Apakah Pisang baik untuk wanita hamil?

pisangWanita hamil memang sangat perlu untuk memastikan tetap dijalur diet yang sehat demi pertumbuhan sehat bayi. Makan buah-buahan seperti pisang dapat membantu untuk mengelola semua aspek selama kehamilan. Satu buah pisang setiap hari baik dikonsumsi oleh wanita hamil sebagai makanan pencuci mulut, selama tidak menderita alergi pisang. Buah pisang penuh nutrisi yang sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan bayi yang dikandung.

Advertisement

Berikut beberapa Manfaat Pisang bagi kehamilan:

Pisang tinggi Vitamin B6

Setiap vitamin yang tergolong dalam 12 jenis vitamin B,  berperan penting untuk perkembangan bayi. Dan pisang mengandung tinggi salah satu dari vitamin B kompleks tersebut, yaitu vitamin B6(pyridoxamine).  Sistem saraf pusat bayi bergantung pada vitamin B6 untuk mengkoordinasikan kegiatan selama perkembangan,  dan membantu dengan biosintesis dari neurotransmitter GABA, dopamin dan serotonin. Sedangkan sistem saraf pusat bayi mengatur pertumbuhan ini, vitamin B6 dari pisang akan membantu ibu dan bayi untuk mengirimkan oksigen ke semua jaringan sel tubuh melalui hemoglobin. Asupan harian vitamin B6 yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah 1,9 mg, atau sekitar 2 1/2 buah pisang.

Pisang tinggi Kalium

Kalium sangat baik untuk wanita hamil. Ibu harus mendapatkan setidaknya 2.000 mg kalium setiap hari (pisang mengandung kalium 800 mg). Kalium adalah mineral penting yang dapat meringankan beberapa efek samping yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan kehamilan. Pisang dapat mengurangi frekuensi atau keparahan kram kaki yang menyakitkan, dan juga akan membantu mencegah pembengkakan secara alami. Waspadalah terhadap gejala pembengkakan yang lebih cepat, karena ini bisa jadi adalah preeklamsia yang membutuhkan bantuan dokter. Dalam hal ini Pisang tidak akan membantu.

Mengurangi Diare

Wanita hamil biasanya harus berurusan dengan diare, selain rasa mual di pagi(morning sisckness). Dalam hal ini Ibu hamil juga dapat mendapat keuntungan dari makan pisang. Pisang adalah buah yang mengandung serat gusi dan pektin, yaitu serat larut yang juga ditemukan dalam buah apel. Serat ini bermanfaat untuk menyerap kelebihan air dalam tubuh, dan yang akan membantu meredakan gejala diare. Kalium dalam buah pisang juga dapat membantu mengurangi kram usus yang kadang-kadang bisa menyertai diare.

Lihat juga :   Nutrisi penting untuk ibu hamil

Mendapat Bayi Laki-laki

Begitu banyak mitos tentang bagaimana cara untuk mendapatkan bayi laki-laki atau perempuan. Meskipun tidak ada jaminan yang sebenarnya, para ilmuwan di Oxford Inggris dan Universitas Exeter mempelajari hampir 750 wanita yang baru hamil untuk pertama kalinya, mencari hubungan antara pola makan dan jenis kelamin bayi. Tingginya kadar kalium, natrium dan kalsium pada pisang dikatakan bisa mempengaruhi untuk mendapat  janin laki-laki. Semangkuk sereal, pisang dan susu di pagi hari adalah sarapan besar bagi wanita yang ingin mendapatkan bayi laki-laki.

Peringatan keamanan makan pisang

Meskipun pisang bermanfaat untuk wanita hamil dan bayi, namun ada peringatan untuk berhati-hati. Pisang juga mengandung kitinase, atau enzim yang juga dikenal sebagai panallergen, atau kelompok enzim yang dapat menyebabkan reaksi alergi yang sama. Orang yang alergi terhadap chitinases juga alergi terhadap lateks(getah) buah, yang berarti juga mereka harus menghindari lateks seperti pada buah pisang dan alpukat, meskipun tidak selalu untuk buah-buahan lainnya. Jika Anda pernah mengalami sensitivitas lateks atau intoleransi terhadap alpukat, tanyakan pada dokter sebelum makan buah pisang.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *