Makanan yang menyehatkan Paru paru

Advertisement

Disini Ada beberapa makanan sehat dan bergizi, terutama yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru, memastikan sistem pernapasan berfungsi dengan baik, dan juga untuk membantu mengurangi risiko penyakit paru-paru. Makanan yang sehat untuk paru-paru  sebenarnya tidaklah  sulit untuk kita temukan,  dan harganyapun tidaklah mahal.

Berikut ini beberapa makanan bergizi, terutama sehat untuk paru-paru:

1. Apel dan tomat

Apel dan tomat berpotensi besar untuk melindungi paru-paru Anda dari polutan atau asap r*kok atau racun dari udara lainnya. Kedua makanan ini mengandung tinggi antioksidan serta nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi paru-paru, mengurangi mengi, dan membantu bagi penderita asma agar dapat bernapas dengan lebih mudah. Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi secara rutin. Ini khususnya akan membantu mendapatkan paru-paru yang sehat, serta untuk kesehatan secara umum.

2. Buah jeruk

Vitamin C yang ditemukan dalam buah dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang dapat memicu penyakit pneumonia. Buah-buahan seperti jeruk, lemon dan limau secara alami sebagai agen anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan jaringan paru-paru seperti asma. Vitamin C juga akan meningkatkan kesehatan paru-paru, serta dapat mengurangi risiko penyakit paru obstruktif kronik pada para per*kok.

3. Buah berri

Jenis berry seperti blackberri, blueberry dan stroberry mengandung senyawa resveratrol fitokimia yang kuat, yang secara alami sebagai zat anti-inflamasi, anti pembekuan darah, meningkatkan memori, meningkatkan metabolisme lemak dan dapat menghambat kanker paru-paru akibat radikal bebas. Menurut Paul Gross PhD,  dalam “Super Fruit”, mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga sebesar 20%. Buah berri juga tinggi anthocyanin, yang dapat membantu mengurangi kanker paru-paru dan menjaga saluran pencernaan.

4. Sereal dan biji-bijian

Sereal, biji-bijian, roti, dan produk lain yang tinggi serat berpotensi memiliki kemampuan untuk menjaga paru-paru agar sehat.

5. Ikan Berlemak

Ikan yang kaya asam lemak omega-3 , yaitu jenis  ikan berlemak, seperti salmon, tuna, sarden dan makarel, mengandung jumlah tinggi omega-3 , yaitu lemak sehat harus diperoleh tubuh dari makanan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Nutrition pada tahun 2002, omega-3 yang berasal dari minyak ikan kemungkinan berdampak positif untuk kesehatan paru-paru pada anak-anak yang memiliki asma. Dalam beberapa kasus, asupan omega-3 telah memungkinkan individu dengan radang paru-paru kronis akan membutuhkan obat anti inflamasi dalam jumlah yang lebih kecil .

Advertisement