Manfaat Magnesium bagi Kesehatan

Manfaat Magnesium bagi Kesehatan – Magnesium sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, karena kalsium digunakan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Magnesium adalah mineral urutan nomer 4 yang paling penting untuk kesehatan. Sekitar 50% dari total magnesium tubuh disimpan didalam tulang kita. Bagian yang tersisa dari magnesium yang terutama ditemukan dalam sel-sel jaringan tubuh dan organ. Hanya 1% saja magnesium yang ada dalam darah, dan tubuh manusia akan selalu menjaga agar kadar darah konstan magnesium.

Advertisement

Magnesium diperlukan untuk menjaga otot dan saraf agar berfungsi normal dan menjaga irama detak jantung. Dengan ini magnesium  membantu untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan menjaga tulang yang kuat. Magnesium juga membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah yang normal dan mendukung metabolisme energi dan protein sintesis. Magnesium memiliki efek positif dalam pengobatan gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Dieta Magnesium akan diserap oleh usus kecil, dan disekresikan melalui ginjal.

Berikut ini manfaat magnesium bagi kesehatan, sumber makanan kaya magnesium, akibat tubuh kurang magnesium, dan dosis magnesium yang perlu kita ketahui

Makanan  sumber magnesium

Makanan Sumber alami dari magnesium meliputi sayuran laut, sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan biji-bijian yang biasanya dijadikan komponen utama dari diet. Beberapa sayuran lain yang dianggap sumber yang kaya akan magnesium meliputi tomat, bit hijau, kacang-kacangan ,artichoke, ubi jalar, tepung soba, biji labu,tepung gandum, jagung dan coklat. Juga, produk susu seperti susu dan yoghurt dan produk non-vegetarian, seperti ikan. Roti gandum yang mengandung dedak dan dua kali kandungan magnesium,  dibandingkan dengan roti putih. Air juga mengandung kadar magnesium, air keras memiliki lebih banyak magnesium dari air lunak, meskipun air keras tidak baik untuk tubuh, terutama ginjal.

Gejala keurangan magnesium

Gejala kekurangan magnesium termasuk rasa sakit di leher dan punggung, kecemasan, kelelahan, serangan migrain, kelemahan otot dan kejang, kehilangan nafsu makan, muntah, mual, insomnia, irama jantung yang abnormal, diare, otot berkedut dll.

Ketika seseorang mengalami stres,  maka seseorang cenderung menghabiskan banyak magnesium dari tubuh. Salah satu gejala yang sangat umum dari kekurangan magnesium adalah ngidam cokelat, karena coklat kaya akan magnesium. Kekurangan magnesium dapat dipahami dengan jelas oleh diabetes, depresi, dan gejala menopause.

Manfaat magnesium bagi kesehatan

Manfaat kesehatan dari magnesium termasuk mempertahankan saraf tubuh, otot dan tulang. Hal ini juga membantu dalam sintesis protein dan metabolisme sel. Magnesium sangat penting untuk mempertahankan detak jantung yang normal dan digunakan oleh dokter untuk mengobati ketidakteraturan irama jantung. Manfaat kesehatan lain dari magnesium adalah mencegah osteoporosis, kejang eklampsia, kadar gula, asma, diabetes, sembelit, nyeri punggung dan gangguan kejiwaan.

Lihat juga :   Manfaat Kunyit untuk Pengobatan Herbal

Ahli kesehatan sering menyoroti pentingnya magnesium disamping vitamin yang memadai dan asupan mineral dalam diet sehari-hari kita. Magnesium adalah mineral penting yang membantu tubuh manusia untuk menyerap kalsium, dan memiliki peran penting dalam pembentukan dan penguatan gigi dan tulang.

Mencegah Asma – pasien asma kronis mungkin dapat menormalkan napas mereka dengan bantuan suplemen magnesium, yang membantu dalam relaksasi otot-otot bronkus dan menormalkan pernapasan. Bahkan mengi dan sesak napas dapat diatasi dengan pemberian magnesium intravena.

Menjaga tulang agar tetap sehat – Magnesium secara langsung berkaitan dengan kepadatan tulang. Kekurangan mineral ini bisa menjadi penyebab osteoporosis. Magnesium membantu dalam peraturan tingkat kalsium dalam tubuh bersama dengan vitamin D, tembaga, seng dll . Magnesium bersama dengan kalsium dan vitamin D harus didapat orang sepanjang tahun mulai saat pertumbuhan hingga dewasa, karena menghilangkan kemungkinan terkena osteoporosis di kemudian hari.

Penting selama kehamilan – Magnesium adalah salah satu elemen penting selama kehamilan. Asupan yang tepat dari suplemen magnesium selama kehamilan sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko osteoporosis dan meningkatkan tingkat toleransi sakit, sehingga menghasilkan proses kelancaran pengiriman dan juga mengoptimalkan  tekanan darah. Magnesium sulfat adalah pengobatan terbaik untuk mencegah kejang eklampsia pada ibu hamil yang mengalami hipertensi.

Mengobati nyeri punggung dan kram – Magnesium membantu mengobati orang dengan sakit punggung yang parah dengan relaksasi otot-otot punggung, stres, ginjal dan ketegangan otot. Magnesium juga membantu dalam penyerapan kalsium, yang dapat menyebabkan penyembuhan tulang. Gejala kram di kaki serta kelelahan biasanya terlihat karena kekurangan magnesium. Asupan yang tepat dari suplemen magnesium bemanfaat sebagai obat untuk mengatasi masalah kram dikaki.

Mencegah serangan jantung – kekurangan magnesium pada penyakit jantung dapat mengarah ke hasil yang lebih fatal. Kekurangan magnesium bisa membawa terlalu banyak resiko bagi jantung . Magnesium melindungi jantung dari denyut jantung tidak teratur, sehingga melindungi  jantung  dari kerusakan. Magnesium sebenarnya menenangkan saraf dan memediasi proses pencernaan dan mencegah masalah seperti muntah, kram, gangguan pencernaan, sakit perut, perut kembung, dan sembelit.

Mencegah sembelit – Magnesium memberikan bantuan yang cepat terhadap kondisi kita yang sedang sembelit. Dosis tinggi suplemen magnesium larut air dikenal untuk mengatasi sembelit parah. Pencahar properti magnesium berguna melemaskan otot-otot usus, sehingga membantu untuk membangun ritme halus pada usus. Magnesium juga memiliki properti lain yang bersifat menarik air, yang pada gilirannya akan melembutkan t*nja dan membantu untuk mengeluarkannya dengan mudah.

Lihat juga :   Manfaat Protein bagi tubuh

Mencegah diabetes dan mengatur tingkat kadar gula – Manfaat kesehatan dari magnesium juga memberikan kontribusi terhadap pasien diabetes, karena mineral ini membantu untuk meningkatkan reaksi insulin untuk menjaga tingkat gula darah. Suplemen magnesium sangat penting untuk semua pasien diabetes sebanyak menderita kekurangan magnesium. Magnesium membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah yang normal. Hipertensi merupakan salah satu faktor  utama penyebab serangan jantung yang akan datang. Orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kekurangan magnesium. Oleh karena itu, tambahan nutrisi dan suplemen mineral dengan kandungan magnesium sangat penting bagi mereka untuk menghindari komplikasi medis.

Mengatasi gangguan kejiwaan – Magnesium dikenal untuk menyembuhkan bentuk-bentuk terburuk disfungsi kejiwaan seperti serangan panik, stres, kecemasan dan agitasi yang tidak semestinya.

Menghasilkan kolagen – Magnesium penting untuk memproduksi protein yang secara perlahan akan berubah menjadi kolagen. Kolagen yang alami protein,  sebagian besar ditemukan dalam jaringan berserat seperti tendon, ligamen dan kulit. Hal ini juga terdapat dalam kornea, tulang, usus, tulang rawan, pembuluh darah, dan cakram intervertebralis.

Menyerap mineral – Magnesium membantu untuk menyerap vitamin  dan mineral penting  seperti natrium, kalsium, kalium dan fosfor. Penyerapan mineral biasanya terjadi dalam usus halus,  dan manfaat ini dari magnesium adalah men-detoksifikasi banyak racun berbahaya yang ada didalam tubuh kita.

Mengaktifkan enzim – Magnesium juga membantu dalam meningkatkan produksi energi dalam tubuh dan aktivasi enzim untuk menciptakan sel energi.

Kontrol fungsi kandung kemih – Banyak wanita yang memiliki masalah sering ingin buang air kecil menemukan bantuan dengan mengkonsumsi suplemen magnesium. Masalah kencing bisa datang dari beragam alasan, seperti nefritis, infeksi, atau kadang-kadang sistitis interstisial, asupan rutin namun magnesium dapat membawa bantuan besar untuk masalah penyakit ini.

Dosis dan efek samping Magnesium

Pentingnya magnesium belum begitu dikenal,  sehingga kebanyakan orang masioh banyak yang mengabaikan konsumsi magnesium dalam makanan mereka. Sebagian besar ahli gizi merekomendasikan 250-350 mg per hari dari suplemen magnesium untuk orang dewasa.

Efek samping dari magnesium sangat jarang, namun terlalu banyak magnesium seringkali diketahui menyebabkan diare. Karena sebagian besar efek serius hasil asupan magnesium berlebihan karena dihasilkan oleh sifat magnesium yang mengandung obat pencahar. Jika Anda mendapatkan magnesium dari suplemen, ada beberapa kemungkinan efek samping seperti itu. Orang dengan penyakit ginjal harus menghindari mengonsumsi suplemen magnesium, tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *