Manfaat Cukup Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat air putihMungkin kita seringkali mendengar seseorang yang memberikan nasehat agar kita minum air putih yang cukup untuk menjaga  tubuh agar sehat dan bugar. Air  benar-benar penting, yaitu terutama untuk menjaga agar tubuh terhidrasi dengan baik sepanjang waktu. Direkomendasikan untuk orang dewasa rata-rata harus mendapatkan air putih  6-8 gelas sehari, dan bukan hanya setelah merasa haus, atau bukan minum air setiap jam. Jika Anda tidak mendapat minum air putih yang cukup maka Anda akan rentan terhadap dehidrasi , yang diketahui dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, sembelit, kulit kering dan masih banyak masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu kita selalu disarankan agar cukup minum air putih untuk agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Baca juga : Manfaat rajin Minum air putih dipagi hari

Advertisement

Berikut Manfaat Air putih bagi kesehatan yang jarang disadari orang

Air Membantu menjaga Berat Badan

Minum air putih yang benar dapat membantu mengurangi berat badan berlebih. Air bekerja sebagai pembersih kotoran atau racun dan bersama sisa hasil lemak. Air juga dapat menyebabkan rasa kenyang, sehingga akan mengurangi keinginan untuk makan lagi dan lagi. Air tidak mengandung kalori, yang berarti Anda dapat mengganti minuman bersoda dengan air putih, dan hasilnya Anda pasti akan mengalami penurunan berat badan.

Manfaat Cukup Minum Air Putih

Minum Air putih cukup akan menyehatkan Kulit

Jika Anda mencari cara agar kulit menjadi sehat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah minum lebih banyak air putih, dimana ini akan membantu kulit awet muda, sehat, lembut dan kenyal. Air akan membantu menjaga jaringan kulit agar selalu dalam kondisi  pada  kelembaban alaminya serta akan meningkatkan elastisitas kulit Anda.

Air putih Menghilangkan Kelelahan

Setiap kali Anda merasa lelah,  minumlah air putih dan segera rasakan tubuh yang akan merasa segar seketika.

Air memiliki peran besar untuk membersihkan semua racun berbahaya dan limbah yang dihasilkan dalam tubuh kita. Bila ada kekurangan jumlah air dalam tubuh, maka organ-organ lain akan bekerja lebih keras lagi untuk menyelesaikan tugasnya, terutama jantung yang akan memompa darah lebih keras . Ginjal juga akan bekerja ekstra keras tanpa air yang cukup, dan ini bisa membahayakan kesehatan Anda.

Lihat juga :   Manfaat Teh Hijau

Mengusir Sakit kepala

Penyebab utama sakit kepala adalah dehidrasi, dan yang hanya bisa diselesaikan dengan minum air putih lebih banyak.

Air Membuat Anda Lebih Bahagia

Ya, air yang benar-benar dapat mempengaruhi suasana hati Anda, dan air juga akan meningkatkan energi Anda. Dan setiap kali tubuh Anda telah menjalankan fungsinya dengan baik, maka pesan itu akan dikirim dari otak, dan itu yang akan membuat hari Anda menjadi bahagia.

Menjaga sistem Pencernaan

Air membantu sistem pencernaan dengan jalan meningkatkan fungsi saluran pencernaan, dimana ini penting untuk kinerja sistem pencernaan yang lebih baik. Minum air lebih banyak juga dapat mencegah sembelit,  dan bahkan membantu mengubah makanan menjadi partikel yang lebih sederhana bagi tubuh agar lebih mudah dicerna.

Air Mengurangi Risiko Kanker

Ya, minum lebih banyak air pasti dapat membantu tubuh Anda agar kuat terhadap resiko  kanker. Telah dibuktikan bahwa jika minum air putih cukup dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker usus besar dan kanker kandung kemih,  karena air  akan menghancurkan unsur-unsur yang dapat menyebabkan kanker.

Mengatur Suhu Tubuh Dengan Air

Jika tubuh cukup air berarti suhu tubuh akan stabil. Menjaga suhu tubuh penting, terutama saat melakukan latihan,  dan air juga untuk bahan bakar otot selama latihan. Minum lebih banyak air dapat membantu agar tak mudah kram dan keseleo.

Air Bisa Meningkatkan Sistem kekebalan

Ketika tubuh Anda  cukup air, maka sistem kekebalan tubuh Anda juga akan meningkat, yang berarti Anda tak mudah  sakit. Dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat berarti Anda tidak lagi rentan terhadap penyakit seperti arthritis, batu ginjal, flu dan rematik.

Mengatasi bau mulut

Apakah Anda tahu bahwa minum banyak air putih dapat mengusir bau mulut tak sedap? Ya, bau mulut tersebut membuktikan jika tubuh Anda sedang membutuhkan lebih banyak air untuk menjaga gigi jauh dari kuman serta untuk menjaga lidah terhidrasi. Jadi setiap kali Anda mengalami bau mulut, untuk mengobatinya minumlah air putih lebih banyak dan berkumur.

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah kondisi ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan, bahkan bisa memicu terjadinya gagal ginjal. Bagaimana tidak menyakitkan, karena batu ginjal yang tajam ini akan menghambat keluarnya urin dan melukai saluran urin. Ginjal adalah organ tubuh penting yang berfungsi utama menyaring untuk memisahkan kotoran dari dalam darah dan dikeluarkan melalui urin. Nah, kotoran-lotoran ini bisa mengendap membentuk batu yang akhirnya bisa masuk dan menyumbat saluran urin yang disebut batu ginjal. Dengan cukup minum air, maka kotoran lebih cepat dikeluarkan tanpa perlu menumpuk terlebih dulu sehingga mencegah pembentukan batu ginjal.

Lihat juga :   Apakah Penyakit Lupus dapat Menular dan bisa diobati?

Mencegah Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah salah satu kondisi kesehatan yang paling ditakuti . Bagaimana tidak, ketika orang didiagnosa gagal ginjal maka ia harus rutin menjalani cuci darah menggunakan mesin sebagai pengganti dari fungsi ginjal yang sesungguhnya – atau yang disebut dengan dialisis. Selain kerja mesin dalam memfilter darah tentu yang tidak sebagus organ ginjal, biaya cuci darah juga tergolong sangat mahal dan harus dilakukan secara rutin agar bisa bertahan hidup.

Nah untuk menghindari kondisi yang menakutkan ini, mendapat asupan cairan yang cukup adalah penting. Hal ini karena cukup minum akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi parah, yaitu salah satu faktor penyebab gagal ginjal.

Berapa banyak minum air putih yang dikatakan cukup?

Sebagian besar ahli kesehatan merekomendasikan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari atau 2 liter. Namun angka ini hanya sebagai acuan umum saja, karena berat badan, usia, kondisi fisik dan aktifitas fisik akan mempengaruhi kebutuhan orang akan minum air. Selain itu, manusia mendapatkan supply cairan tak hanya dari air yang diminum saja, melainkan bisa dari makanan yang mengandung air seperti buah-buahan, makanan berkuah, sayuran, dsb.

Orang yang beraktifitas di luar ruangan dan banyak melibatkan fisik tentu akan lebih cepat kehilangan cairan tubuh melalui keringat, dan tentu berbeda dengan orang yang aktifitasnya didalam ruangan ber-AC dan kurang bergerak. Cara mudah mengetahui apakah tubuh kita sedang kekurangan cairan adalah melalui warna urin serta indikasi dari rasa haus. Jika air kencing berwarna kuning pekat bisa menjadi pertanda tubuh sedang butuh minum, dan jangan menunda minum air ketika sedang merasa haus.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *