Makanan Yang baik untuk Menurunkan Darah Tinggi

semangkaTekanan darah tinggi atau hipertensi banyak dianggap oleh kalangan medis sebagai penyakit yang diam-diam namun mematikan. Karena penyakit hipertensi umumnya tidak banyak menunjukkan gejala yang sangat terasa, sampai secara tiba-tiba terjadi serangan fatal. Pada umumnya darah tinggi berhubungan dengan Kondisi kardiovaskuler, seperti gangguan jantung dan stroke. Berhati-hatilah, lakukan antisipasi dengan menjalankan gaya hidup yang sehat, seperti menjaga diet tetap sehat dan berolahraga.

Advertisement

Penyakit darah tinggi yang sudah terjadi, salah satu tindakan yang harus kita lakukan adalah membatasi makanan tertentu yang berpotensi membuat keadaan semakin parah, seperti makan makanan yang tinggi garam dsb.Untuk membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi, kita juga bisa  mengkonsumsi secara teratur beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi:

Bawang putih

Bawang putih termasuk dalam daftar makanan terbaik bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan kardiovaskular dengan menjaga kelenturan pembuluh darah, sehingga bebas dari resiko pengerasan arteri. Pada akhirnya akan membuat darah mengalir lancar, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menghindari serangan jantung.

Kismis

Kismis atau buah anggur yang dikeringkan diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Studi Louisville Metabolic and Atherosclerosis Research Center menunjukkan bahwa ngemil kismis sebanyak tiga kali sehari bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini juga diyakini karena kismis kaya akan kandungan kalium, zat antioksidan, serat, polifenol, dan asam fenolat.

Buah Kiwi

Penelitian yang dipresentasikan di pertemuan American Heart Association mengatakan bahwa mengkonsumsi buah kiwi setiap hari bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Hal ini karena kiwi mengandung lutein, yang memiliki efek antioksidan yang dapat berperan untuk menurunkan tekanan darah sistolik.

Lihat juga :   Makanan yang banyak mengandung Glutamin

Pisang

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Hypertension tahun 2005 menemukan efek yang menurunkan tekanan darah dari makanan yang kaya kandungan kalium. Dalam hal ini, buah pisang adalah merupakan makanan sumber kalium tinggi. Studi lanjutan yang dilakukan terhadap efek penurunan tekanan darah tinggi semakin diperkuat dengan diketemukannya manfaat pisang yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Semangka

Semangka yang segar dan lezat ternyata mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, likopen, vitamin A, dan kalium. Studi Florida State University menunjukkan bahwa semangka juga mengandung asam amino L-citrulline/L-arginine, yang memberi efek menurunkan tekanan darah tinggi.

Kentang

Presentasi dari hasil studi dalam pertemuan American Chemical Society tahun lalu menunjukkan bahwa kentang ungu memiliki efek yang sama baiknya dengan oatmeal dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara memberikan kentang ungu selama sebulan kepada partisipan tanpa mengupas kulitnya.

Produk kedelai

Konsumsi produk kedelai seperti kacang kedelai, tahu, miso, edamame, tempe, dan susu kedelai, dikaitkan dengan efek penurunan tekanan darah tinggi. Hasil Studi yang dipresentasikan di pertemuan tahunan American College of Cardiology mengemukakan bahwa kandungan isoflavon dalam kedelai berperan penting dalam penurunan tekanan darah sistolik.

Dark chocholate

Presentasi hasil studi yang dipublikasikan di jurnal BMC Medicines menunjukkan bahwa, kandungan flavanol dalam cokelat memberikan efek terhadap pelebaran pembuluh darah. Dengan semakin lebarnya pembuluh darah, maka darah akan mengalir tanpa hambatan, dan pada gilirannya akan menurunkan tekanan darah. Coklat yang baik adalah mengandung 65% kakao, dan tanpa banyak tambahan gula. Dark chocholate yang pahit ternyata baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *