Manfaat Minyak Zaitun bagi kesehatan

Advertisement

manfaat minyak zaitunMinyak zaitun lebih baik bagi kesehatan, daripada minyak bunga matahari. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh, yang bisa  menggantikan lemak jenuh dan lemak trans dalam diet Anda serta memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan. Sekitar 75 persen kandungan lemak dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang sehat ( MUFA )
Selain itu, Zaitun dan minyak zaitun merupakan sumber nutrisi yang baik, seperti  vitamin E , vitamin A dan vitamin K , zat besi , kalsium, magnesium , dan kalium . Minyak zaitun  juga merupakan sumber asam amino. Jadi Minyak zaitun maupun buah zaitun  bermanfaat bagi kesehatan mata , kulit, tulang , dan kesehatan sel serta fungsi kekebalan tubuh. Minyak zaitun adalah kolesterol alami, serta bebas sodium dan karbohidrat.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan

Menurunkan risiko penyakit jantung .

Minyak zaitun membantu untuk menjaga kolesterol dalam jumlah yang terkontrol, sehingga tidak sampai menyebabkan tersumbatnya arteri. Juga mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun. Kurang begitu dibicarakan, namun juga tak kalah pentingnya yaitu  mengurangi peradangan kronis tingkat rendah dalam tubuh (dan dalam hati ). Mungkin ada banyak penyebabnya, seperti, gaya hidup, diet tidak sehat atau dampak lingkungan.

Membantu menjaga tekanan darah.

Kesimpulan yang diambil oleh para peneliti, bahwa kandungan asam oleat ( disebut juga Omega – 9 ), dapat mencapai membran sel dan merubah pola sinyal otak. Untuk itu dikatakan bahwa minyak zaitun akan membantu mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Menurunkan kolesterol .

Kadar lemak dalam Minyak zaitun adalah asam oleat dalam jumlah sekitar 75% . Telah lama dibuktikan bahwa hal tersebut dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah.

Membantu menghindari sindrom metabolik yang ditakuti .

Penelitian terbaru telah memberitahu kita,  bahwa genetika tidak selalu tepat menentukan bagaimana kita akan berubah. Stimulus lingkungan juga diperlukan untuk mengaktifkan gen-gen tertentu. Kandungan yang tinggi polifenol dalam minyak zaitun akan mempengaruhi gen ini dengan cara yang positif,  sehingga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh .

Minyak zaitun mengandung antioksidan, yang mencegah dampak radikal bebas, sekaligus juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Anti-inflamasi .

Polifenol adalah agen ampuh anti inflamasi, yang bisa mengurangi resiko berbagai macam penyakit akibat peradangan.

Melindungi saluran pencernaan .

Minyak zaitun akan memfasilitasi pencernaan secara keseluruhan, seperti penyerapan nutrisi, termasuk vitamin penting yang larut lemak. Menurut penelitian yang masih berlangsung, Orang yang diet kaya minyak zaitun lebih rendah secara signifikan terhadap penyakit kanker saluran pencernaan bagian atas.

Tulang yang sehat.

Mengkonsumsi Minyak zaitun dikaitkan dengan peningkatan tingkat kalsium darah. Ini mungkin juga bermanfaat untuk mencegah Osteoporosis.

Fungsi kognitif yang lebih baik .

Terutama di kalangan para orang tua, mengkonsumsi minyak zaitun menunjukkan peningkatan fungsi kognitif .

Mengurangi risiko rheumatoid arthritis .

Beberapa penelitian menunjukkan orang yang diet kaya minyak zaitun memiliki kemungkinan lebih rendah terkena arthritis/rematik, walaupun mekanismenya masih belum jelas .

 

Jenis Minyak zaitun yang ada

Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa Anda ingin dingin ditekan minyak zaitun . Ini berarti bahwa metode mekanik hanya digunakan untuk menekan keluar minyak , tidak ada bahan kimia atau panas .

  • Minyak zaitu Extra virgin adalah hasil dari proses pertama, dan dianggap memiliki kualitas terbaik.
  • Minyak zaitun Virgin,  terbuat dari hasil proses kedua, dan dianggap sebagai kualitas nomer dua .
  • Minyak zaitun ( disebut juga minyak zaitun murni),  adalah versi komersial yang paling umum.

Perlu diperhatikan

  • Menyimpan minyak zaitun yang baik adalah di tempat gelap,  untuk melindunginya dari sinar matahari. Serta pastikan untuk selalu ditutup dengan baik.
  • Minyak zaitun yang sefar adalah yang terbaik, untuk itu periksa tanggal produksinya.
  • Meskipun minyak zaitun mengandung asam lemak yang sehat, namun masih tinggi kalori sehingga perlu untuk tetap perhatikan asupan Anda.
Advertisement