Kegiatan Terbaik dan Mendidik bagi Anak di Akhir Pekan

Kegiatan akhir pekan yang baik untuk anakSebagai pasangan yang sudah memiliki anak yang mulai beranjak dewasa, datangnya akhir pekan atau hari minggu bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Iya kalau dulu sebelum punya anak, atau anak Anda masih bayi ~ Anda masih dengan mudah dan bebasnya menentukan kegiatan yang Anda sukai. Namun ketika Anak Anda sudah besar, segalanya akan berubah karena ada sikecil yang juga mulai punya pendapat dan keinginan. Sebagai orang tua Anda tak boleh egois tentunya, karena ada sikecil yang ingin sekali butuh kegiatan diakhir pekan yang sesuai dengan jiwa mereka.

Advertisement

Menentukan kegiatan akhir pekan yang bisasanya mudah dan sederhana kini mulai berubah menjadi sedikit rumit. Anak Anda menginginkan dan membutuhkan kegiatan yang mereka sukai, namun disisi lain Anda juga perlu memilih kegiatan yang sekaligus cocok dan bagus bagi perkembangan anak-anak. Kegiatan akhir pekan penting lho bagi anak-anak?… Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk penyegaran otak sikecil yang sudah mulai beraktifitas rutin di bangku sekolahan plus kalau perlu semakin bikin tambah bugar fisik mereka dan mendapat nilai tambah sebuah pengalaman baru.

Berikut aktifitas akhir pekan yang bagus dan bermanfaat bagi Anak-anak, baik bagi mental dan fisik mereka:

Jalan-jalan pagi

Sejak masih berusia dini manusia sudah perlu beraktifitas untuk menjaga kekuatan fisik mereka. Manusia adalah makhluk yang didesain untuk aktif secara fisik, jadi hal-hal positif yang melibatkan gerak sangat mereka butuhkan. Jalan-jalan dipagi hari adalah pengenalan pertama yang baik untuk sekecil untuk beraktifitas. Namun tentu saja bagi anak-anak, mereka membutuhkan hal yang sekaligus akan terasa asyik bagi mereka. Untuk mengajak anak-anak jalan-jalan pagi, tentu saja Anda harus menemukan tempat yang aman bagi mereka, misalnya taman kota, lingkungan perumahan yang sepi, dll. Momen khusus dihari minggu seperi car free day bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama anak dalam rangka jalan-jalan pagi.

Baca juga : Gizi yang penting untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak

Berenang atau bermain air

Seolah-olah dimanapun, yang namnaya anak akan senang ketika bermain air… Mungkin air bagi mereka adalah hal yang menyenangkan, karena sifatnya yang lembut dan dingin. Ngomong-ngomong, mengajak anak-anak pergi kekolam renang bisa menjadi hal yang sangat mereka harapkan. Ada banyak manfaat berenang bagi anak-anak…. selain asyik bagi anak-anak, bermain di air membutuhkan aktifitas fisik yang akan menyehatkan fisik anak-anak. Selain itu, membiasakan anak dengan banyak air dikolam renang akan mencegah “phobia air” ketika mereka sudah dewasa. Tentu saja tidak hanya berkenalan dengan air, tetapi juga belajar berenang yang baik dengan instruktur renang demi keamanan.

Lihat juga :   Manfaat AA dan DHA - Makanan kaya AA dan DHA

Nonton Bersama

Anak-anak rata-rata sangat menyukai dongeng, dimanapun diseluruh dunia. Entah kenapa bisa demikian… Ya, mungkin mereka secara naluri butuh wawasan yang disampaikan oleh orang tuanya. Nah dongeng adalah media yang hebat untuk mendidik anak diusia dini. Lalu apakah anda bisa mendongeng untuk mereka di akhir pekan?….. Kalau anda bukanlah orang yang bisa mendongeng, nonton film seperti film kartun adalah solusinya ~ yang tentu saja ada anda disamping mereka.   Cerita dalam alur sebuah film bisa sangat cepat menginspirasi anak Anda plus menghibur mereka, sehingga Anak anda akan merasa asyik, terhibur, dan nggak rewel. Namun tentu saja anda harus bisa memilihkan film kartun yang memiliki muatan pendidikan yang baik bagi anak-anak.

Kalau perlu sekali-kali diakhir pekan kalau ada tayang film untuk anak-anak, ajaklah mereka untuk nonton bareng bersama anda. Mungkin anda sebagai orang dewasa kurang suka dengan ceritanya, tapi kalau bagus untuk anak dan menyenangkan bagi mereka, maka tunjukkanlah juga ekspresi ketertarikan anda terhadap film tersebut.

Wisata kuliner bareng

Yang namanya anak dimanapun rata-rata akan sangat senang kalau diajak makan diluar. Maksudnya makan di rumah makan yang menyediakan menu menarik dan tentu saja sehat, bukan dilapangan 😀 . Nggak harus dirumah makan mahal, karena saat ini sudah banyak bertebaran rumah makan sederhana namun tetap menarik dan sehat bagi Anda dan keluarga.

Mengunjungi kebun binatang

Mengajak anak mengunjungi bonbin memang sebuah kegiatan yang klasik dan sudah biasa dilakukan sejak dulu. Ya, karena yang namanya anak-anak dari dulu hingga kini tetap sama saja, yaitu menyukai melihat hal-hal yang baru. Kalau dirumah, anak hanya bisa melihat ayam, kalau nggak gitu kucing atau bebek 😀 , kalau dibonbin mereka akan tahu lebih banyak fauna lainnya, misalnya macan, burung merak, jerapah, dll. Kalau di Malang, saya sangat suka mengajak anak-anak ke Jatim Park 1 untuk melihat aneka fauna dan flora, atau langsung datang ke taman safari.

Lihat juga :   Gula atau makanan manis menyebabkan anak hiperaktif?

Mengunjungi museum

Jika Anda tinggal di kota besar,  kemungkinan Anda dekat dengan museum ilmu pengetahuan. Anak memiliki sisi keingintahuan yang tinggi, maka ajaklah anak weekend untuk  menjelajahi berbagai etalase mulai dari kehidupan laut ,  astrologi dan segala macam dalam musium sain. Selain akan menambah wawasan baru bagi anak, juga anak akan mendapatkan aktifitas fisik yang mereka butuhkan untuk kesehatan fisik mereka.

Mengunjungi pertandingan olahraga

Memang tak semua anak suka olah raga, namun sepertinya tak sedikit anak yang suka. Anak anda mungkin salah satunya anak yang menyukai olahraga, maka ketahui bakat anak sejak dini. Mangajak menonton pertandingan olahraga sangat bagus untuk anak anda apabila mereka juga suka dengan jenis olahraga yang dilombakan tersebut.

Mengajak anak ke area bermain anak

Bermain adalah dunia anak, jadi saya yakin anak anda juga sangat menyukai roler coaster, papan seluncur, kuda-kudaan, dll. Jadi jangan sampai anda melupakan kesukaan semua Anak  yang satu ini, yang bisa anda agendakan untuk weekend ini.

Berkemah

Berkemah atau camping adalah cara mengajarkan anak untuk bersatu dengan alam. Kegiatan seperti membangun tenda dan api unggun adalah sangat menyenangkan, bagi anda dan anak-anak pada umumnya. Sambil menghangatkan tubuh disekitar api unggun, mendongenglah sebuah kisah untuk anak Anda, pasti mereka akan suka dan terhibur. Tentu saja anda harus mengambil lokasi camping/camping ground yang disarankan untuk anak-anak dan ada pengawasan yang baik dari penyedia lokasi. Kalau tidak ke camping ground, di taman belakang rumah anda juga oke bagi mereka.

Lain-lain

Bersepeda bersama, mendaki bukit, touring ke pantai, adalah hal baik lainnya bersama anak yang bisa anda lakukan disaat weekend.

 

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *