Akibat jika tubuh kekurangan kalium

Advertisement

pisangpisangSeperti kita ketahui, kalium merupakan salah satu elektrolit yang paling penting dalam tubuh. Kalium bermanfaat penting untuk menjalankan seluru peran dan fungsi tubuh manusia dalam kehidupan  sehari hari. . Kalium bersifat basa dan merupakan 5% dari kandungan mineral total tubuh Anda. Kalium mudah diserap, tapi hampir 90% nya akan dibuang melalui ginjal. Namun ini Ini juga penting untuk mengeluarkan limbah atau racun dari dalam tubuh.

Sebab dan akibat dari tubuh yang kekurangan kalium

Ketika Kalium bekerja dengan natrium, Kalium akan mengatur air dan keseimbangan asam-basa dalam sel-sel tubuh. Karena pentingnya kalium, kekurangan kalium dapat menyebabkan masalah dalam tubuh, yaitu dapat menyebabkan gejala seperti:

  • Kelelahan
  • Kulit kering
  • Kelemahan otot
  • Refleks yang lambat

Jika gejala-gejala kekurangan kalium diatas diabaikan, kekurangan kalium akan berlanjut menyebabkan masalah pada jantung.

Alasan kalium dalam tubuh menjadi berkurang

Dalam tubuh yang sehat, tubuh  secara alami akan menyeimbangkan kadar kalium. Namun, penyakit-penyakit yang mempengaruhi ginjal dan hati dapat menguras kadar kalium tubuh melalui buang air kecil yang berlebihan. Kehilangan cairan yang berlebihan, seperti halnya  diare atau muntah, juga dapat menguras kadar kalium dalam tubuh.

Menurut beberapa ilmuwan, kalium memiliki kemampuan untuk memompa sodium keluar dari sel tubuh, dan akan mengurangi cairan tubuh. Mendapatkan asupan sodium yang tinggi sering dianggap atas tingginya rasio natrium-kalium,  dan sebagai penyebab tekanan darah tinggi. Ini lebih cenderung bisa menjadi indikasi kekurangan  mineral dalam tubuh seperti kalsium dan magnesium. Dehidrasi yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan menipisnya kalium dalam tubuh.

Kalium juga akan hilang dari tubuh jika berlebihan mendapatkan natrium , dan kekurangan akan magnesium juga dapat menyebabkan penurunan kalium.

Pengaruh kekurangan Kalium

Penyimpangan fungsi hati  umumnya dianggap sebagai tanda klasik dari kekurangan kalium. Magnesium dan kalium  sangat penting bagi berfungsinya seluruh sistem kardiovaskular, dan hal ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke. Rasio natrium > kalium tinggi dalam tubuh juga bisa menjadi indikasi akibat keracunan logam. Mineral seperti tembaga, kadmium, merkuri, nikel dan aluminium akan meningkatkan kadar natrium,  sehingga kalium akan menekan peningkatan ini, akibatnya rasio natrium> kalium.

Stres dapat menyebabkan peningkatan natrium dalam tubuh. Hormon-hormon adrenal memproduksi aldosteron dan kortisol, yang merupakan dua hormon utama yang mengatur natrium dan kadar kalium. Perbandingan Natrium-kalium dapat digunakan  sebagai indikator kasar sekresi aldosteron dalam kaitannya dengan kortisol. Dan keseimbangan ini sangat penting untuk kesehatan yang lebih optimal. Ketika tubuh Anda menjadi lelah, adrenal dan tiroid akan menurunkan aktivitas kelenjar, ini menyebabkan respon stres akut yang juga menyebabkan perbandingan  natrium-kalium yang tinggi.

Sumber Kalium

Sebagian besar makanan yang kita makan sebenarnya mengandung kalium, jadi bukan suatu alasan jika tubuh kita kekurangan kalium. Sumber terbaik kalium adalah dari buah-buahan dan sayuran segar. Pilihan terbaik antara lain adalah: kentang, jeruk, wortel, kubis, dan bawang . Sumber kalium terbesar lainnya adalah biji-bijian, seperti  kacang-kacangan, gandum, salmon, sarden, bawang putih dan peterseli. Dan makanan paling tinggi kalium adalah buah pisang.

Advertisement