Makanan yang menguatkan jantung dan Paru-paru

alpukatJantung dan paru-paru adalah komponen utama dari sistem kardiorespirasi, yang bertanggung jawab penting untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Latihan kardiovaskular, seperti berlari atau bersepeda, bisa membantu untuk memperkuat organ-organ vital, serta nutrisi yang tepat juga dapat meningkatkan kesehatan dari sistem kardiorespirasi Anda. Baca juga: Olahraga yang menyehatkan jantung.

Advertisement

Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru akan menurunkan risiko dari berbagai kondisi serta meningkatkan kemampuan kita untuk melakukan latihan dan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari.

Berikut makanan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung dan paru-paru agar tetap sehat dan optimal

Nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung

Menurut American Heart Association, asam lemak omega-3 lemak dan lemak tak jenuh ganda lainnya akan membantu untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat. Ketidak-seimbangan kadar kolesterol dapat menyebabkan beberapa bentuk penyakit jantung, yaitu karena tersumbatnya pembuluh arteri yang disebabkan oleh pengerasan dinding-dinding arteri. Lemak tak jenuh tunggal juga bermanfaat, serta Vitamin E, kalsium, kalium dan selenium semuanya terkait dengan kesehatan kardiovaskular yang berguna mempertahankan irama jantung yang tepat,  dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Alpukat dan almond

Alpukat dan almond merupakan sumber yang kaya lemak menguntungkan yang akan meningkatkan kesehatan jantung. Jenis ikan tertentu, seperti salmon dan sarden, juga tinggi asam lemak omega-3. Buah segar akan memasok jantung Anda dengan kalsium dan kalium, yang diperlukan untuk mempertahankan irama detak jantung agar normal. Demi jantung sehat, Hindari makanan yang tinggi  natrium  seperti garam, pergunakan rempah-rempah segar untuk membumbui makanan Anda.

Nutrisi yang diperlukan Paru-paru agar sehat

Antioksidan bekerja untuk membersihkan racun dari dalam tubuh, seperti vitamin C, E dan beta karoten, dapat membantu untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Nutrisi yang berperan sebagai zat anti-inflamasi, seperti omega-3 asam lemak dan flavonoid, juga penting bagi kesehatan paru-paru. Sebuah studi yang diterbitkan pada  “American Journal of Epidemiology,” menemukan bahwa mineral seperti magnesium, kalium dan natrium akan meningkatkan volume paru-paru dan aliran oksigen.

Lihat juga :   Manfaat Vitamin E (Tocopherol)

Makanan-makanan yang Bermanfaat bagi Paru-paru

Buah-buahan segar mengandung antioksidan yang diperlukan untuk memperkuat paru-paru. Ikan, seperti tuna dan halibut, juga menawarkan magnesium dan asam lemak omega 3. tanaman Herbal dengan fungsi anti-inflamasi, seperti mint, juga dapat digunakan untuk meningkatkan saluran udara dan meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan, terutama jika anda sedang mengalami penyakit pernapasan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *