Manfaat makan buah jeruk bagi kesehatan

Khasiat manfaat kulit jeruk keprok bagi kesehatanMakan buah jeruk tak hanya sekedar akan mendapatkan vitamin C yang cukup, Jeruk adalah salah satu buah yang paling bergizi dan populer. Satu bagian tunggal buah jeruk mengandung lebih dari 60 flavonoid yang berbeda, serta lebih dari 170 fitonutrien yang juga berbeda. Senyawa-senyawa ini memiliki beragam sifat penyembuhan yang kuat. Termasuk kultivar lain yaitu jeruk lemon  dan jeruk nipis, yang juga tinggi manfaatnya untuk kesehatan.

Advertisement

Studi telah menemukan bahwa makan buah jeruk adalah cara yang lebih baik untuk memperoleh manfaat bagi kesehatan daripada dengan makan suplemen. Buah jeruk dipercaya dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Makan seluruh buah jeruk segar utuh juga jauh lebih untuk memperoleh vitamin esensial dan mineral, daripada minum jus jeruk karena senyawa gizi jeruk sudah banyak yang hilang. Makan seluruh bagian dari jeruk akan memperoleh banyak serat yang berguna membantu untuk memperlambat penyerapan gula dalam jus. Bahkan jika mau, makan kulit jeruk keprok juga bermanfaat baik bagi kesehatan.

Berikut ini adalah 11 manfaat buah jeruk bagi kesehatan:

 

Pencegahan Kanker

Buah jeruk dipercaya dapat membantu untuk melawan kanker. Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa jeruk bisa mengurangi risiko kanker perut, mulut, usus hingga 40 sampai 50 persen. Jeruk merupakan sumber vitamin C potensial antioksidan, yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar dan juga jenis kanker lainnya. Jeruk mengandung banyak sifat menyembuhkan lainnya, serta mengandung fitonutrien seperti antosianin yang memiliki sifat antikanker.

Kanker Paru & Kesehatan Pernapasan

Jeruk mengandung karotenoid tinggi, yang disebut dengan betacryptoxanthin. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2003 yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention” menemukan bahwa makanan yang kaya betacryptoxanthin seperti halnya jeruk mendukung kesehatan pernapasan dan mengurangi risiko kanker paru-paru hingga sebesar 27%.

Lihat juga :   Manfaat Madu untuk Menurunkan berat Badan

Tinggi Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan larut air utama yang dibutuhkan tubuh, yaitu yang bertanggung jawab dalam pencegahan kerusakan sel dan DNA akibat radikal bebas. Hanya satu buah (atau 131 gram) menyediakan 116% DV vitamin C. Vitamin C dikenal akan kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan juga telah diakui dalam membantu untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar timbal dalam sel darah serta dukungan yang dapat mengurangi risiko katarak.

Tinggi Antioksidan

Jeruk mengandung antioksidan ampuh dari vitamin C , serta banyak mengandung senyawa phytonutrisi lainnya yang diyakini juga memiliki sifat antioksidan. Antioksidan dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini dengan jalan menetralisir efek radikal bebas.

Meningkatkan imunitas

Konsentrasi tinggi vitamin C yang ditemukan dalam jeruk diyakini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang artinya akan membantu untuk menangkal berbagai penyakit karena virus.Makan jeruk secara rutin adalah cara yang bagus untuk membantu mencegah pilek dan flu.

Serat

Jeruk merupakan sumber serat yang baik, satu buah jeruk menyediakan sekitar 12,5% DV. Serat akan membantu untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan, serta membantu menurunkan berat badan dengan jalan menyeimbangkan metabolisme. Serat juga membantu untuk menurunkan kadar gula darah dan menyeimbangkan kadar kolesterol.

Diabetes

Fruktosa alami dalam jeruk diyakini dapat membantu menurunkan dan menyeimbangkan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes.

Kalium

Jeruk merupakan sumber kalium yang baik. Kalium bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah serta kesehatan jantung secara keseluruhan. Kalium juga penting untuk menjaga kepadatan tulang. Kekurangan kalium berhubungan dengan penyakit tulang seperti osteoporosis.

Anti inflamasi

Studi menunjukkan bahwa jeruk bermanfaat sebagai anti inflamasi berkat phytonutrisi disebut herperidin. Studi pada laboratorium atas hewan telah menemukan bahwa herperidin dapat mengurangi peradangan. Peradangan kronis bisa berkontribusi kepada penyakit jantung, kanker, arthritis dan kondisi lain terkait inflamasi. Vitamin C juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit inflamasi seperti asma, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan manfaat rambutan untuk kesehatan

Kesehatan Jantung

Herperidin dalam jeruk juga telah ditemukan dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol pada hewan percobaan. Sifat anti inflamasi herperidin serta vitamin C juga dari jeruk menawarkan dukungan yang besar terhadap kardiovaskular. Kalium yang diperoleh dari jeruk juga dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah dan serat yang ditemukan juga sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung yang baik.

Kesehatan Perut

Terakhir namun tidak sedikit dari manfaat kesehatan dari jeruk adalah untuk kesehatan perut. Studi telah menemukan bahwa jeruk dapat membantu untuk mengobati penyakit perut seperti sindrom iritasi usus dan diare. Jeruk juga dipercaya akan membantu untuk melawan radang perut serta dapat membantu untuk mengurangi risiko kanker perut. Studi telah menemukan bahwa makan buah jeruk secara rutin bisa menurunkan timbulnya bakteri H. pylori dan mengurangi risiko infeksi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *