabkan kondisi kesehatan kronis lainnya seperti penyakit jantung, arthritis, diabetes, tekanan darah tinggi dan bahkan kanker.

Karena pentingnya vitamin D, memenuhi asupan dalam diet adalah penting. Orang dewasa yang sehat antara usia 19 dan 50, harus mendapatkan sekitar 200 IU vitamin D perhari. Orang dewasa justru memerlukan jumlah vitamin D yang lebih tinggi untuk menjamin pemeliharaan tulang yang tepat. Rekomendasi untuk usia antara 51 dan 70 adalah 400 IU dan untuk orang-orang di atas usia 70 adalah 600 IU. Vitamin D secara alami terbaik dan murah adalah dari sinar matahari pagi. Jogging sambil berjemur dibawah paparan sinar matahari pagi adalah aktifitas yang bermanfaat ganda dan sangat menyehatkan.

Sementara itu tidak banyak makanan alami yang kaya akan vitamin D, namun berikut ini 5 jenis makanan yang mengandung lebih tinggi vitamin D.

1. Susu

Susu adalah sumber vitamin D, dan hampir semua macam susu di negeri kita telah  diperkaya dengan vitamin. Secangkir susu dapat memberikan hingga seperempat kebutuhan vitamin D oleh tubuh yang direkomendasikan. Namun, sebagian besar produk susu tidak diberikan ekstra vitami D, dan hanya mengandung jumlah yang sedikit.

Lihat juga :   Manfaat Minum Susu bagi kesehatan

2. Sereal

Selain susu, sereal juga diperkaya dengan vitamin D. Namun perlu diperhatikan adalah mengetahui informasi gizi pada bungkus untuk memastikan kelengkapan vitamin D.

3. Ikan salmon

Ikan, terutama yang mengandungan lemak tinggi, merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Satu porsi salmon telah mencukupi kebutuhan harian vitamin D yang direkomendasikan. Selain salmon, ikan seperti tuna, tengiri, dan ikan lele juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Selain dari daging, hati ikan dan minyak ikan juga tinggi vitamin D.

4. Telur

Sebutir telur bisa menyediakan vitamin D hingga 25 IU .Vitamin D ditemukan dalam kuning telur, namun semua bagian telur seperti zat putih telur juga harus dimakan.

5. Jus Jeruk

Selain susu dan sereal, jus jeruk juga mengandung vitamin D. Satu setengah cangkir jus jeruk dengan fortifikasi akan menyediakan 45 IU vitamin D.

Sementara asupan vitamin D yang disarankan adalah 200 IU, banyak ahli kesehatan percaya bahwa peningkatan asupan vitamin D akan meningkatkan kesehatan dan menangkal berbagai penyakit. Oleh karena itu, pastikan jika diet Anda telah mengandung cukup vitamin D untuk memastikan kesehatan yang baik. Jika makanan-makanan diatas  tidak cocok dengan diet Anda, maka Anda dapat memperoleh vitamin D hanya dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Tubuh manusia akan secara alami memproduksi vitamin D setelah terkena paparan sinar UV, namun hanya pada waktu pagi hari UV tak membahayakan kulit Anda.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin D

  1. Sangat menguntungkan untuk vitamin d nya tapi untuk peralatan rumah tangga yg sebabkan kanker omay good mengerikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *