Manfaat Omega 3 untuk kulit, rambut dan kesehatan

Manfaat Omega 3 untuk kulit, rambut dan kesehatanHari ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa bebas lemak, atau makanan tanpa lemak adalah cara terbaik untuk menghindari obesitas dan masalah berat badan lainnya. Namun, hanya sedikit orang tahu bahwa tidak semua lemak itu tidak baik atau berbahaya bagi tubuh. Bahkan lemak sangat dibutuhkan untuk membantu mencegah beragam penyakit,  sehingga badan sehat yang pada akhirnya menunjang kecantikan. Lemak tersebut adalah jenis lemak baik, atau yang disebut sebagai lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda.

Advertisement

Apakah yang disebut asam lemak Omega 3?

Omega 3 adalah dari jenis lemak tak jenuh ganda, yang merupakan nutrisi luar biasa untuk memerangi dan mencegah penyakit. Jenis lemak ini sangat bermanfaat dan sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh manusia. Ada tiga jenis asam lemak dari Omega 3, yaitu ALA(asam alfa linolenat), EPA(asam eicosapentaenoic) dan DHA(docosahexaenoic acid ). Omega 3 adalah asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, dan harus diperoleh melalui sumber makanan yang kita makan. ALA terutama terdapat dalam minyak nabati,  seperti minyak biji rami, biji matahari, atau kacang-kacangan dan biji-bijian lain. Sementara EPA dan DHA dapat diperoleh dari minyak dan ikan laut. Cari tahu sumber Omega 3 terbaik: Disini, dan disini

Manfaat asam lemak Omega 3 bagi kesehatan, kulit dan rambut

Disini adalah daftar beberapa manfaat asam lemak Omega 3 untuk tiga kategori, yaitu untuk kesehatan tubuh, kesehatan kulit dan kesehatan rambut .

1 . Kesehatan Jantung dan menurunkan Tekanan Darah Tinggi :

Karena Omega 3 adalah golongan dari lemak tak jenuh, ia diketahui memiliki berbagai senyawa untuk membantu mengobati penyakit kardiovaskular. Mengurangi asupan lemak jenuh, dan meningkatkan asupam lemak tak jenuh akan membantu untuk melawan penyakit seperti jantung, stroke, kolesterol tinggi dan aterosklerosis. Ketahui apa itu lemak jenuh dan tak jenuh, baca disini

Lihat juga :   Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

2 . Diabetes :

Tingkat trigliserida tinggi dan kadar HDL yang rendah dalam tubuh adalah dua masalah utama bagi orang yang menderita diabetes. Omega 3 bermanfaat membantu mengurangi tingkat trigliserida,  dan meningkatkan tingkat HDL, sehingga efektif untuk membantu memerangi diabetes.

3 . Mencegah Kanker :

Omega 3 telah ditemukan memiliki sifat melawan kanker, sehingga bermanfaat untuk membantu mengobati dan mencegah kanker pay*dara, usus besar dan kanker prostat.

4 . Mencegah dan menurunkan gejala nyeri otot dan peradangan :

Sifat anti inflamasi dari asam lemak omega 3 akan membantu melindungi tubuh dari peradangan, mengurangi pembengkakan, dan meredakan nyeri otot. Serta meningkatkan kesehatan tulang dengan jalan meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh, sehingga akan membantu untuk mengobati rheumatoid arthritis, lupus dan Osteoporosis. EPA dan DHA juga akan membantu mengobati asma dan gangguan inflamasi pada usus.

5 . Meningkatkan Kinerja Otak :

DHA yang terdapat dalam lemak tak jenuh akan membantu untuk melindungi dan sel-sel otak, serta mempromosikan neurotransmisi bekerja dengan baik. Dengan demikan maka akan membantu  pengobatan depresi, gangguan bipolar, Alzheimer, demensia, skizofrenia, dll. Dan pada umumnya untuk memastikan kesehatan mental yang baik.

6.Memastikan pertumbuhan bayi yang sehat dan cerdas

Khusu bagi wanita yang sedang hamil, sangat dianjurkan untuk memperoleh asupan asam lemak omega 3 yang cukup. Hal ini penting diperlukan bagi perkembangan otak janin yang sehat. Cukup asupan omega 3 dalam diet wanita hamil, akan memastikan bayi lahir sehat dan yang cerdas saat sudah besar. Kurang omega 3 dalam diet kehamilan justru dapat menyebabkan bayi lahir dengan masalah mental.

7 . Meningkatkan Imunitas, Mencegah Ketidakseimbangan hormonal, dan mencegah Gangguan Perkembangan:

EPA dan DHA yang merupakan rantai panjang asam lemak omega 3, penting bagi tubuh untuk melawan hyperactivity disorder ( ADHD ) pada anak-anak. Dengan demikian akan memastikan pertumbuhan perilaku anak yang tepat. Asam Lemak ini juga membantu mengurangi rasa sakit yang dialami selama menstruasi, serta meningkatkan kesehatan pada saat menstruasi pada umumnya. Selain itu juga penting untuk memerangi penyakit, sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Lihat juga :   Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

8 . Meningkatkan penglihatan:

Asam Lemak ini akan membantu untuk mencegah masalah degenerasi makula, yaitu kondisi mata yang terkait usia lanjut. Kondisi degenerasi makula yang lebih serius dapat menyebabkan kebutaan. Dengan demikian Omega 3 akan menjamin penglihatan yang baik, bahkan sepanjang usia tua.

9 . Membantu Menjaga Kulit Sehat dan cerah :

Omega 3 dengan kontennya yang disebut ERP dan DHA, juga berguna untuk mengobati dan mencegah masalah penyakit kulit,  seperti psoriasis, alergi dan jerawat. Juga memiliki sifat sebagai tabir surya alami, yang membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Asam lemak ini juga membantu untuk merevitalisasi dan meremajakan kulit, dan mengurangi melanin untuk meningkatkan dan mempertahankan warna kulit yang sehat. Lebih tepatnya bisa dikatakan akan membantu membuat kulit terlihat halus, cerah, bercahaya, lembut dan sempurna.

10 . Membuat rambut lebih Kuat dan Indah :

Merawat rambut bukan hanya dari luar, perawatan dari dalam pun juga dibutuhkan. Makan-makanan yang kaya akan omega 3 juga akan membantu menhaga rambut dari dalam. Omega – 3 memiliki kemampuan untuk melawan masalah rambut kering, rapuh, gatal-gatal, bersisik pada kulit kepala, ketombe, rambut rontok, dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. DHA dan EPA akan memberikan nutrisi pada folikel rambut, sehingga rambut akan menjadi kuat dan sehat .

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *