Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Advertisement

Manfaat Nanas Bagi KesehatanNanas menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Buah ini kaya akan antioksidan dari vitamin A dan C. Nanas juga mengandung nutrisi dan mineral penting seperti  kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain.

Bromelain yang didapat dari buah nanas segar merupakan kombinasi enzim pencernaan dan protein yang akan melawan peradangan dalam tubuh. Bromelain juga berkaitan dengan pencegahan infeksi dan cedera. Penelitian menunjukkan, bromelain membantu mempercepat penyembuhan luka, radang sinus, gangguan pencernaan, radang sendi, dan asma. Untuk ini tentu saja diperlukan bromelain harus dalam jumlah besar, karena saat ini banyak tersedia suplemen yang mengandung bromelain.

kandungan Nutrisi pada Nanas

Nanas yang dipotong dengan jumlah sekitar satu cangkir mengandung 78,9 mg vitamin C, ini sedikit di bawah buah jeruk sekitar 87,7 mg. Dalam porsi yang sama, nanas juga mengandung 180 mg kalium yang membantu untuk menjaga ritme denyut jantung dan tekanan darah yang stabil. Nanas segar mengandung bromelain, kombinasi enzim pencernaan dan protein yang akan melawan peradangan dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita:

Nanas segar rendah kalori.

Nanas rendah kalori, namun banyak memiliki manfaat kesehatan yang unik, seperti mempromosikan senyawa, mineral dan vitamin yang penting untuk kesehatan yang optimal. 100 g buah nanas hanya menandung  sekitar 50 kalori, atau setara dengan apel. Dagingnya tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, namun sumber yang kaya serat larut dan serat tidak larut seperti pektin.

Nanas segar adalah sumber antioksidan

100 buah g mengandung 47,8 atau 80%  vitamin ini C. Vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C akan membantu tubuh untuk melindungi dari penyakit kudis, meningkatklan sistem kekebalan tubuh, dan anti radikal bebas.

Sumber Vitamin A

Nanas juga mengandung sejumlah kecil vitamin A (58 IU per 100 g) , dan  beta-karoten. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan. Vitamin A juga diperlukan tubuh untuk menjaga selaput lendir agar ehat, menjaga kulit dan penting juga untuk penglihatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan flavonoid akan membantu tubuh manusia melindungi paru-paru dan mengurangi resiko kanker rongga mulut.

Kaya vitamin B Kompleks

Selain itu, buah ini kaya dengan kelompok B-kompleks vitamin seperti folat, thiamin, piridoksin, riboflavin dan mineral seperti tembaga, mangan dan kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Tembaga adalah kofaktor bermanfaat untuk sintesis sel darah merah. Mangan adalah co-faktor untuk enzim superoksida dismutase, yang merupakan sangat kuat scavenger radikal bebas.

Efek Samping Makan Buah Nanas

Meskipun buah nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ternyata dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Mengganggu kehamilan-Beberapa penelitian mengatakan bahwa nanas muda berpotensi untuk membatalkan rahim. Oleh karena itu,  untuk wanita hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi nanas muda.
Meningkatkan kadar gula darah-Buah nanas matang ternyata mengandung kadar gula yang tinggi. Para penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi buah nanas secara berlebihan. Sebaliknya bagi yang mengalami gangguan gula darah rendah, makan nanas mungkin akan membantu.
Penyebab rematik-Menurut beberapa penelitian, didalam proses pencernaan, buah nanas akan terfermentasikan menjadi alk* hol yang dapat menyebabkan radang sendi. Untuk penderita rematik dan radang sendi harus membatasi mengkonsumsi nanas.
Bagi sebagian orang, terlalu banyak makan nanas juga bisa menyebabkan sakit kepala. Buah nanas dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Beberapa orang mungkin mengalami gejala alergi seperti kulit menjadi merah dan gatal setelah makan nanas. Untuk menghindari hal ini, rendam nanas dalam air garam sebelum dikonsumsi. Dalam kasus alergi serius, bibir dan mulut bisa  menjadi bengkak setelah makan nanas.

Advertisement