Gejala tubuh kekurangan vitamin C

Gejala tubuh kekurangan vitamin CVitamin C adalah salah satu elemen yang paling penting untuk dipenuhi dalam diet sehari hari. Vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, dan merupakan komponen esensial. Kita perlu Vitamin C untuk membantu pertumbuhan sel yang baik, mempromosikan fungsi sistem peredaran darah, menjaga kulit, tulang, dan pada umumnya berguna untuk membantu tubuh kita dalam mengembangkan sistem pertahanan tubuh. Kekurangan vitamin C adalah masalah yang serius, dan harus segera diketahui agar bisa lebih dini untuk ditangani dengan makanan alami atau suplemen yang mengandung vitamin C.

Advertisement

Banyak ahli medis setuju bahwa kekurangan vitamin C cukup jarang terjadi di sebagian besar masyarakat modern. Susu formula dan sumber makanan lain sudah banyak yang diperkaya dengan vitamin C untuk mencegah bentuk dari kekurangan nutrisi penting ini.

Gejala tubuh ketika kekurangan Vitamin C

Berbagai gejala akan menunjukkan jika individu menderita kekurangan vitamin C. Berikut ini adalah beberapa tanda jika tubuh sedang kekurangan vitamin C:

Kelelahan atau mudah capek

Gejala awal seseorang yang kekurangan vitamin C  adalah cenderung mudah lelah dan mengalami penurunan energi. Karena kelelahan kronis adalah gejala yang bisa ditimbulkan dari banyak penyakit lain, jadi sulit untuk memastikan jika kondisi tertentu adalah karena gejala kekurangan vitamin C.

Perubahan suasana hati

Individu dengan kekurangan vitamin C bisa  menjadi mudah marah atau mengalami penurunan suasana hati dengan cepat.

Penurunan berat badan mendadak

Seseorang yang sedang kekurangan vitamin C mungkin saja akan mengalami penurunan berat badan secara mendadak.

Nyeri otot

Nyeri kronis pada tungkai atau persendian bisa menjadi gejala dari kekurangan vitamin C.

Mudah memar

Individu dengan kekurangan vitamin C akan cenderung lebih mudah memar. Memar berlebihan adalah tanda bahwa tanda kimia dalam tubuh perlu untuk meningkatkan vitamin C.

Lihat juga :   Tips Alami Mengatasi masalah sembelit / Konstipasi

Kondisi Gigi dan Gusi

Dosis harian vitamin C yang sehat akan berkontribusi bagi kesehatan gigi dan gusi, dan jika kekurangan dapat menyebabkan kerusakan pada gusi. Masalah periodontal adalah gejala dari kekurangan vitamin C yang dibiarkan berkembang sampai ke tingkat yang berbahaya. Dalam kehidupan sekarang ini,  kondisi seperti itu sudah jarang terjadi.

Rambut dan Kulit kering

Perubahan pada kondisi rambut dan kulit juga bisa menandakan bahwa tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin C serta vitamin  dan mineral penting lainnya.

Mudah Infeksi

Ketika seseorang sedang tidak mendapat cukup vitamin C yang cukup lama,  maka juga dapat berdampak negatif pada penyembuhan luka karena akan mudah terkena infeksi. Kekurangan vitamin C pada umumnya, sistem kekebalan tubuh akan terganggu.

Pengobatan kekurangan vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat diobati dengan suplemen vitamin. Namun sangat penting untuk mencari bantuan pengobatan kepada ahli medis profesional, daripada mengobati diri sendiri dengan obat-obatan alami. Suplemen vitamin C pada umumnya tidak diketahui memiliki efek samping, namun pada tingkat konsumsi yang sangat tingg dapat menyebabkan mual serta gangguan pencernaan. Jika mengalami salah satu dari gejala negatif kekurangan vitamin C di atas, maka harus berkonsultasi kepada dokter. Hal ini untuk mengetahui secara pasti penyebab secara pasti dari kekurangan vitamin C, apakah karena kurangnya asupan nutrisi atau karena sebab lain.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *