Manfaat Kecambah untuk kesehatan

Advertisement

manfaat kecambah bagi kesehatanKecambah juga kaya akam nutrisi penting, seperti halnya kubis, kedelai, wortel, ikan dan brokoli yang merupakan sumber protein yang sangat baik dan berbagai nutrisi berbeda yang dapat membantu menjaga kesehatan. Baru-baru ini diketahui bahwa kecambah ternyata memiliki manfaat terapeutik penting, yaitu kemampuan untuk melindungi kita dari penyakit tertentu. Untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat kecambah bagi kesehatan, baca terus artikel ini.

Berikut 5 manfaat kecambah bagi kesehatan

1. Kaya Nutrisi Esensial

Kecambah mengandung Beberapa vitamin yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin K. Selain itu, kecambah juga kaya akan mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalium, mangan, dan Kalsium. Kecambah juga mengandung serat, folat, dan asam lemak Omega-3 yang diketahui baik untuk otak. Benih yang tumbuh dari biji-bijian dan kacang-kacangan telah ditemukan kaya kandungan nutrisi ini. Misalnya, kebanyakan benih kacang yang tumbuh (kecambah) akan mengalami peningkatan jimlah Vitamin A hingga delapan kali lipat.

2. Sumber Enzim yang baik

Selain nutrisi, kecambah juga  sumber kaya enzim  yang dapat menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar. Memasak kecambah yang terlalu matang di akan menyebabkan hilangnya beberapa enzim tersebut. Makan kecambah yang segar adalah cara terbaik untuk mendapatkan enzim ini. Makan buah-buahan dan sayuran segar juga cara baik untuk mendapatkan enzim yang lebih banyak lagi.

3. Tinggi Protein

Hal pertama di pikiran orang tentang protein adalah daging, ayam, ikan, telur, dan produk susu. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa kecambah juga merupakan sumber sangat tinggi protein. Bahkan, protein pada kecambah 35 persen lebih tinggi. Menambahkan kecambah dalam diet Anda akan memberikan asupan protein yang diperlukan oleh tubuh, serta minim lemak, kolesterol, dan kalori yang biasanya terdapat pada produk hewani. Kecambah juga sangat dianjurkan untuk diet vegan dan vegetarian.

4. Mudah dicerna

Kecambah adalah salah satu makanan yang sangat mudah dicerna, hal ini karena tingginya jumlah enzim yang dikandungnya. Makan kecambah akan sangat membantu orang dengan berbagai masalah pencernaan seperti kembung. Kecambah cocok untuk anak-anak muda dan orang tua.

5. Baik untuk Berat Badan

Karena kecambah juga tinggi serat dan rendah kalori, maka dapat memberikan kontribusi yang positif untuk setiap diet menurunkan berat badan. Makan kecambah akan memberikan Anda nutrisi namun tanpa kalori ekstra. Kecambah juga akan membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga mencegah rasa cepat lapar. Jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan, masukkan juga kecambah dalam diet Anda.

Kecambah sangat bermanfaat bagi kesehatan , selain itu juga rasanya yang sangat lezat. Anda dapat menambahkan kecambah ke salad, sup, hidangan daging, dll. Memakan kecambah saat masih segar akan mendapatkan Enzim lebih baik, karena enzim biasanya hilang saat  proses memasak.

Advertisement