Makanan yang bagus untuk perkembangan otak anak

Makanan sehat balitaAnak-anak harus belajar hal-hal baru setiap hari, mulai dari kegiatan kelas, olahraga ekstrakulkuler dan masih begitu banyak hal lain yang harus difikirkan. Sementara itu anak juga pasti diharapkan oleh orang tuanya unggul untuk di segala bidang. Begitu banyak tekanan pada otak sikecil ini, jadi orang tua harus membangun kekuatannya otaknya, dengan jalan memilih makanan yang tepat untuk dia.

Advertisement

Para ahli gizi telah meneliti dan menemukan daftar makanan yang sangat baik untuk perkembangan otak anak. Makanan ini menyediakan banyak nutrisi yang dibutuhkan, dan penting untuk pertumbuhan anak Makanan ini dapat mempengaruhi keterampilan kognitif dan perkembangan otak secara keseluruhan. Sarapan sangat penting, terutama untuk anak yang akan berangkat kesekolah.

Sarapan yang Ideal akan memberikan protein dan karbohidrat kompleks, yang membantu menjaga menyediakan tingkat energi yang baik untuk anak. Hal ini juga akan meningkatkan keterampilan motorik anak.

Berikut 10 makanan yang sangat baik untuk perkembangan otak anak-anak Anda :

Telur

Kolin adalah zat dalam telur yang sangat penting untuk membangun sel-sel memori di dalam otak kita. Jadi masak beberapa telur orak-arik untuk anak Anda untuk setiap sarapan pagi anak.

Yogurt

Yogurt penuh lemak yang dapat membuat membran sel otak menjadi fleksibel. Hal ini akan membantu otak untuk mengirim dan menerima informasi lebih cepat.

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang kaya akan serat, sehingga akan dicerna lebih perlahan. Hal ini akan memberikan anak-anak energi yang sangat penting pada tahun-tahun pertumbuhannya.

Ikan

Ikan berlemak merupakan sumber vitamin D dan omega- 3 yang melindungi otak dari penurunan kognitif dan memori . Ikan Sarden, salmon dan tuna adalah ikan yang kaya akan senyawa ini .

Lihat juga :   Makanan sehat untuk anak-anak usia sekolah

Stroberi dan Blueberry

Stroberi dan Blueberry adalah contoh buah berair yang tinggi antioksidan. Buah-buahan ini telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Antioksidan yang dikandung buah ini juga memiliki efek jangka panjang pada fungsi otak.

Susu

Susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik, mengandung vitamin D dan fosfor. Kecuali anak memiliki intoleransi laktosa, susu harus dimasukkan kedalam daftar teratas makanan untuk anak.

Apel dan Plum

Apel dan Plum adalah dua macam buah yang mengandung quercetin, yaitu antioksidan yang bermanfaat untuk memerangi penurunan kognitif .

Kacang

Kacang adalah makanan yang dikemas dengan protein, asam lemak esensial dan mineral. Kacang-kacangan akan membantu meningkatkan memori, serta menjaga sistem saraf “bahagia” pada otak.

Kunyit

Kunyit memiliki substansi yang disebut dengan curcumin, yang akan membuat otak tumbuh. Kurkumin dari kunyit juga berguna untuk melawan peradangan dan pembentukan plak blok Alzheimer. Kunyit yang dicampur madu, adalah monuman suplemen tradisional yang seringkali disarankan oleh orang-orang tua dulu untuk menjaga kesehatan anak.

Daging

Daging segar sangat penting untuk membantu pertumbuhan otak dan memori, serta juga baik untuk membangun kekuatan tulang Anak. Namun yang perlu diingat adalah, daging harus segar, bebas dari zat-zat pengawet yang memiliki efek samping yang tidak baik.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *