Tentang Makanan dan Sayuran organik – FAQ

Tentang Makanan dan Sayuran organik - FAQMakanan atau sayuran organik saat ini mungkin sudah terdengar populer. Namun mungkin Anda masih belum banyak tahu tentang apa dan bagaimana makanan organik. Disini akan kita coba untuk membahas tentang makanan organik secara lengkap, agar sedikit bisa mengetahui lebih banyak tentang makanan organik. Dengan demikian diharapkan tidak ada salah presepsi tentang makanan organik dalam beberapa hal.

Advertisement

Berikut Tentang Makanan dan Sayuran organik – FAQ

 

Apakah makanan organik itu ?

Makanan organikadalah makanan yang disiapkan sesuai dengan tandard yang ditetapkan oleh badan sertifikasi organik. Pada dasarnya, makanan organik adalah makanan yang disiapkan dan diproses tanpa menggunakan bahan kimia. Yaitu mulai dari produksi pangan organik tidak menggunakanan pupuk kimia, pestisida kimia, pengawet kimia, dll

Menurut USDA,  produk makanan berkategori organik dibagi menjadi:

  1. 100% organik: Harus 100 persen dihasilkan dari bahan organik.
  2. Organik: Harus mengandung setidaknya 95% bahan-bahan organik.
  3. Terbuat dari bahan-bahan organik: Harus mengandung setidaknya 70% bahan-bahan organik.
  4. Memiliki beberapa bahan organik: Bisa mengandung kurang dari 70% bahan organik.

Apakah makanan organik baik untuk kesehatan?

Umumnya orang percaya bahwa makanan organik itu lebih baik bagi kesehatan, daripada makanan konvensional. Namun, USDA dan FDA jelas menyatakan bahwa makanan konvensional juga sesehat makanan organik. Penelitian ilmiah juga belum dapat membuktikan bahwa makanan organik lebih sehat daripada makanan konvensional. Pengecualian adalah produk susu organik dan tomat organik. Studi tentang susu organik dan tomat organik telah menunjukkan bahwa lebih sehat daripada susu dan tomat nonorganik .

Apakah rasa makanan organik lebih enak?

Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa makanan organik lebih enak daripada makanan non organik. Namun, kebanyakan orang sangat merasa jika makanan organik rasanya jauh lebih baik daripada makanan yang non organik.

Dari mana saya bisa membeli makanan organik?

Beberapa cara untuk membeli makanan organik bisa dilakukan, sbb:

  • Langsung membeli dari sebuah pertanian organik
  • Dari Pasar makanan organik lokal
  • Toko makanan alami dan organik
  • Toko makanan kesehatan
  • Toko konvensional yang juga ada stok makanan organik
Lihat juga :   Manfaat Buah Alpokat untuk kesehatan

Bagaimana saya tahu jika itu adalah organik?

Makanan organik bisa diidentifikasi oleh logo organik pada paket. Perusahaan, petani, produsen dan pemasok, yang mengikuti semua aturan yang ditetapkan oleh badan sertifikasi bisa menempatkan logo dari badan sertifikasi pada item makanan produk mereka.

Apakah standar makanan organik sama untuk semua produk makanan?

Tidak, karena cara produksi dan pengolahan berbeda untuk item makanan yang berbeda, standarnya pun juga berbeda. Misalnya, standar untuk produksi madu organik berbeda dari standar untuk produksi susu organik atau produksi minyak kelapa organik.

Apakah standar makanan organik  sama di semua negara?

Tidak, standar makanan organik bervariasi dari daerah ke daerah. Beberapa negara mungkin secara bersama-sama mengikuti seperangkat Kostum kode yang Seragam, misalnya sekitar 18 negara telah mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh International Olive Oil Council, yaitu untuk produksi minyak zaitun organik. Namun, ada beberapa negara seperti Amerika Serikat, yang memiliki standar sendiri untuk produksi minyak zaitun organik.

Haruskah saya mencari kata organik pada item makanan?

Ya, Anda harus mencari kata Organik, namun juga memastikan logo dari badan sertifikasi.

Dapatkah seseorang menjual makanan non organik mengklaim bahwa itu adalah makanan organik?

Adalah ilegal menjual makanan non organik dengan label organik. Oleh karena itu Anda harus selalu memeriksa logo dari badan sertifikasi benar dan harus membeli makanan organik yang memiliki label yang otentik.

Apakah harga makanan organik lebih mahal dari makanan konvensional?

Ya, makanan organik biasanya lebih mahal 20-30 persen dari makanan non organik.

Mengapa makanan organik lebih mahal?

Produksi pangan organik pada umumnya produksinya ditangani secara lebih intentsive oleh banyak tenaga kerja, serta penggunaan pupuk organik dan pestisida organik yang mahal. Biaya produksi makanan organik tentu lebih mahal.

Lihat juga :   Kandungan Gizi dan manfaat Jamur untuk kesehatan

Apakah makanan organik sama dengan makanan alami?

Tidak, makanan organik mengacu pada makanan disiapkan tanpa menggunakan bahan kimia. Makanan alami mengacu pada makanan yang diproses dengan minimal.

Dapatkah saya menghasilkan sendiri makanan organik di kebun saya?

Ya, Anda dapat menghasilkan makanan organik di kebun Anda sendiri. Berkebun organik adalah hobi yang sudah sangat umum bagi banyak orang.

Apakah saya perlu mengambil izin untuk memproduksi makanan organik?

Tidak, Anda tidak perlu meminta izin untuk memproduksi makanan organik. Anda dapat menghasilkan makanan organik dan memakannya sendiri tanpa izin. Namun, jika Anda berniat untuk menjual makanan organik ini, maka Anda harus mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh badan sertifikasi dan mendapatkan persetujuan untuk menggunakan logo resmi.

Apakah makanan organik aman untuk anak-anak?

Banyak orang tua percaya bahwa makanan organik aman bagi anak-anak, karena tidak mengandung pestisida dan pupuk kimia. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan ini.

Apakah makanan organik mengandung lebih banyak nutrisi?

Sejauh ini, penelitian ilmiah telah membuktikan mengenai hal ini hanya pada produk susu organik dan tomat organik. Susu organikmengandung omega3 lebh banyak, CLA, vitamin dan antioksidan daripada susu non-organik. Tomat organik juga mengandung lebih banyak antioksidan daripada tomat nonorganik.

Apakah produksi pangan organik juga memperhatikan kesehatan hewan?

Ya, kesehatan hewan merupakan aspek penting dari produksi makanan organik. Hewan yang dibesarkan melalui cara-cara organik harus dipelihara di tempat terbuka untuk jumlah waktu tertentu. Ada pedoman perawatan umum untuk hewan.

Apakah makanan organik dijamin bebas pestisida dan residu dari pupuk?

Produksi makanan organik tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Namun, pestisida bio dan pupuk bio bisa digunakandalam memproduksi makanan organik. Residu dari pestisida bio dan pupuk bio mungkin juga ada dalam makanan organik.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *