Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan bahan makanan yang melimpah produksinya, sehingga mudah didapat dan murah harganya. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang tinggi, sehingga bagus untuk pembentukan sel sel tubuh baru. Itulah kenapa kacang hijau baik dikonsumsi oleh anak, karena mereka sedang dalam tahap pertumbuhan. Oleh karena itu, telah Banyak podusen makanan bayi yang memasukkan bahan dasar kacang hijau pada produk makanan bayi mereka. Selain protein, kacang hijau juga kaya akan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya untuk anak-anak, manfaat kacang hijau juga bisa dirasakan oleh berbagai kalangan usia.

Advertisement

Berikut ini kandungan nutrisi penting dan beberapa manfaat Kacang hijau untuk kesehatan:

Sumber Mineral penting

Manfaat kacang hijauKacang hijau mengandung beberapa mineral penting seperti kalium, magnesium, asam folat, seng, besi, dan fosfor. Kalium dan magnesium ini baik untuk kesehatahn pembuluh darah, sehingga dapat menyehatkan jantung. Mineral lain pada kacang hijau adalah Asam folat dan zat besi, dimana mineral ini baik terutama untuk wanita hamil yang sedang menyusui. Pada ibu hamil, nutrisi folat dan zat besi akan mencegah bayi mengalami gizi buruk dan keterlambatan pertumbuhan otak.

Kacang hijau mengandung Serat Tinggi

Serat pada Kacang hijau ada dua jenis, yaitu serat larut dan tidak larut. Serat yang tidak larut dapat membantu menjaga sistem pencernaan,  agar tetap sehat dan dapat  mengurangi masalah sembelit. Dan serat larut berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah(HDL), dan  sekaligus berguna menjaga kadar gula darah.

Kacang Hijau Sumber Vitamin C

Vitamin C juga bukan hanya bisa didapat pada jeruk dan tomat saja, karena kacang hijau juga kaya vitamin C. Vitamin C dikenal penting untuk mencegah penyakit akibat virus, karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, Vitamin C pada kacang hijau juga berguna untuk mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan, batuk dan influenza. Kecambah dari kacang hijau juga memiliki manfaat yang sama.

Lihat juga :   Tips memutihkan gigi secara alami

Kacang hijau Kaya Protein

Protein adalah nutrisi yang berguna untuk membangun tubuh. Seseorang harus mendapatkan asupan protein yang cukup dalam kesehariannya. Protein pada kacang hijau adalah protein nabati, dan hal ini berbeda dengan protein yang berasal dari hewan atau protein hewani. Karena protein hewani umumnya masih mengandung lemak jenuh. Kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati yang baik, katrena tidak mengandung lemak jenuh.

Kacang hijau Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi kacang hijau secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, selain itu juga akan meningkatkan fleksibilitas dari pembuluh arteri dan vena. Dengan demikian, kacang hijau akan sangat membantu tubuh untuk mengatur tekanan darah. Hal ini tentunya akan membuat kacang hijau berkhasiat baik untuk kesehatan jantung.

Kacang Hijau Memiliki Efek Detoksifikasi

Kacang hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu tubuh dalam proses detosifikasi. Dalam pengobatan alami yang dilakukan di China dan India, kacang hijau sering dianjurkan untuk dikonsumsi. Menurut ahli kesehatan alami disana, kacang hijau akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, dan ini akan sangat membantu untuk menyembuhkan penyakit kronis. Kacang hijau juga diketahui memiliki sifat anti inflamasi (anti radang), sehingga dapat berkhasiat untuk membantu proses penyembuhan pada luka.

Kacang hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Kacang hijau memiliki kadar kalori yang rendah, asal tak diolah menggunakan bahan lain seperti  santan dan banyak gula. Karena serat pada kacang hijau, seseorang yang mengkonsumsinya akan merasa kenyang lebih lama, efeknya keinginan untuk terus ngemil bisa berkurang. Selain itu serat juga berguna untuk melancarkan proses BAB. Dengan demikian maka Anda akan terhindar dari ngemil makanan yang berkalori tinggi dan apalagi makan-makanan berlemak.

Lihat juga :   Kandungan Gizi dan manfaat Ganyong untuk Kesehatan

Kacang hijau memiliki rasa yang gurih dan lezat karena kandungan proteinnya yang tinggi. Sehingga tak sulit untuk mengolah kacang hijau. Kacang hijau untuk membuat bubur: Caranya, rendam kacang hijau setelah dicuci semalaman. Rebus 1/4 kg kacang hijau dengan air kira-kira 2,5 liter dan diaduk aduk hingga menjadi bubur. Tambahkan jahe dan gula merah secukupnya.

Kacang hijau juga bisa dibuat camilan: Caranya, cuci kacang hijau kemudian digoreng sangrai menggunakan nampan tanah liat. Atau juga bisa digoreng menggunakan wajan dengan menggunakan sedikit mentega, ditambah garam dan sedikit gula kelapa dan cabe.

Cara lain adalah mengkonsumsi kecambah kacang hijau untuk memperoleh manfaat yang sama.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Manfaat Kacang Hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *