Manfaat Vitamin B9 atau Asam folat(Folic Acid) bagi Kesehatan

manfaat keju untuk kesehatanVitamin B9 atau sering disebut juga dengan asam folat memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan, khususnya bagi ibu hamil agar janin yang dikandung terhindar dari cacat bawaan. Secara umum manfaat vitamin B9 bagi kesehatan termasuk pencegahan gangguan jantung, stroke, dan kanker. Secara fungsi, asam folat membantu membangun jaringan otot, peningkatan jumlah sel, pembentukan hemoglobin dan membantu gangguan mental dan emosional.

Advertisement

Vitamin B9 atau asam folat termasuk dalam kelompok vitamin larut air. Tubuh manusia mampu menyiapkan vitamin penting ini, dan setelah itu akan disimpan dalam hati. Dalam Kebutuhan sehari-hari tubuh manusia vitamin ini disimpan, dan jumlah yang berlebihan akan dikeluarkan dari tubuh melalui ekskresi.

Gejala Defisiensi vitamin B9

Gejala kekurangan vitamin B9 termasuk anemia, kehilangan ingatan, pertumbuhan otak dan saraf yang terbatas, paranoia, lemah lesu, kulit pecah-pecah dan lidah sakit. Selain yang disebutkan di atas, kekurangan Vitamin B9 juga dapat menyebabkan masalah berat seperti jantung berdebar-debar, cacat lahir, osteoporosis, kanker usus dan leukopenia. Selain itu, infertilitas dan sterilitas juga dilaporkan pada pasien yang kekurangan vitamin ini.

Sumber Alami vitamin B9

Dalam rangka untuk diet kaya vitamin B9 atau asam folat, salah satunya harus mencakup makanan seperti hati dan ginjal. Sumber besar lain dari vitamin ini adalah sayuran berdaun hijau, keju dan jamur. Kacang-kacangan, ragi dan bunga kol adalah juga di antara sumber-sumber lain yang kaya vitamin B9. Jeruk, pisang, kacang polong, beras merah dan lentil juga masuk dalam daftar makanan mengandung vitamin B9.

Manfaat vitamin B9 (Asam Folat) bagi Kesehatan

Sudah jelas bahwa Vitamin B9 adalah harta yang bermanfaat bagi tubuh manusia, dan merupakan sumber besar untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini adalah manfaat vitamin B9 untuk kesehatan secara rinci:

Lihat juga :   Olahraga terbaik untuk ibu hamil

Jantung:

Vitamin B9 adalah komponen penting untuk meningkatkan kerja jantung manusia. Vitamin ini melakukannya dengan cara menghilangkan homosistein, yang merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung pada tahap awal. Dia mengontrol tingkat pengendapan kolesterol di jantung manusia, dan dengan demikian memastikan bahwa jantung manusia akan terhindar dari berbagai gangguan. Baca Juga: Manfaat Kolin bagi kehamilan

Stroke:

Selain menyebabkan serangan jantung, homosistein juga bertanggung jawab sebagai penyebab stroke, yaitu yang merupakan salah satu gangguan otak yang mematikan. Selain itu, sejumlah besar homosistein dalam tubuh juga dapat menyebabkan melemahnya tulang, dan dengan demikian kemungkinan juga meningkatkan mudah patah tulang. Vitamin B9, seperti yang disebutkan sebelumnya, membantu dalam mengendalikan jumlah bahan kimia ini dalam tubuh, dan dengan demikian akan mengurangi resiko stroke.

Kanker:

Vitamin B9 telah dianggap sebagai komponen penting untuk mengurangi terjadinya kanker dalam tubuh manusia. Kemungkinan kanker dalam berbagai bentuk seperti kanker serviks, kanker usus besar dan kanker paru-paru. Jadi kenapa vitamin ini seringkali dianjurkan oleh dokter untuk menyertakan dalam jumlah yang cukup dalam diet sehari-hari.

Kehamilan dan Cacat lahir/bawaan:

Vitamin B9 adalah sumber daya yang handal untuk membatasi kerusakan selama kehamilan dan kelahiran. Sudah menjadi topik yang umum bahwa wanita hamil yang kekurangan vitamin ini dalam diet tidak akanĀ  mampu melahirkan anak yang sehat. Selain itu, cacat bawaan yang seringkali disebabkan oleh kekurangan vitamin B9 adalah cacat tabung saraf( penyebab keterbelakangan mental). Kesimpulannya, vitamin B9 atau asam folat adalah termasuk nutrisi penting bagi kehamilan.

Membangun Otot:

Vitamin B9 dianggap juga sebagai komponen yang berguna untuk membangun otot, karena membantu pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan otot.

Lihat juga :   Tips merawat Gigi selama Kehamilan

Pembaharuan sel:

Vitamin B9 merupakan senyawa yang efektif dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin ini juga sebagai kontributor yang signifikan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel kulit pada tubuh manusia. Sel-sel yang ditemukan pada lapisan usus kecil juga dibangun dari vitamin ini. Vitamin B9 juga bertanggung jawab untuk pembaruan sel tubuh.

Koenzim:

Vitamin B9 dianggap sebagai koenzim, yang secara efektif bekerja berhubungan dengan enzim untuk melakukan kegiatan yang paling diinginkan seperti pembentukan DNA.

Formasi Hemoglobin:

Vitamin B9 bertanggung jawab untuk meningkatkan tingkat hemoglobin dalam tubuh manusia. Hemoglobin adalah komponen penting, yang membantu suplai oksigen keseluruh tubuh, dan dengan demikian vitamin B9 dipertimbangkan sebagai kontributor serius untuk pembentukan hemoglobin.

Gangguan Mental dan Emosional:

Vitamin B9 sangat membantu dalam mengobati ketidakmampuan mental dan emosional. Sebagai contoh sangat membantu dalam pengobatan kecemasan dan depresi, yaitu masalah kesehatan mental yang umum.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *