Manfaat Yoga Bagi Wanita Selama Kehamilannya

Manfaat yoga bagi ibu hamilKetika seorang wanita sedang hamil, maka terjadi perubahan fisik dan emosional yang cukup drastis. Pada kebanyakan wanita, stres dan panik adalah hal yang paling umum terjadi terutama ketika kehamilan pertama.

Advertisement

Kondisi seperti ini tentu sangat tidak baik dampaknya bagi perkembangan janin. Nah, salah satu cara yang efektif untuk mengatasinya adalah dengan melakukan latihan yoga kehamilan. Latihan yoga banyak memberikan manfaat, tak hanya untuk kesehatan fisik dan kestabilan emosi ibu hamil, juga janin yang dikandung.

Berikut ini manfaat latihan yoga yang dilakukan selama masa kehamilan:

Relaksasi

Pada saat melakukan latihan, fikiran dan tubuh akan dilatih agar bisa menjadi lebih santai dan fokus pada kesehatan diri ibu dan janin. Hal ini akan mengurangi stres pada ibu, serta akan merasa lebih tenang dalam membangun hubungan dengan janin. Relaksasi adalah hal yang wajib didapatkan wanita selama kehamilannya untuk menghindari stress yang dapat berdampak buruk pada ibu dan janin.

Mengurangi rasa sakit dan pegal saat hamil

Gerakan peregangan lembut yang dilakukan dalam yoga akan membantu mengurangi rasa sakit dan pegal yang kebanyakan dialami oleh ibu hamil. Ketika kehamilan semakin besar, biasanya akan terasa nyeri saat dibuat berjalan. Dengan latihan yoga, keluhan-keluhan seperti itu akan dapat dikurangi .Dengan rasa letih dan pegal, maka ibu bisa kurang aktif sehingga hal ini justru dapat meningkatkan berat badan yang tidak diinginkan selama hamil.

Menjaga kualitas tidur

Tak sedikit ibu hamil yang mengeluh sulit tidur, atau mengalami gangguan tidur (insomnia). Juga tak jarang ibu hamil merasakan badan sakit semua serta lelah setelah bangun dari tidur. Melakukan latihan yoga dapat mengatasi masalah-masalah tersebut . Dengan latihan pernapasan dan gerakan yang membuat tubuh lebih rileks dalam yoga, maka akan menciptakan ketenangan dan kualitas tidur yang baik. Ibu hamil khususnya sangat membutuhkan istirahat cukupĀ  khususnya tidur, karena dengan kualitas tidur yang baik maka fitalitas dan pertumbuhan janin akan terjaga dengan baik.

Lihat juga :   Pentingnya Nutrisi bagi kecerdasan otak Bayi

Memperkuat otot

Yoga adalah jenis latihan ringan yang dapat memperkuat otot . Karena pada ibu hamil terjadi perubahan hormon, maka tubuh ibu hamil secara alami akan menjadi lebih fleksibel. Dengan demikian sebaiknya ibu hamil harus berhati-hati, yaitu untuk menghindari ketegangan otot. Salah satu cara untuk menghindari otot tegang pada ibu hamil adalah dengan berlatih yoga .

Ketegangan otot bisa memicu beragam kondisi yang tidak menyenangkan, sehingga dampaknya akan membuat ibu hamil menjadi lesu dan kurang bersemangat dalam merawat kehamilannya.

Memudahkan proses kelahiran normal

Saat melahirkan dengan cara normal , ibu diharuskan untuk dapat mengatur napas dengan baik. Jika pengaturan nafas tidak baik, maka dapatĀ  menghambat proses kelahiran. Dengan melakukan latihan yoga secara teratur, maka ibu yang melahirkan normal sudah terlatih dalam mengatur nafas dan lebih santai saat menjalani proses persalinan .

Siapa sih yang tidak ingin saat proses kelahiran bayinya nanti lancar, cepat dan mudah, serta terhindar dari bedah cesar yang membutuhkan biaya banyak. Senam Yoga adalah salah satu solusi yang bisa mengusahakan kemudahan saat melahirkan nanti.

Yoga bagi ibu hamil memang banyak memberikan manfaat secara menyeluruh bagi janin dan ibu. Namun latihan yoga selama kehamilan haruslah berada di bawah pengawasan pelatih yoga yang profesional. Selain itu juga harus berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan, dan mendapat persetujuannya, mengingat kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *