Manfaat vitamin B5 atau Pantothenic Acid

Kandungan gizi dan manfaat jamur untuk kesehatanManfaat Vitamin B5,  yang juga dikenal dengan asam pantotenat(Pantothenic Acid ), seperti mengatasi asma, rambut rontok, alergi, stres dan depresi, gangguan pernapasan dan masalah jantung. Termasuk juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi osteoarthritis dan tanda-tanda penuaan, meningkatkan resistensi terhadap berbagai jenis infeksi, merangsang pertumbuhan fisik, dan mengelola diabetes dan gangguan kulit.

Advertisement

Secara luas manfaat Vitamin B5 secara diketahui dapat mengobati gangguan mental serius,  seperti stres berat dan depresi. Diet yang sehat harus memperoleh jumlah yang tepat dari vitamin B5 agar kondisi kesehatan dan berfungsinya seluruh organ tetap baik. Vitamin B5 melakukan berbagai fungsi dalam tubuh kita, seperti produksi neurotransmitter di otak, pembentukan steroid, dan ekstraksi lemak, protein dan nutrisi penting lainnya dari makanan.

Jadi bisa dikatakan bahwa esensi dari Vitamin B5 mempengaruhi setiap aspek penting untuk menjaga kesehatan.

Gejala kekurangan Vitamin B5

Yang paling umum Gejala kekurangan vitamin B5 adalah sindrom kaki terbakar, di mana seseorang mengalami seperti mati rasa di kaki dan disertai dengan nyeri berkesinambungan. Seiring dengan kondisi ini, penderita akan merasa kelelahan dan merasa lemah pada seluruh tubuh. Gejala utama kekurangan vitamin B5 lainnya adalah insomnia, anemia, muntah, kontraksi otot dan kulit yang tidak normal.

Sumber Vitamin B5

Sumber yang paling banyak Vitamin B5 adalah jamur, brokoli, kubis, kacang-kacangan, dan ikan salmon. Sumber penting lainnya vitamin yang larut air ini adalah makanan seperti telur, ikan, ragi,susu dan produk susu seperti keju. Anda juga dapat memperoleh vitamin dari gandum, kacang tanah dan kedelai.

Manfaat Vitamin B5 bagi kesehatan

Pembentuk komponen tubuh

Vitamin B5 bertindak sebagai pembentuk banyak komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sebagai contoh adalah pembentukan lemak, protein, karbohidrat, asam amino dan antibiotik, juga merangsang hormon adrenalin.

Lihat juga :   Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin) bagi Kesehatan

Meredam stres

Vitamin B5 berguna mengurangi stres dan masalah mental serius lainnya, seperti cemas dan depresi, dan menjamin kesegaran pikiran. Hal ini karena vitamin B5 mengatur hormon yang bertanggung jawab terhadap kondisi mental.

Kesehatan Organ Hati

Vitamin B5 akan menjaga organ hati manusia agar tetap dalam kondisi kerja yang normal. Termasuk mengatur tingkat kolesterol dan juga membantu mengontrol tekanan darah.

Membangun Stamina

Vitamin B5 membantu mengurangi kecapekan dan kelelahan, serta menetapkan aktivitas metabolisme seluruh tubuh agar pada jalur yang benar. Artinya vitamin B5 mampu meningkatkan stamina tubuh manusia untuk melakukan berbagai tugas dengan cara yang efisien dan sehat. Keuntungan besar vitamin ini terutama dilihat dari sudut pandang individu yang aktif dan para atlet.

Kulit dan rambut sehat

Vitamin B5 membantu untuk menjaga kulit tetap sehat dan menarik. Hal ini juga membantu untuk menunda munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit,  seperti keriput dan bintik-bintik. Studi juga menunjukkan bahwa Vitamin B5 berperan penting dalam pigmentasi rambut, dan mencegah kehilangan warna hitam rambut sampai usia tua.

Larut Air

Vitamin B5 termasuk dalam kelompok vitamin yang larut air, artinya tidak menambahkan semua jenis zat beracun bagi tubuh manusia. Oleh karena itu vitamin B5 terbukti bermanfaat efektif bagi  semua kelompok usia dan jenis kelamin.

Meningkatkan Kesehatan

Vitamin B5 sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Ini membantu kita melawan infeksi dan penyakit. Agar kemungkinan tertular sesuatu yang berbahaya semakin kecil, pastikan jumlah sel darah putih dimaksimalkan dan sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi dengan baik dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B5.

Peningkat Hemoglobin

Vitamin B5 telah terbukti dapat meningkatkan hemoglobin dalam tubuh kita. Hal ini juga akan membantu hati metabolisme zat-zat beracun dalam tubuh. Vitamin B5 adalah sumber bahan bakar untuk pembelahan sel dan reproduksi DNA.

Lihat juga :   Inilah Manfaat Utama dari Vitamin B12 Yang Perlu Diketahui

Manfaat lain vitamin B5

Vitamin B5 membantu meringankan masalah kesehatan seperti asma, candedeases autisme, osteoarthritis, penyakit Parkinson, sindrom pramenstruasi dan masih banyak lagi. Vitamin B5 merupakan salah satu vitamin yang paling serbaguna dan fleksibel, dan harus terdaftar dalam diet harian sehat.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *