Manfaat makan ikan sarden bagi kesehatan

Advertisement

manfaat makan ikan sarden bagi kesehatanIkan Sarden adalah ikan kecil, dan tergolong kedalam kelompok ikan berminyak, termasuk ke dalam keluarga ikan yang disebut Clupeidae.  Sarden umumnya dikenal sebagai ikan kaleng,  dan memang banyak dipasarkan sebagai ikan sarden kalengan. Meskipun sarden dianggap sebagai satu spesies, sebenarnya ada 21 jenis ikan yang bisa dikategorikan sebagai ikan sarden.

Manfaat ikan sarden bagi kesehatan meliputi pencegahan penyakit jantung, beberapa jenis kanker dan degenerasi makula atau kondisi yang terkait usia. Makan Ikan sarden dapat membantu untuk menguatkan tulang, membangun sistem kekebalan tubuh, resistensi insulin dan peremajaan kulit. Nutrisi yang ditemukan dalam ikan sarden bertanggung jawab atas manfaat kesehatan yang begitu besar.

Beberapa spesies dibawah sarden yang paling populer adalah sarden sardina, Sardinop, sardinella, dussumieria, dll. Ikan ini banyak ditemukan di samudera Atlantik, Samudra Pasifik dan laut Mediterania. Menurut sebuah laporan, dalam beberapa tahun terakhir, sarden merupakan yang terbesar dari panen ikan di seluruh dunia.

Sarden dengan versi kalengan telah diperkenalkan pada abad ke-18 awal di Eropa. Sarden perlahan menyebar ke Amerika,  di mana ia menjadi sangat populer pada akhir abad 19 dan awal abad ke-20. Konsep ikan kaleng menjadi populer di Amerika Serikat, banyak orang berpendapat bahwa itu sebagai salah satu cara terbaik untuk menyimpan makanan.

Fakta kandungan gizi ikan sarden

Sarden kalengan mengandung energi, protein, lipid atau lemak, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng. Vitamin dalam sarden meliputi thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, A, D, E dan vitamin K. asam lemak yang ditemukan dalam ikan sarden termasuk lemak total yang jenuh, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan kolesterol.

Asam lemak, vitamin dan mineral dapat membantu dalam pencegahan berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat ikan sarden bagi kesehatan

Kehadiran zat gizi makro dan mikro-nutrisi dalam ikan sarden yang tanpa kandungan lemak yang tinggi membuatnya sangat berguna bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan sarden:

Pencegahan penyakit jantung:

Sarden kaya Omega-3 yang membantu mencegah timbulnya penyakit jantung. Omega-3 yang ditemukan dalam ikan sarden berperan utama untuk mengendalikan penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 seperti EPA atau Eicosapentaenoic Acid dan DHA atau Docosahexaenoic Acid memecah kolesterol jahat LDL dalam tubuh dan membantu dalam mencegah penyakit jantung. Omega-3  juga dikenal untuk memecah plak pada arteri yang menghambat arteri, dan meningkatkan tekanan darah. Dengan membersihkan plak, asam lemak ini juga akan membantu mengontrol tekanan darah.

Mencegah pembekuan darah:

Gumpalan darah dalam arteri bisa berbahaya untuk sistem jantung. Asupan lemak omega-3, yang dapat ditemukan dalam ikan seperti ikan sarden, baik untuk jantung karena membantu dalam mengurangi kolesterol dan tekanan darah dan pada gilirannya akan menguntungkan kesehatan jantung .

Mengurangi risiko degenerasi makula yang terkait usia:

Degenerasi makula terkait usia(AMD) adalah suatu kondisi yang biasanya terlihat di antara orang berusia 50 atau lebih,  makula dan degenerasi retina adalah kehilangan daya penglihatan. Studi terbaru menunjukkan bahwa makan ikan, terutama ikan seperti sarden, mengurangi risiko mengembangkan AMD. Di sisi lain, makan lemak biasa atau lemak jenuh dapat meningkatkan risiko mengembangkan AMD.

Sifat anti-kanker:

Penelitian tentang Kanker telah menunjukkan bahwa asupan kalsium dan vitamin D dapat sangat membantu dalam mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker kolorektal. Dan sarden adalah salah satu sumber terbaik kalsium dan vitamin D.

Memperkuat tulang:

Seperti disebutkan, sarden adalah sumber kalsium yang baik, dan asupan kalsium teratur membantu dalam memperkuat tulang. Baik jumlah pasokan kalsium ditambah dengan olahraga dapat memperkuat tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis di masa depan.

Sistem kekebalan tubuh yang sehat:

Mengkonsumsi sarden dapat membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan sarden dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan jalan meningkatkan jumlah sel-sel kekebalan.

Kulit yang sehat:

Siapa yang tidak ingin kulit sehat dan bersinar? Lemak penting yang ditemukan dalam ikan sarden berperan penting pada tingkat sel dalam sel kulit. Ini tidak hanya mengurangi peradangan kulit, tetapi juga akan membuat kulit lebih indah.

Resistensi insulin:

Resistensi insulin merupakan salah satu faktor utama yang harus dicari dalam diabetes. Dalam kasus di mana ada resistensi insulin, insulin yang dihasilkan dalam tubuh menjadi kurang efisien digunakan. Ini pada akhirnya  berarti bahwa glukosa dalam darah lebih tinggi dari biasanya seharusnya. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa resistensi insulin dapat dikurangi dengan mengkonsumsi ikan sarden, protein yang ditemukan dalam ikan sarden telah terbukti efektif dalam mengurangi resistensi insulin, jika dibandingkan dengan protein kasein.

Zat Antioksidan:

Sarden mengandung selenium yang membantu untuk menangkal radikal bebas dan melindungi organ dari kerusakan.

Kaya protein:

Sarden adalah pemasok protein yang baik. Protein yang terdiri dari asam amino yang merupakan blok bangunan yang penting dari kehidupan. Protein yang kita makan dipecah menjadi asam amino yang digunakan oleh tubuh kita untuk membangun otot.

Peringatan keamanan

Ada hal-hal tertentu yang perlu diingat ketika makan sarden pada umumnya.

Tinggi purin:

Sarden mengandung jumlah purin yang tinggi. Purin adalah struktur dasar yang membentuk DNA dan RNA. Purin akan memecah menjadi asam urat. Tingginya kadar konsentrasi asam urat dikenal bisa membuat tekanan berat pada ginjal, yaitu ginjal harus selalu membersihkan kelebihan jumlah asam urat. Purin juga harus dihindari untuk orang yang menderita asam urat tinggi agar terhindar dari serangan gout.

Tingginya tingkat merkuri:

Pada masa belakangan ini, merkuri yang dilepaskan ke atmosfir oleh polutan dan akhirnya mengendap di perairan laut, mikroorganisme di laut dan ikan seperti sarden selalu menyerap merkuri dan konsumsi mereka dapat menyebabkan keracunan merkuri. Terutama ibu hamil, sebaiknya menghindari ikan dengan kemungkinan merkuri tinggi seperti sarden.

Reaksi alergi:

Sarden dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa organik yang dikenal sebagai amina vasoaktif seperti tyramine, serotonin, typtamine, phenylethylamine dan histamin ditemukan dalam ikan sarden. Ini dapat menyebabkan reaksi alergi seperti penyempitan otot-otot usus, peningkatan denyut jantung, sakit kepala, asma, bronkus, penyempitan pembuluh darah, peningkatan hipertensi, dll. Dalam kebanyakan kasus, konsumsi yang sangat tinggi dari senyawa yang disebutkan di atas dapat mengakibatkan gejala ini.

Advertisement