Manfaat Vitamin E (Tocopherol)

Vitamin untuk mengatasi rambut rontokManfaat vitamin E atau tocopherol bagikesehatan seringkali dihubungkan dengan kesuburan reproduksi dan kecantikan. Mungkin hal ini karena keterkaitan sifatnya yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh, stamina dan vitalitas pria dll. Manfaat vitamin E masih banyak lagi, seperti mengurangi  risiko katarak, kanker, jantung dan penyakit kardiovaskular.

Advertisement

Satu set yang terdiri dari delapan Tokoferol terkait secara kolektif yang dikenal sebagai vitamin E. Vitamin ini terkenal sifatnya yang larut dalam lemak dan memiliki sifat antioksidan. Vitamin E pertama kali ditemukan dalam percobaan yang dilakukan pada tikus tahun 1922. Kekurangan vitamin ini diketahui bisa menyebabkan kemandulan pada tikus. Meskipun tidak ada konfirmasi bahwa vitamin ini akan membantu meningkatkan kesuburan pada manusia, banyak orang terutama pria mengklaim jika mengkonsumsi rutin vitamin E bisa meningkatkan vitalitas mereka.

Vitamin E merupakan vitamin esensial bagi tubuh.Satu dari delapan tokoferol, yaitu alpha tocopherol- adalah yang paling banyak tersedia dan juga yang paling istimewa digunakan oleh tubuh. Dalam bentuk suplemen, vitamin E tersedia dalam bentuk alami ataupun yang sintetis. Bentuk sintetis hanyalah setengah aktif dari bentuk alami. Baca: Sumber makanan mengandung vitamin E alami

Berikut beberapa Manfaat Vitamin E bagi kesehatan

Kanker dan penyakit kardiovaskular:

Vitamin ini larut dalam lemak, oleh karena itu akan membantu  stabilitas membran sel. Sifat antioksidan vitamin Eakan  melindungi sel-sel kita dari efek negatif radikal bebas. Radikal bebas adalah bentuk efek samping dari proses metabolisme tubuh kita. Radikal bebas berbahaya bagi tubuh kita karena akan  merusak sel-sel,  yang selanjutnya akan meningkatkan peluang tubuh terkena penyakit kronik seperti kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya. Vitamin E berkemampuan untuk membatasi produksi radikal bebas, sehingga dapat membantu dalam pencegahan kanker dan penyakit kronik lainnya.

Lihat juga :   Khasiat Manfaat Royal Jelly

Meningkatkan Metabolisme dan Sistem Kekebalan Tubuh:

Vitamin E berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Ia akan membantu fungsi perbaikan DNA serta meningkatkan proses metabolisme tubuh. Asupan Vitamin E akan membantu untuk menghentikan perkembangan nitrosamin dalam tubuh kita. Nitrosamin adalah karsinogen yang terbentuk dari nitrat pada perut kita yang berasal dari makanan.Inilah yang disebut dengan membantu peningkatan proses metabolisme. Vitamin E juga membantu dalam melindungi beberapa jaringan sensitif dari bagian tubuh kita seperti kulit, hati, mata, pay*dara dan tes tis.

Penyakit Jantung:

Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin E membantu mencegah atau menunda penyakit jantung. Penyumbatan di arteri koroner kadang-kadang bisa menyebabkan serangan jantung. Penyumbatan di arteri ini bisa dikarenakan adanya perubahan oksidatif pada kolesterol LDL dalam tubuh. Vitamin E  adalah antioksidan penting, yang membatasi oksidasi kolesterol LDL, dan dengan demikian dapat membantu mencegah penyakit jantung. Salah satu faktor utama serangan jantung adalah pembekuan darah. Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin E juga membantu mencegah pembekuan darah arteri, yang akhirnya bisa menghindari dari serangan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi vitamin E lebih tahan terhadap penyakit yang terkait masalah jantung.

Katarak:

Katarak merupakan hasil dari pertumbuhan abnormal pada lensa mata. Iniakan menyebabkan penglihatan kabur dan risiko tinggi cacat penglihatan pada orang tua. Orang dengan asupan tinggi vitamin E menunjukkan kejelasan lensa mata yang lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Antioksidan dalam vitamin E juga membantu mengurangi atau menunda pertumbuhan katarak.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *