Cara alami mengobati alergi

Cara alami mengobati alergiAlergi disebabkan oleh hipersensitivitas tipe reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh berada dalam kontak dengan alergen tertentu, antibodi IgE meningkat hiperaktivitas sel darah putih (leukosit), yang menyebabkan reaksi alergi dan respon inflamasi. Respon inflamasi termasuk gatal-gatal, demam, asma dan eksim sebagai reaksi terhadap makanan atau serangga sengatan. Namun, reaksi alergi juga dapat terjadi sebagai respon terhadap sesuatu yang tidak berbahaya. – Lihat lebih lanjut di:

Advertisement

Penyebab dan Gejala Alergi

Alergi disebabkan oleh banyak faktor seperti makanan, obat-obatan, gigitan serangga, bulu hewan peliharaan, dan alergen lainnya. Selama reaksi alergi, perubahan biokimia utama adalah pelepasan histamin dalam aliran darah yang mempengaruhi mata, hidung, kulit, tenggorokan, dan saluran gastrointestinal (GI).

Gejala umum yang disebabkan oleh alergi adalah gatal-gatal, ruam, hidung meler, mengi, bersin, dan gatal pada mata. Alergi jangan dibiarkan dan harus segera diobati karena jika tidak bisa berpotensi memicu kondisi serius yang disebut anafilaksis. Orang yang mengalami anafilaksis akan mengalami kesulitan menelan, sesak napas, pusing, dan peradangan pada bibir, lidah, tenggorokan, serta saluran pencernaan. Bahkan terkadang anafilaksis dapat menyebabkan hilangnya kesadaran

Berbagai pilihan pengobatan yang ada untuk mengatasi alergi seperti pemberian  anti-histamin, steroid, dan lain-lain. Selain obat tersebut, ada juga solusi alami yang efektif untuk mengatasi alergi. Agar pengobatan alergi menjadi efektif, alergen harus diidentifikasi, utntuk menghindari paparan lebih lanjut. Misalnya, orang dengan alergi kacang maka disarankan untuk tidak makan kacang untuk menghindari terjadi alergi.

Berikut adalah beberapa bahan obat tradisional untuk menghilangkan reaksi alergi:

1. Madu

Salah satu solusi alami yang paling efektif untuk pengobatan alergi adalah dengan minum madu. Madu terdiri dari serbuk sari dan bahan lain yang efektif. Madu lokal dianjurkan karena mengandung sari tanaman yang akan menghambat reaksi alergi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Lihat juga :   Manfaat Temulawak

2. Quercetin

Quercetin merupakan zat antioksidan yang dapat ditemukan dalam makanan seperti buah apel, buah berry, bawang, dan teh hitam. Quercetin membantu memblokir pembentukan histamin sehingga akan mengurangi gejala alergi.

3. Antihistamin alami

Vitamin C adalah antihistamin yang alami. Tingkatkan asupan vitamin C yang bisa didapat dari makanan untuk membantu mengobati alergi. Obat antihistamin juga bisa digunakan untuk memperkuat efek dari antihistamin alami.

4. Antioksidan alami

Antioksidan alami bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Beberapa buah-buahan dan sayuran yang direkomendasikan untuk mengobati alergi seperti ekstrak biji anggur, pisang, apel, tomat, wortel, dan bawang.

5. Berkumur dengan air garam

Obat alami yang efektif untuk mengobati tenggorokan bengkak akibat alergi adalah berkumur menggunakan larutan air garam hangat. Selain itu, garam semprot hidung juga membantu untuk menghilangkan serbuk atau alergen lain yang berada di hidung untuk mengurangi reaksi alergi.

6. Omega 3

Omega-3 memiliki kemampuan untuk menghambat peradangan yang disebabkan oleh bahan kimia pemicu reaksi alergi. Makanan sumber omega-3 biji-bijian dan minyak ikan atau ikan berlemak.

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung antihistamin alami yang akan membantu untuk meredakan alergi. Anda bisa meminum 1-2 cangkir teh hijau setiap hari untuk menyingkirkan alergi.

8. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat yang dapat membantu mengobati gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi. Cuka apel bisa dimasukkan kedalam makanan atau diencerkan dengan air dan dioleskan pada daerah tubuh yang terkena alergi. Cuka apel juga akan membantu dalam menyingkirkan bakteri dan kuman.

9. Jahe

Jahe adalah bahan alami untuk mengatasi alergi yang efektif seperti madu. Jahe adalah merupakan antihistamin dan dekongestan alami. ½ iris jahe bisa diencerkan bersama kedalam teh dan madu untuk mengobati dan mencegah alergi.

Lihat juga :   Manfaat Buah Mengkudu

10. Bawang putih

Bawang putih mengandung sifat antivirus,  sehingga dianggap sebagai salah satu obat yang juga efektif untuk menghilangkan alergi. Bawang putih mentah lebih efektif daripada yang telah dimasak. Anda bisa  mengkonsumsi 3 atau 4 siung bawang putih yang dicampur dengan madu setiap hari untuk mencegah alergi.

11. Pepermin

Peppermint akan bertindak sebagai dekongestan alami untuk membantu mengurangi gejala infeksi virus dan alergi. Teh peppermint juga dapat membantu untuk mengurangi masalah sinus dan membantu menyingkirkan batuk.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *