Manfaat membaca untuk bayi dalam kandungan

manfaat membaca untuk janin didalam kandunganTidak pernah adas kata terlalu dini untuk membacakan buku kepada anak. Bahkan mulai membacakan untuk anak Anda pada saat dia masih berada didalam kandunganpun akanĀ  sangat bermanfaat baginya. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat membaca untuk bayi saat dia masih berada dalam kandungan. Manfaat ini akan memberikan efek yang cukup menakjubkan pada anak Anda.

Advertisement

Apa saja manfaat membaca bagi bayi semasa berada didalam kandungan?

Berikut ini adalah bagaimana membaca kepada bayi sebelum ia dilahirkan ternyata bisa memberikan keuntungan.

Mempererat ikatan dengan ibu.

Dengan rajin membacakan kepada anak yang masih dalam kandungan bisa menimbulkan ikatan bati yang semakin kuat antara ibu dan anak. Dengan membacakan untuk bayi Anda yang masih belum lahir, maka Anda berbagi sesuatu yang Anda akan ingat selamanya. Anda juga akan membantu bayi Anda untuk mengembangkan hubungan antara Anda dan suara Anda. Ingat, janin yang sudah berusia 17 minggu kandungan sudah bisa mendengarkan suara dari luar. Pada perkembangan kehamilan lebih lanjut, bayi pun sudah bisa mengenali suara Ibunya atau ayahnya. Baca juga: Manfaat endengarkan musik untuk janin dalam kandungan

Menenangkan.

Manfaat lain dari membaca untuk bayi sebelum ia dilahirkan adalah menenangkan. Kehidupan sehari-hari Anda mungkin selalu diisi oleh banyak kegiatan, sehingga akan menimbulkan banyak ketegangan. Percaya atau tidak, bayi yang belum lahir bisa merasakandan bereaksi terhadap aktivitas dan ketegangan Ibunya. Membaca adalah aktivitas yang menenangkan untuk janin dalam kandungan. Hal ini juga akan membantu bayi Anda yang belum lahir untuk “bersantai” dan merasakan rasa “rileks” dari kegiatan dan ketegangan sehari-hari.

Meningkatkan Pengembangan Bahasa sejak Dini.

Sebelum bayi lahir dia sudah belajar tentang dunia, bahwa dia nantinya juga akan segera menjadi bagian dari dunia. Bahasa adalah salah satu hal yang bisa janin kumpulkan dan pahami, dan membacakan buku kepada bayi saat dalam rahim dapat membantu untuk mempromosikan pemahaman bahasa yang lebih besar. Selain itu, membaca sebelum kelahiran juga akan membantu mengembangkan kecerdasan.

Lihat juga :   Manfaat Omega 3 bagi ibu Hamil dan bayi

Nah itulah beberapa manfaat yang menakjubkan dari membaca untuk anak yang bahkan masih berada didalam kandungan. Lalu Buku apa saja yang baik untuk dibaca?,, ikuti terus!

Pilihan Buku

Buku untuk anak-anak tentu adalah pilihan yang jelas. Ada berbagai macam buku untuk anak-anak tersedia. Seperti buku sajak, atau buku yang bertopik yang membahas kedamaian dan buku keterampilan yang membentuk kognitif awal (bentuk, warna, angka) sangat bermanfaat.

Membaca yang Efektif untuk bayi

Untuk membacakan buku bagi janin Anda, lakukan ditempat atau ruang yang cukup, lega dan tenang. Putar dari televisi dan radio pelan dan menenangkan. Membacakan untuk janin Anda dengan suara yang tenang serta tangan sambil ditempatkan di atas perut Anda. Saat Anda membaca, mungkin Anda akan merasakan ketika dia bereaksi terhadap suara Anda dengan gerakan. Biasakan membaca untuk janin Anda ini menjadi urusan keluarga. Biarkan ayahnya, saudara, bibi, paman, kakek-nenek dan orang lain untuk ikut membacakan supaya mereka juga memiliki hubungan yang dekat dengan bayi di luar rahim. Ini akan membantu untuk memfasilitasi ikatan antara bayi dan orang-orang disekitarnya. Pada usia kehamilan trimester kedua, bahkan bayi sudah mampu mengenali suara-suara yang ada disekitarnya, ia akan akrab dengan suara-suara yang biasa ia dengarkan seperti suara ayah atau ibundanya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *