Manfaat Minum Teh bagi kesehatan

manfaat minum tehAda banyak alasan kesehatan menikmati secangkir teh panas. Aroma teh yang harum, dapat melepaskan kepenatan jika diminum pada waktu menikmati istirahat setelah habis bekerja seharian. Minum teh adalah cara yang bagus untuk bersantai, sementara sambil mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Teh hijau juga dikenal sangat baik untuk menunjang kesehatan, termasuk jenis teh yang umum kita kenal sekarang ini.

Advertisement

Berikut 10 Manfaat Minum Teh bagi kesehatan, yang perlu Anda ketahui

 

1. Teh mengandung antioksidan.

Antioksidan dari teh akan melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat penuaan dan efek buruk dari polusi udara.

2. Teh rendah kafein.

Kopi biasanya mengandung dua sampai tiga kali kadar kafein dari teh. Secangkir kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sementara teh hanya mengandung 30 sampai 40 mg per cangkir. Jika minum kopi membuat anda gelisah, atau menyebabkan gangguan pencernaan, sakit kepala atau mengganggu tidur – Anda bisa beralih untuk minum teh saat melepaskan lelah.

3. Teh dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Pembekuan darah terbentuk dari kolesterol dan trombosit, ini adalah penyebab serangan jantung dan stroke. Minum teh bisa membantu menjaga arteri tetap halus dan bebas sumbatan. Sebuah studi yang dilakukan selama 5,6 tahun di Belanda menemukan, orang yang minum teh setidaknya dua sampai tiga cangkir teh  setiap hari beresiko 70 persen lebih rendah terkena serangan jantung fatalm daripada orang yang bukan peminum teh.

4. Teh melindungi tulang Anda.

Ini bukan hanya susu yang berguna untuk membangun tulang yang kuat. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang minum teh selama 10 tahun atau lebih memiliki tulang kuat, bahkan setelah disesuaikan dengan usia, berat badan, olahraga, mer* kok dan faktor risiko lainnya,  daripada yang buka peminum teh. Para penulis berpendapat bahwa ini mungkin karena banyaknya kandungan phytochemical yang menguntungkan dalam teh.

Lihat juga :   Manfaat biji-bijian dan kacang-kacangan bagi kesehatan

5. Teh baik bagi kesehatan gigi dan mulut.

Teh sendiri sebenarnya mengandung fluoride dan tanin yang dapat menjaga plak di mulut. Jadi minum teh tanpa gula untuk rutinitas harian Anda akan mendapatkan gigi yang bersih serta gusi sehat.

6. Teh meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Minum teh dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan  infeksi. Ketika 21 relawan minum lima cangkir teh atau kopi setiap hari selama empat minggu, para peneliti melihat adanya aktivitas peningkatan sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi dalam darah peminum teh.

7. Teh melindungi terhadap kanker.

Polifenol, antioksidan yang ditemukan dalam teh, sekali lagi bermanfaat untuk melawan kanker. Ada cukup banyak penelitian yang menunjukkan potensi efek protektif dari minum teh,  yang menunjukkan alasan kenapa kita harus minum teh.

8. Teh membantu menjaga agar tubuh terhidrasi.

Minuman berkafein, termasuk teh, digunakan untuk memenuhi ebutuhan cairan harian. Karena kafein adalah diuretik dan akan membuat kita buang air kecil lebih banyak.Pikiran kita tentang minuman berkafein mungkin tidak dapat memberikan kontribusi untuk kebutuhan cairan tubuh secara keseluruhan. Namun, penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa kafein dalam teh, atau  minuman berkafein lainnya seperti kopi berkontribusi terhadap kebutuhan cairan tubuh kita. Satu-satunya yang menjadikan kafein menjadi masalah adalah ketika Anda minum lebih dari lima atau enam cangkir minuman berkafein setiap waktu.

9. Teh bebas kalori.

Teh tidak mengandung kalori, kecuali jika Anda menambahkannya pemanis atau susu. Jika Anda sedang mencari  minuman yang bebas kalori, teh merupakan pilihan utama. Ini biasanya dicari oleh orang yang sedang diet penurunan berat badan.

10. Teh meningkatkan metabolisme tubuh.

Banyak orang mengeluh tentang tingkat metabolisme tubuhnya yang lambat, serta ketidakmampuan untuk menurunkan berat badan. Teh hijau terbukti benar-benar dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, sehingga dapat membakar 70 sampai 80 kalori tambahan hanya dengan hanya minum lima cangkir teh hijau per hari. Tentu saja harus diiringi dengan jogging, jika Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *