Mengapa serat sangat penting bagi kesehatan tubuh kita?

manfaat kacang-kacanganAsupan serat yang cukup dalam diet kita akan mempromosikan peningkatan kesehatan yang baik. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk memperoleh asupan serat harian yang sehat untuk wanita adalah 20g,  dan 26g untuk pria. Serat adalah bagian dari makanan nabati yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Ada dua jenis serat, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Dan kedua jenis serat ini semuanya penting untuk kesehatan yang optimal.

Advertisement

Serat larut; serat ini akan larut dalam air dan menjadi bergetah atau kental. Ini adalah jenis serat yang mempromosikan ekskresi zat lemak seperti kolesterol, serta membantu untuk mengatur penggunaan gula dalam tubuh.

Serat tidak larut tidak; jenis serat ini sesuai dengan namanya, yaitu tidak larut dalam air, tetapi bersifat melembutkan tinja. Dengan demikian, jenis serat tidak larut bermanfaat mempromosikan keteraturan gerak peristaltik atau pergerakan usus.

kesimpulannya, Asupan serat yang cukup memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Baca juga : Manfaat serat bagi tubuh

Berikut ini adalah beberapa hal mengapa serat sangatlah penting bagi tubuh kita :

Meningkatkan kesehatan fungsi usus

Serat meningkatkan berat tinja dan membuatnya menjadi lembut, dengan demikian bisa melewati saluran pencernaan dengan mudah, sehingga mengurangi segala masalah kesulitan buang air besar. Dengan demikian hal ini akan membantu  menjaga kesehatan usus dan mencegah sembelit . Selain itu, serat larut bermanfaat mengurangi waktu transit sisa makanan yang melalui saluran pencernaan, sehingga hal ini mengurangi waktu zat berbahaya dalam sisa makanan kontak dengan dinding usus.

Membantu mengontrol kadar gula darah

Serat larut akan memperlambat pelepasan gula dari makanan yang dicerna ke dalam aliran darah, sehingga mencegah peningkatan kadar gula darah yang cepat. Hal ini bisa membantu orang dengan diabetes tipe 2 yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Lihat juga :   Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin D

Menurunkan kadar kolesterol

Serat larut bisa membantu untuk menurunkan total kadar kolesterol total, terutama kolesterol LDL atau kolesterol buruk yang berbahaya. Serat hadir membantu asam empedu yang terbuat dari kolesterol untuk melewati usus sebagai kotoran. Dengan demikian, tubuh akan kurang dalam menyerap kolesterol .

Membantu dalam manajemen berat badan

Makanan berserat tinggi biasanya lebih banyak membutuhkan untuk dikunyah. Hal ini bisa memperlambat Anda makan, sehingga cenderung makan lebih sedikit. Selain itu serat juga membantu merasa kenyang untuk jangka waktu yang lama.

Mengkonsumsilah berbagai makanan yang tinggi serat. Akan tetapi jika diet Anda biasanya rendah serat, jangan mengkonsumsi serat dalam jumlah banyak secara tiba-tiba, melainkan secara bertahap dan dilatih secara pelan-pelan. Sebab jika secara mendadak makan banyak serat, akan menyebabkan perut kembung dan gas.

Makanan kaya serat

Makanan yang mengandung tinggi serat larut:

  1. Oats, barley
  2. Kacang polong, kacang-kacangan, lentil
  3. Buah seperti apel, jeruk dan pir
  4. Wortel

Makanan yang tinggi serat larut:

  1. Beras merah, gandum, bekatul gandum
  2. Bijian dan kacang-kacangan
  3. Berbagai jenis sayuran termasuk sayuran yang berdaun hijau, kubis dan tomat
  4. suplemen serat

Namun suplemen Serat tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti serat dari makanan yang secara alami tinggi serat.

dengan demikian, kita masih harus makan lebih banyak serat alami yang ditemukan dalam biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Selain itu, makanan yang secara alami tinggi serat umumnya juga mengandung banyak nutrisi lain termasuk antioksidan dan senyawa biologis aktif lainnya, yang bisa memberikan perlindungan lebih terhadap penyakit kronis. Baca juga : Makanan tinggi serat

Tips untuk memasukkan buah dan sayuran lebih banyak dalam makanan :

  1. Makan buah 2 – 3 jam setelah/sebelum makan, atau sebagai camilan
  2. Tambahkan buah untuk sereal gandum Anda
  3. Makan buah dengan kulitnya, karena serat lebih banyak terdapat pada kulit buah
  4. Sertakan sayuran dalam diet Anda
  5. Menambahkan lebih banyak sayuran dalam makanan
  6. Berbelanja berbagai jenis buah dan sayuran untuk memberikan asupan serat yang cukup bagi semua anggota keluarga
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *