Tips Cara dan Gaya Hidup Sehat

Tips Cara dan Gaya Hidup SehatMemelihara fisik dan mental yang seimbang adalah cara yang ideal untuk menjalani gaya hidup sehat. Hal ini (tentu saja), lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, dan ada banyak sekali hal-hal yang harus dilakukan. bagaimana Cara Anda berpikir, apa yang Anda makan, di mana Anda bekerja, di mana Anda tinggal, apa yang Anda lakukan, bagaimana situasi keuangan Anda, siapa yang Anda kenal, dan sebagainya.

Advertisement

Anda butuh disiplin dan motivasi diri untuk menjalankan kegiatan harian yang masuk akal. Anda harus menemukan apa yang baik untuk Anda dan apa yang tidak. Anda harus menerima bahwa hal-hal tertentu tidak bisa Anda lakukan, dan Anda tidak perlu untuk melakukannya. Anda juga perlu memahami bahwa menjalankan gaya hidup sehat merupakan proses yang berkelanjutan dan seumur hidup.  Hidup adalah upaya yang berkelanjutan, proses yang berkelanjutan. Pikirkan bahwa diri Anda adalah sebagai sebuah karya seni yang masih dalam proses pengerjaan.

Berikut ini beberapa tips cara dan gaya hidup sehat

1 .Lakukan sesuai dengan porsinya

Semuanya harus dilakukan dengan cara yang teratur sesuai dengan porsinya masing-masing, seperti makan, bekerja, beristirahat, bermain, melakukan kegiatan hobi, bersosialisasi, dan sebagainya.

2 .Manfaatkan waktu dengan baik

Anda harus tahu bagaimana Anda menghabiskan hari-hari Anda, sehingga Anda dapat menjadwal ulang waktu Anda, berkonsentrasi pada tugas-tugas penting, mengurangi hal yang tidak penting, dan dengan kemungkinan stres akan berkurang .

3 .Melakukan sesuatu sesuai kemampuan

Jangan melakukan pekerjaan atau tanggung jawab pribadi melebihi kemampuan Anda.

4 .Melakukan hal yang disukai

Lakukan saja apa yang Anda cintai. Uang biasanya akan mengikuti.

5 .Hidup sederhana

Cobalah untuk tidak terlalu materialistis, dan menjalani hidup dengan cara yang sederhana. Mengapa membeli mobil jika Anda masih bisa memanfaatkan angkutan umum ?,  Mengapa memiliki telepon seluler padahal Anda tidak benar-benar membutuhkannya ?, Mengapa perlu untuk meng-upgrade software terbaru, padahal yang lama masih mampu bekerja dengan baik?

Lihat juga :   Manfaat jogging bagi kesehatan

6 .Membayar hutang

Membayar semua tagihan secara teratur dan tepat waktu. Jangan berhutang, jika Anda tidak yakin dapat memenuhi tagihan bulanannya.

7 .Tidur cukup

Anda harus tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Tidur siang sebentar jika mungkin, merupakan ide yang baik untuk menyegarkan otak Anda.

8 . Mengendalikan pikiran.

Apa yang Anda pikirkan dan bagaimana cara Anda berpikir, akan mempengaruhi kebahagiaan umum pada diri Anda. Tolak hal hal negatif yang berusaha mempengaruh fikiran anda. Ini memang membutuhkan latihan, namun manfaatnya akan besar bagi kesehatan mental.

9 . Memupuk sisi spiritual.

Lakukan apa yang telah diperintahkan oleh kepercayaan Anda, untuk mendapatkan ketenangan jiwa.

10 . Mencari kenyamanan diri setiap hari.

Lakukan hal yang positif, jauhi gaya hidup tak sehat, seperti alk*hol, nark*ba. Agar bisa merasakan kenyamanan, tidak harus diperoleh dengan cara yang tidak sehat.

11 . Makan dengan baik dan sehat.

Belajarlah untuk memasak dengan baik, Cobalah resep baru, buatlah makanan yang menarik dan menyenangkan.

12 . Berolahraga secara teratur.

Lakukan Yoga atau olahraga teratur. Alihkan mata Anda secara teratur, terutama jika Anda banyak menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Lakukan tugas-tugas  disekitar lingkungan Anda, berjalan-jalan atau bersepeda di sekitar lingkungan tinggal . Lebih baik Sering menggunakan tangga, daripada menggunakan lift .

13 . Rutin check – up medis.

Jika Anda ada masalah kesehatan, berkonsultasilah dengan dokter, dan mendiskusikan pilihan yang tersedia untuk Anda. Atau cari info kesehatan Anda dimana Anda bisa, internet, majalah atau buku.

14 .Membuat taman

Jika Anda memiliki cukup ruang, buatlah sebuah taman. Berkebun adalah bentuk latihan yang besar, dan tanaman yang tumbuh akan menghibur membawa keindahan,  memberikan kepuasan jiwa. Jika Anda tidakmemiliki cukup ruang,  Anda bisa menanam bunga didalam pot.

Lihat juga :   Makanan yang baik untuk darah rendah

15 . Menjalankan kehidupan sosial yang baik.

Menaruh minat pada orang lain,  dan membantu tanpa mengharapkan imbalan apa pun bila memungkinkan.

16 .Jujur

Bersikaplah jujur, beretika, sopan, dan tulus. Jangan menyanjung siapa pun,  kecuali Anda memang bersungguh-sungguh dan tidak berbohong .

17 . Bacalah buku-buku, majalah, surat kabar.

Menyadari apa yang terjadi di sekitar Anda, secara lokal, nasional, dan internasional . Cobalah untuk belajar,  setidaknya satu hal baru setiap hari.

18 .Jangan selalu serius

Jangan terlalu serius, belajarlah untuk menertawakan diri sendiri. Carilah waktu luang, dimana Anda bisa bergurau dengan rekan disela kesibukan. Mencairkan ketegangan perlu untuk menghindari stres berlebihan.

19 . Jangan melibatkan diri dalam sebuah gosip yang negatif.

Gosip yang buruk akan merusak fikiran Anda. Sifat-sifat iri, dengki akan mudah tertanam didalam hati melalui bergosip. Lebih baik memikirkan atau membicarakan hal lain yang bermanfaat dan membawa berkah.

20 .Sadari apa yang Anda lakukan

Perhatikanlah hal tertentu yang Anda lakukan, dan usahakan untuk dapat melakukannya dengan baik.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *