Manfaat Jambu merah biji bagi kesehatan

Advertisement

manfaat jambu bijiManfaat jambu biji bagi kesehatan terutama untuk pengobatan diare, disentri, sembelit, batuk, pilek, perawatan kulit, tekanan darah tinggi, berat badan dan penyakit kudis.

Jambu biji sangat umum di negara-negara Asia, buah yang mirip buah pir ini biasanya musiman. Berkulit hijau atau kuning saat masak, dengan daging putih atau merah marun dan banyak terdapat biji kecil namun rasanya sangat lembut dan manis. Jambu biji bisa dimakan mentah, atau dalam bentuk selai dan jeli.

Buah jambu ini masuk dalam kelompok keluarga tanaman Myrtaceae d, dengan Nama ilmiah Psidium guajava.

Manfaat kesehatan dari buah jambu biji

Rendah lemak dan kalori

Jambu biji rendah lemak dan kalori , dan  mengandung beberapa macam vitamin penting, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid, yaitu  senyawa yang penting untuk pencegahan kanker, anti-penuaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dll.

Kaya kandungan serat

Buah jambu biji sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), sehingga bisa menjadi pencahar yang baik. Serat membantu melindungi selaput lendir pada usus,  dengan mengurangi waktu paparan racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Jambu biji-buah adalah sumber antioksidan vitamin-C.

Buah jambu segar sebanyak 100 gram mengandung 228 mg vitamin C, lebih dari tiga kali DRI (asupan harian yang disarankan). Kulit luar jambu yang tebal mengandung vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi rutin buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan terhadap agen infeksi dan mengurangi  dampak radikal bebas berbahaya penyebab kanker dari tubuh. Selanjutnya, vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh manusia,  yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang.

Sumber vitamin A dan flavonoid

Buah jambu juga sumber vitamin-A, dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa ini dikenal memiliki sifat antioksidan,  dan sangat penting untuk kesehatan. Vitamin A  diperlukan tubuh untuk menjaga selaput lendir dan kulit gara tetap sehat. Buah jambu segar alami kaya akan karoten,  yang dikenal untuk melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut.
100 g buah jambu biji merah muda mengandung 5204 mg likopen, hampir dua kali lipat jumlahnya dari yang terdapat pada tomat. (100 g tomat mengandung lycopene 2573 ug). Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji merah mencegah kerusakan kulit dari sinar UV , juga memberikan perlindungan dari kanker prostat.

Buah jambu segar adalah sumber yang sangat kaya kalium.

Berisi lebih banyak kalium dibandingkan buah-buahan lainnya,  seperti pada buah pisang. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Sumber kaya vitamin B kompleks

Buah jambu juga merupakan sumber vitamin B kompleks,  seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6-(pyridoxine), vitamin E dan K, serta mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Menurunkan Berat badan:

Jambu biji sangat berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa kompromi dengan asupan protein, vitamin dan serat. Jambu,  sangat tinggi serat dan sangat kaya vitamin, protein dan mineral, tetapi tidak ada kolesterol dan karbohidrat sulit cerna, sangat mengenyangkan dan memuaskan nafsu makan dengan mudah. Jambu biji mentah khususnya, juga memiliki jumlah gula yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Makan buah jambu ukurang sedang disiang hari,  maka anda baru akan merasa lapar pada malam harinya. Namun sayangya, jambu akan membantu menaikkan berat badan, pada orang yang bertubuh ramping dan tipis. Ini  mungkin karena banyak nutrisi pada jambu merah, sehingga benar-benar menjaga metabolisme  dan membantu penyerapan nutrisi.

Mengobati Diare & disentri:

Jambu biji sangat kaya astringent, yaitu senyawa yang membuat gusi terasa lebih kencang dan segar. Namun ini bisa didapat setelah mengunyah daun jambu,  atau makan jambu biji yang masih mentah atau untuk dipakai sebagai pasta gigi. Selain itu, makan jambu mentah atau daunnya yang muda bisa menyembuhkan diare. Astringent alami dalam jambu biji bersifat alkali, bersifat desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri oleh pertumbuhan mikroba dan menghambat serta menghilangkan lendir ekstra dari usus. Lebih lanjut, nutrisi lainnya dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium akan memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan. J

Mengobati Sembelit:

Jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan. Bijinya, jika ditelan utuh atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik. Sifat dari  jambu biji ada dua, yaitu membantu membentuk perut, menahan air dan membersihkan usus dan sistem ekskresi secara menyeluruh. Dikatakan bahwa sembelit dapat menyebabkan 72 jenis penyakit, dan hal ini benar-benar mutlak. Segala macam untuk kesehatan pencernaan yang paling penting adalah ekskresi yang tepat. Dan jambu biji sudah mencakup hal ini.

Batuk & demam:

Jus jambu biji mentah  atau rebusan daun jambu biji sangat membantu meredakan demam dan batuk , dengan jalan melonggarkan batuk, mengurangi lendir, desinfektan saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru dan menghambat aktivitas mikroba . Jambu biji adalah salah satu sumber tertinggi vitamin C dan zat besi, di antara berbagai macam buah-buahan. Hal ini telah terbukti membantu pencegahan terhadap infeksi dan serangan virus.

Perawatan kulit:

Jambu dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, dan dapat terhindar dari masalah kulit lebih terbaik dari krim kecantikan kulit. Hal ini karena banyaknya astringents dalam buah-buahan jambu yang (lebih banyak yang belum matang) dan pada daun. Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari buah ini  dengan memakan buah, untuk mengencangkan otot. Atau dengan mencuci kulit Anda menggunakan air rebusan buah dan daun jambu yang tua, untuk mencerahkan  dan mengencangkan kulit kendur. Selain astringents, jambu biji sangat-sangat kaya akan vitamin-A, B, C dan kalium yang merupakan anti oksidan sangat baik untuk pendetoks dan menjaga kulit bersinar dan bebas dari keriput akibat proses penuaan dan gangguan lainnya.

Tekanan darah tinggi:

Jambu biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah,  dan mencegah dari penebalan, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa,  bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) akan menambah tekanan darah, karena akan terkonversi secara cepat menjadi gula. Jambu, sangat kaya serat alami dan hipoglikemik, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Mengobati Kudis:

Jambu biji mengalahkan banyak buah-buahan lainnya dalam hal vitamin C, termasuk buah jeruk lemon dan lainnya.Konsentrasi vitamin C, akan menyebabkan kuman penyebab kudis akan berkurang dan menghilang. Vitamin C pada jambu  lima kali lipat daripada Vitamin-C dalam jeruk.

Fakta bahwa jambu biji membantu mengendalikan diabetes, sumber Lypocene yang mengurangi risiko kanker. Jus daun jambu sebagai obat sakit gigi, gusi bengkakl, menyembuhkan luka bila digunakan secara eksternal, kejang, epilepsi, infeksi bakteri dsb.

Kandungan gizi dan nutrisi jambu biji lebih detail

Jambu biji (Psidium guajava), segar, Nilai gizi per 100 g.
(Sumber: USDA)

Energi 68 Kcal 3,5%
Karbohidrat 14,3 g 11,5%
Protein 2,55 g 5%
Total Lemak 0.95 g 3%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 5,4 g 14%
Vitamin
Folat 49 mg 12,5%
Niacin 1,084 mg 7%
Asam pantotenat 0.451 mg 9%
Pyridoxine 0.110 mg 8,5%
Riboflavin 0.040 mg 3%
Thiamin 0.067 mg 5,5%
Vitamin A 624 IU 21%
Vitamin C 228 mg 396%
Vitamin E 0,73 mg 5%
Vitamin K 2,6 mg 2%
Elektrolit
Sodium 2 mg 0%
Kalium 417 mg 9%
Mineral
Kalsium 18 mg 2%
Tembaga 0.230 mg 2,5%
Besi 0,26 mg 3%
Magnesium 22 mg 5,5%
Mangan 0.150 mg 6,5%
Fosfor 11 mg 2%
Selenium 0,6 mcg 1%
Zinc 0.23 mg 2%
Karoten-ß 374 mg -
Crypto-xanthin-ß 0 mg -
Lycopene 5204 mg -

Memilih dan menyimpan jambu biji

Buah jambu yang paling enak tentunya yang masak pohon, namun Seringkali buah diambil saat masih hijau, tapi akan matang setelah dibiarkan pada suhu kamar. Jambu biji yang sudah masak memiliki karakteristik warna dan aroma.

Jika membeli buah jambu segar ditoko,  pilihlah yang  kulitnya utuh tanpa lukaatau memar. Buah jambu yang dibungkus dengan kertas bersama dengan pisang atau apel akan membuatnya cepat matang. Cuci dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan debu atau sisa insektisida . Jambu Matang segar sangat baik jika dikonsumsi bersama dengan kulitnya.

Cara mengkonsumsi buah jambu

  1. Makan buah jambu segar untuk menikmati rasa alami dan rasanya yang unik.
  2. Jus buah jambu biji adalah minuman yang sangat lezat dan populer di banyak negara.
  3. Irisan jambu  adalah tambahan yang bagus untuk salad buah.
  4. Dihidangkan segar sebagai  makanan penutup.
  5. Digunakan untuk membuat permen, manisan, jeli, selai, selai, dll

Jambu adalah buah yang sangat istimewa, karena petani tak harus berlebihan menggunakan pestisida kimia,  seperti pada merawat buah anggur, apel, dan lainnya. jambu biji lebih tahan terhadap hama, jadi tak perlu banyak pestisida.

Advertisement