Amankah susu kedelai untuk ibu hamil?

 susu kedelai murniMakanan yang sehat adalah makanan yang sanggup memastikan jika tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang tepat, dan ini sangat penting terutama bagi wanita yang sedang hamil. Wanita hamil terutama harus mendapatkan kalsium dan protein setiap hari untuk kesehatan yang optimal. Sementara itu susu sapi adalah sumber kalsium dan protein, namun beberapa wanita ada yang tidak dapat mengkonsumsi produk susu dan kemudian beralih minum susu kedelai. Susu kedelai sendiri juga baik dan bernutrisi, dan bahkan banyak produk yang telah diperkaya dengan vitamin dan mineral agar memiliki manfaat yang sama  bagi wanita hamil seperti halnya susu sapi.

Advertisement

Berikut tentang kegunaan, manfaat, nutrisi dan efek samping yang mungkin ada jika terlalu sering minum susu kedelai / produk kedelai bagi wanita hamil

Kegunaan minum susu kedelai

Minum susu kedelai adalah baikuntuk mendapatkan protein, serat dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh, terutama bagi wanita yang sedang hamil. Soy Foods Association of North America(SFANA) menyatakan, bahwa susu kedelai adalah pilihan makanan yang sangat baik bagi wanita hamil,  karena susu kedelai tinggi protein namun lebih rendah kolesterol, lemak jenuh dan kalori dibandingkan sumber protein dari hewani.

Vitamin dan Mineral selama hamil

Menurut SFANA, minum susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium selama kehamilan akan membantu perkembangan tulang dan gigi bayi. Minum susu kedelai selama kehamilan dapat memberikan manfaat untuk pertumbuhan bayi, yaitu dengan vitamin dan mineral yang dapat mencegah berat badan lahir rendah serta kelahiran prematur. Zinc dalam susu kedelai akan mendorong pertumbuhan jaringan janin dan mengatur insulin Ibu dan kadar enzim pada janin.

Manfaat susu kedelai

SFANA mengklaim bahwa minum susu kedelai yang tepat saat hamil akan membantu menjaga berat badan dan menjaga kadar kolesterol yang rendah. Mengkonsumsi susu kedelai saat hamil juga akan membantu mencegah diabetes gestational, karena susu kedelai akan mengontrol kadar glukosa darah dalam tubuh. Pilihlah susu kedelai yang diperkaya dengan vitamin D, kalsium dan zat besi untuk membantu tubuh mendapatkan nutrisi penting yang Anda butuhkan selama kehamilan.

Lihat juga :   Apakah pepaya tidak boleh dimakan oleh ibu hamil?

Pertimbangan

Mengutip studi yang diterbitkan Mayo Clinic,  yang mengklaim bahwa sejumlah besar produk kedelai, termasuk susu kedelai pada saat kehamilan, mungkin akan menimbulkan efek negatif jangka panjang. Dalam Studi ini ditemukan bahwa anak-anak laki-laki yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi banyak produk kedelai selama kehamilan lebih mungkin untuk menderita cacat lahir yang disebut hipospadia, yang menyebabkan meatus uretra, yaitu lubang yang dilewati urin, yang terbentuk pada bagian bawah kelamin bayi laki-laki. Baca juga: Makanan yang harus dihindari saat hamil

Menurut Ahli

Menurut Mayo clinic, Susu kedelai dianggap sangat aman dikonsumsi pada saat hamil. Studi jangka panjang yang mencari efek samping dari mengkonsumsi kedelai dalam jumlah banyak masih belum selesai, sehingga para ahli tetap menyarankan untuk minum susu kedelai yang dijadwal/diatur atau dibatasi  ketika sedang hamil.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *