Manfaat Kurma bagi Kesehatan

manfaat kurma bagi kesehatanKurma selain manis, ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Manfaat kurma termasuk menghindari sembelit, gangguan usus, masalah jantung, disfungsi e r*ksi, diare, kanker perut, dll. Kurma juga baik bagi yang ingin meningkatkan berat badan. Hal ini karena kurma kaya akan kandungan gizi seperti beberapa vitamin, mineral dan juga serat. Mineral baik yang terdapat pada buah yang mengandung minyak seperti pada kurma seperti kalsium, belerang, besi, kalium, fosfor, mangan, tembaga dan magnesium yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa makan satu buah kurma perhari merupakan diet seimbang dan sehat.

Advertisement

Manfaat kesehatan terbesar dari kurma adalah merupakan salah satu bahan terbaik untuk pengembangan otot. Menurut survei medis modern, bahwa kurma juga berguna untuk mencegah kanker perut. Itulah kenapa Muslim memiliki tradisi berbuka puasa dengan makan kurma dan air, karena berbuka puasa dengan makan kurma akan membantu menghindari makan berlebihan setelah berbuka puasa. Ketika tubuh mulai menyerap nilai gizi yang tinggi dari kurma, maka aka segera terasa mengenyangkan.

Kurma adalah salah satu makanan berasa manis terbaik dan serbaguna, termasuk dapat mengatur proses pencernaan. Hal ini dapat meningkatkan energi secara signifikan pada seseorang setengah jam setelah mengkonsumsinya. The American Cancer Society merekomendasikan asupan 20-35 gram serat per hari, salah satunya dapat diperoleh melalui kurma. Para ilmuwan juga mengatakan jika makan 1 kurma per hari akan membantu untuk menjaga kesehatan mata sepanjang hidup. Kurma juga dikenal efektif untuk menjaga mata terhadap masalah rabun.

Berikut beberapa manfaat kurma bagi kesehatan

Mengatasi Sembelit:

Kurma seringkali juga  dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa kurma seringkali dimakan oleh orang-orang yang mengalami sembelit. Untuk memperoleh efek pencahar atau mengatasi sembelit, rendam kurma dalam air selama semalam. Lalu, makan kurma yang telah direndam di pagi hari seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Lihat juga :   Apakah Kolesterol baik(HDL) dan Kolesterol Jahat(LDL)?

Mencegah Gangguan usus:

Kandungan ni kotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam dari gangguan usus. Asupan kurma yang rutin dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan organisme patologis, namun kurma tetap baik dan bersahabat bagi pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Meningkatkan Berat Badan:

Kurma terdiri dari gula, lemak, protein dan juga banyak vitamin esensial. Satu kilogram kurma mengandung hampir 3.000 kalori, dan kalori kurma cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi tubuh manusia. Tentu saja, Anda tidak harus makan cuma kurma sepanjang hari. Jika Anda terlalu kurus dan ingin menambah berat badan, atau jika Anda ingin membangun otot-otot,  atau Anda menjadi lemah karena masalah medis yang serius – Maka Anda perlu makan kurma!

Menjaga Jantung Sehat:

Kurma sangat membantu untuk menjaga jantung sehat. Kurma yang direndam pada malam hari, kemudian dikonsumsi pada pagi harinya telah terbukti positif untuk jantung lemah. Mengkonsumsi kurma akan membantu untuk membentengi jantung  jika dikonsumsi dua kali seminggu.

Mengatasi Kelemahan pada Pria:

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurma bahkan bermanfaat untuk meningkatkan “stamina khusus” pria. Rendam segenggam kurma didalam susu kambing segar pada malamnya, kemudian digiling dengan susu yang sama dan dicampuran dengan bubuk kapulaga dan madu. Campuran ini akan menjadi suplemen yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan Pria, sekaligus juga mengurangi kema ndulan yang disebabkan oleh berbagai macam gangguan reproduksi.

Mengatasi Diare:

Kurma mengandung kalium, yang juga dikenal efektif untuk mengendalikan diare. Kurma juga mudah untuk dicerna, yang selanjutnya akan membantu meringankan sifat yang tak terduga dari diare kronis.

Intoksikasi:

Kurma biasanya digunakan sebagai obat untuk mengatasi mabuk alk*h ol. Kurma akan memberikan bantuan cepat, bagi yang mendapatkan efek tidak nyaman yang serius akibat mabuk alk*h ol. Kurma juga dapat digunakan pada keesokan harinya untuk mencegah mabuk berat,  yaitu setelah direndam semalam untuk hasil terbaik.

Lihat juga :   Khasiat Manfaat Daun Sirsak untuk mengobati kanker

Mencegah Kanker Usus:

Penelitian telah membuktikan jika kurma baik untuk mengurangi risiko dan dampak dari kanker usus. Kurma bisa bertindak sebagai suplemen berguna bagi orang segala usia, dan dalam beberapa kasus, kurma mampu bekerja lebih baik daripada obat-obatan tradisional  alami lainnya. Dan kurma tidak memiliki efek samping negatif bagi tubuh manusia. Karena kurma dapat dengan cepat dan mudah untuk dicerna , serta meningkatkan energi dengan cepat.

Meskipun kurma bergizi dan bermanfaat baik, namun pemilihan buah harus menjadi perhatian, Karena kurma sifatnya lengket,  seringkali akan mudah menarik berbagai macam kotoran. Oleh karena itu, Anda harus mengkonsumsi kurma hanya yang diolah dan dikemas dengan baik. Juga, pastikan untuk mencuci kurma  secara menyeluruh sebelum dimakan mereka, karena hal ini akan membantu menghilangkan kotoran pada permukaan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *