Tips cara agar cepat sembuh dari sakit flu yang membandel

tips cara agar segera sembuh dari flu membandelMeskipun tak membahayakan, influenza biasa umumnya sangat mengganggu aktifitas dan pergaulan. Badan demam, hidung tersumbat, batuk, tulang terasa sakit-sakit, tubuh lemah, adalah gejala flu yang sangat mengganggu aktifitas. Influenza adalah penyakit akibat virus, yang akan lebih mudah masuk den bartahan lama akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh. Tergantung dari kondisi daya tahan tubuh, flu bahkan bisa bertahan hingga 3 minggu. Obata-obata flu pada umumnya hanya bersifat untuk membantu meringankan gejala, bukan menyembuhkan. Jalan satu-satunya adalah dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh kita, supaya sakit flu segera enyah. Dengan demikian, melakukan beberapa hal bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar flu segera pergi jauh-jauh.

Advertisement

Berikut tips alami utnuk membantu agar segera pulih dari sakit influenza:

 

Tetap terhidrasi.

Cukup mendapatkan cairan adalah kunci pertama agar bisa cepat pulih dari flu,  karena hal ini membantu membilas seluruh racun dalam tubuh yang menghambat energi dan kinerja organ tubuh. Minumlah banyak air mineral yang terjamin higienis, sayuran berkuah sehat, teh hijau dll.

Baca juga:

  • tentang manfaat minum teh hijau, disini
  • tentang manfaat minum air cukup bagi kesehatan, disini

Makan dengan teratur

Upayakan utnuk tetap makan teratur dengan diet sehat mengkonsumsi banyak sayuran, terutama yang tinggi vitamin C serta vitamin dan mineral penting lain. Vitamin C, terutama adalah antioksidan yang akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Baca juga manfaat vitamin C, disini

Minum jahe segar hangat

Jahe adalah rempah yang mengandung sifat anti inflamasi, dan yang dapat membantu Anda untuk menghilangkan sakit otot akibat flu. Caranya cukup mudah, parut jahe segar setelah dikupas,  kemudian diperas airnya untuk ditambahkan kedalam minuman hangat.

Lihat juga :   Khasiat Kunyit Untuk Menurunkan Asam Lambung Tinggi

Baca juga tentang khasiat manfaat jahe bagi kesehatan, disini

Lada

Jika Anda tak masalah mengkonsumsi lada, cukup hanya taburkan pada makanan Anda, atau lada bubuk ditambahkan kedalam minuman jahe hangat anda. Lada mengandung Capsaicin, yang akan membantu untuk merangsang dan membersihkan lendir dari hidung, untuk mengurangi hidung tersumbat. Ladai juga mengandung sifat antibakteri, yang dapat membantu melawan infeksi sinus kronis. Jika Anda juga tidak masalah dengan cabe, Anda bisa menambahkannya pada makanan. Cabe sama dengan lada, bahkan kandungan capsaicin pada cabe lebih tinggi.

Baca juga tentang khasiat manfaat merica bagi kesehatan, disini

Jinten hitam

Menurut penelitian, jinten hitam dapat meningkatkan produksi interferon. Interferon adalah protein yang akan merespon terhadap an caman penyakit lebih lebih awal. Dengan demikian, interferon akan menghalangi virus, bakteri,  dan parasit menginfeksi tubuh. Khasiat jinten hitam yang terkenal adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kini banyak tersedia ditoko herbal  yang sudah dalam bentuk ekstrak dan minyak.

Makanan fermentasi

Tape adalah Makanan alami yang difermentasi, sehingga akan menambahkan probiotik untuk tubuh yang penting untuk revitalisasi sistem kekebalan tubuh Anda. Yoghur adalah makanan lain yang mengandung probiotik, dan bisa Anda tambahkan juga.

Istirahat cukup

Salah satu cara untuk memulihkan kembali kondisi tubuh adalah mendapatkan tidur yang cukup. Istirahatlah yang cukup, terutama pada malam hari selama Anda mengobati influenza. Jika Anda sulit tidur, beberapa ramuan alami yang bisa membuat rileks tubuh bisa Anda ambil.

Panaskan dengan panci kecil,  2 cangkir susu almond organik, yang ditambah dengan masing-masing  ¼ hingga 1/2 sendok teh: kayu manis, pala, kapulaga, ketumbar, dan madu secukupnya. Setelah itu, Anda hanya tinggal menghirup uapnya saja.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Tips cara agar cepat sembuh dari sakit flu yang membandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *