Manfaat kalsium Bagi kesehatan tubuh

Diantara semua manfaat kalsium bagi tubuh yang penting terutama untuk menjaga kesehatan tulang, perawatan gigi, pencegah kanker usus, mengurangi obesitas, dll.  Kita membutuhkan kalsium sejak lahir hingga sampai usia tua. Pada saat masih bayi, kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang dan pertumbuhan gigi, pada saat masa remaja, kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan, sedangkan pada saat tua , kalsium dibutuhkan untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan tidak keropos, sehingga tubuh tetap memerlukan asupan kalsium yang cukup. Namun  kita seringkali  cenderung menghindari makanan yang kaya kalsium,  seperti produk susu yang banyak memenuhi kebutuhan kalsium.

Advertisement

Menurut laporan kesehatan, Kondisi kekurangan kalsium terus meningkat, khususnya pada wanita yang melakukan diet rendah kalori agar langsing seringkali mengalami osteoporosis. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi cukup kalsium, beserta dengan vitamin D, magnesium dan vitamin  K sepanjang  tahun. Kalsium tak dapat diserap tubuh tanpa vitamin D, ketahui makanan yang mengandung vitamin D

Kalsium menyumbang 2% dari total keseluruhan berat badan orang dewasa. Kalsium ditemukan dalam tubuh manusia terbesar pada tulang dan gigi . Kalsium juga terdapat dalam sistem peredaran darah, ini akan mencegah pendarahan yang bisa mengancam jiwa.

Kalsium bisa didapat dari susu, produk susu, seperti keju, dan yoghurt. Selain itu, kacang-kacangan juga menyumbang kalsium, seperti  salmon kalengan, biji-bijian merupakan sumber kalsium yang baik. Susu memang populer sebagai sumber kalsium, namun sebenarnya bukan hanya itu, karena sayuran seperti brokoli juga  dapat meningkatkan kadar kalsium yang terbaik. Ikan seperti salmon dan sarden, sayuran berdaun hijau termasuk brokoli, bayam, jus jeruk, sereal, tiram, minuman beras, kedelai, almond, kacang polong, kacang dan polong hijau juga merupakan sumber yang kaya kalsium.

Gejala kekurangan Kalsium:

Tanda tubuh kekurangan kalsium cukup mudah dirasakan, seperti ketika otot sakit dan berkedut, atau   kram dan kejang mendadak, jantung berdebar, tekanan darah tinggi, osteoporosis, gigi goyang, penyakit gusi, insomnia, kram dan arthritis juga mengindikasikan kekurangan kalsium. Seringkali banyak anak menderita rakhitis tulang, yaitu tulang  menjadi lemah dan lemas, seperti kaki bengkok, dada cekung , tanda kurang kalsium saat dalam kandungan atau saat masih balita. Dengan demikian, asupan kalsium yang  rutin sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak dan remaja,  karena secara substansial dapat mengurangi risiko osteoporosis pada saat masa usia tua. Kekurangan kalsium merupakan penyebab penyakit tulang yang umum, dan menimpa satu dari setiap tiga orang wanita,  dan satu orang dari 12 orang berusia  diatas 50 tahun.

Manfaat Kalsium bagi kesehatan tubuh

Kalsium merupakan mineral penting bagi kesehatan tulang, gusi dan gigi. Dokter seringkali  menganjurkan, khususnya wanita untuk minum suplemen kalsium. Wanita yang paling sering menunjukkan tanda-tanda awal masalah tulang, seperti osteoporosis atau osteopenia. Berikut beberapa manfaat penting kalsium bagi kesehatan tubuh kita:

Lihat juga :   Gizi yang penting untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak

Menguatkan Tulang

Kalsium akan memperkuat tulang punggung, sehingga tetap tegak diusia tua. Selain itu,  kalsium juga mengurangi risiko sakit punggung. Kalsium akan membantu untuk menjaga tulang agar selalu dalam kondisi yang baik, dan mencegah banyak masalah tulang seperti arthritis dan osteoporosis yang dapat menghambat pergerakan karena umumnya menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan.

Mencegah Obesitas

Kalsium efisien dalam membantu dan mempertahankan berat badan secara optimal pada laki-laki dan perempuan. Jika kita kekurangan kalsium, tubuh akan cenderung melepaskan hormon paratiroid, yaitu akan merangsang tulang untuk melepaskan kalsium ke dalam aliran darah, untuk menjaga keseimbangan. Di sisi lain, hormon paratiroid akan merangsang produksi lema, yang lagi-lagi bisa membuat gemuk. Jadi pastikan  mendapat asupan klsium dalam jumlah yang tepat, sehingga obesitas tidak menghinggapi Anda.

Melindungi Otot Jantung

Kalsium juga akan melindungi otot jantung. Dalam Jumlah yang cukup,  kalsium akan membantu otot jantung untuk melakukan kontraksi dan relaksasi dengan benar. Kalsium juga membantu sistem saraf untuk mempertahankan tekanan yang tepat dalam arteri. Jika ada penurunan kalsium, hormon yang disebut calcitrol akan dilepaskan, yang dapat mengkontraksi otot-otot halus pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Otot jantung membutuhkan ion kalsium ekstraseluler untuk melakukan kontraksi.

Mencegah Kanker usus Besar

Kalsium dalam jumlah yang memadai akan mengurangi risiko kanker usus besar, karena akan menekan pertumbuhan polip yang dapat menyebabkan kanker. Suplemen kalsium mengurangi risiko adenoma , yaitu sebagai tumor nonmalignant dalam usus besar. Ini sebenarnya adalah awal dari kasus kanker usus besar, namun masih belum diketahui apakah supan kalsium bisa meminimalkan risiko kanker secara penuh. Kelebihan kalsium yang tersisa  akan masuk kedalam usus besar, yaitu setelah tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan. Dalam perjalanan melalui usus besar ini,  kalsium yang tidak terserap diyakini akan mengikat penyebab kanker dan diekskresikan bersama-sama keluar dari tubuh. Penelitian telah menunjukkan bukti, bahwa makanan sumber kalsium dan suplemen kalsium akan memberikan perlindungan. Suplemen kalsium harus diperoleh tubuh dalam bentuk cair,  karena vitamin yang cair menyerap 5 kali lebih baik daripada pil.

Mencegah sindrom pra datang bulan

Kalsium dalam jumlah yang memadai akan mengurangi gejala sindrom sebelum datang bulan, seperti pusing,  suasana hati, hipertensi dan sebagainya. Rendahnya tingkat kalsium dapat memicu pelepasan hormon yang berhubungan dengan mood  pra datang bulan,  termasuk seperti lekas marah dan depresi.

Lihat juga :   Akibat jika tubuh kekurangan kalium

Mencegah Batu Ginjal

Batu Ginjal adalah penumpukan dari hasil kristalisasi kalsium dan mineral lainnya di kandung kemih. Bentuk yang paling umum dari batu ginjal adalah batu oksalat. Sebelumnya diduga bahwa asupan kalsium yang terlalu  tinggi akan menyebabkan batu ginjal, tetapi studi terbaru justru menunjukkan bahwa tingginya asupan kalsium akan mengurangi  resiko batu ginjal. Singkatnya, diet kalsium tidak menyebabkan batu ginjal, tetapi kalsium  kelebihan air yang mengakibatkan batu ginjal. Faktor-faktor lain seperti konsumsi oksalat tinggi dari sayuran seperti kale dan bayam, dan kurangnya asupan cairan yang menjadi penyebab terbesar dari batu ginjal.

Kelebihan gula dan makanan yang diawetkan akan memberikan kontribusi untuk pembentukan keasaman dalam tubuh, yang akhirnya akan menimbulkan berbagai kondisi penyakit seperti kanker, batu ginjal dan hipertensi. Kalsium membantu untuk menjaga tingkat pH yang sehat, dengan demikian meningkatkan vitalitas dan kesehatan secara keseluruhan.

Tekanan Darah

Beberapa penelitian menyatakan bahwa diet vegetarian dengan jumlah tinggi kalsium, magnesium dan kalium, dan serat akan menunjukkan penurunan tekanan darah. Diet dengan buah-buahan, sayuran, dan kalsium menunjukkan penurunan tekanan darah.

Secara keseluruhan, mengkonsumsi cukup buah dan sayuran serta kalsium akan memberikan peran penting dalam tubuh untuk mengontrol tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Kalsium akan melindungi gigi dan  menjaga tulang rahang yang kuat dan kokoh sepanjang hidup, yang akhirnya gigi akan rapat di mana bakteri tidak akan dapat berkembang . Jadi, sebelum gigi dan gusi mulai terasa tidak baik,  pastikan makan- makanan yang kaya kalsium secara teratur. Asupan kalsium harus cukup terutama dari usia anak,  agar anak dapat tumbuh dengan gigi yang kuat.

Membantu perjalanan Nutrisi

Kalsium akan membantu nutrisi agar dengan mudah dapat melintasi membran sel.

Kalsium adalah salah satu mineral yang penting, namun seringkali kita cenderung mengabaikan hal ini. Banyak anak-anak yang rewel minum susu,  sampai pada akhirnya  berhenti minum susu sama sekali. Perlu diketahu bahwa,  ketidaktahuan tentang mineral kalsium dapat menyebabkan banyak penyakit serius dalam jangka panjang. Kalsium merupakan elemen penting untuk setiap diet sehat. Jika susu atau produk susu tidak disukai, cobalah untuk  menggabungkan bahan-bahan tersebut untuk membuat resep makanan lain. Namun, saat ini hampir semua toko menyediakan suplemen kalsium, namun minum suplemen seperti ini pada kasus tertentu harus melalui konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *