Cara memperdengarkan musik untuk bayi dalam kandungan

manfaat musik untuk bayi dalam kandunganMemperdengarkan musik ketika bayi masih dalam kandungan telah diketahui membawa pengaruh terhadap bayi kelak ketika ia telah lahir. Perlu diketahui juga bahwa, janin sejak usia 17 minggu dalam kandungan sudah mulai dapat mendengar suara dari luar rahim. Dan pada saat usia kandungan telah menginjak usia 20 minggu kandungan, janin sudah mampu mengenali suara ibunya dan merespon suara. Baca juga: Membaca baik bagi janin saat dalam kandungan.

Advertisement

Menurut ahli, mendengarkan musik untuk bayi Anda saat dia masih dalam kandungan akan memberikan menghasilkan ikatan dengan bayi sejak sebelum ia lahir.  Mengekspos bayi  yang belum lahir dengan musik klasik bisa membuat bayi menjadi mudah ditenangkan dengan mendengarkan musik yang sama setelah lahir. Pilih sonata dari komposer seperti Mozart atau Bach, dan buatlah beberapa ikatan waktu dengan si kecil. Sebelum Anda mulai untuk memutarkan musik untuk janin Anda, persiapkan dulu perangkatnya. Sediakan alat pemutar musik lengkap dengan headphone, Anda bisa menggunakan CD portabel atau pemutar CD yang menurut Anda praktis.

Berikut Cara memperdengarkan musik untuk bayi dalam kandungan dengan menggunakan CD player dan headphone:

Langkah pertama

Untuk mendapatkan permainan musik yang cocok, Anda bisa mengunjungi toko CD yang menyediakan beberapa album musik klasik untuk bayi Anda. Carilah kompilasi yang memiliki beberapa komposisi atau kompilasi khusus dirancang untuk bayi yang masih  belum lahir.

Langkah kedua

Masukan CD ke player, kemudian pasang headphonenya. Coba dengarkan ketelinga Anda, pastikan suaranya tidak terlalu keras dan nyaman jika Anda dengarkan. Tandai berapa nilai sound yang keluar, kemudian kecilin lagi suaranya dan stop player.

Langkah ketiga

Perlebar ukuran headphone agar speaker headphine bisa menjangkau terhadap sisi kanan dan kiri perut Anda. Tempatkan masing-masing speaker headphone di setiap sisi perut Anda dengan band yang membentang di atas perut. Sesuaikan letak headphone agar tetap pada tempatnya dan tidak mudah  jatuh.

Lihat juga :   Apakah Pisang baik untuk wanita hamil?

Langkah keempat

Putar kembali CD player portabel Anda, sesuaikan kembali volumenya seperti yang tlah Anda tandai pada langkah 2. Namun Pastikan jika Anda tidak dapat mendengar musik yang keluar dari headphone, karena jika Anda masih bisa mendengarkannya dari jauh berarti itu terlalu keras. Ingat, terlalu keras justru bisa sangat mengganggu bayi Anda.

Langkah kelima

Untuk memberhentikannya, atau ketika Anda rasa sudah cukup selanjutnya habiskan volumenya dengan cara perlahan. Setelah itu stop CD playernya dan lepas headphone dengan cara lembut.

Tips-tips

Menggunakan headphone untuk memperdengarkan musik kepada bayi dalam kandungan adalah cara termudah dan untuk waktu yang lebih lama. Memutarkan kembali musik yang sama nanti ketika bayi telah lahir akan sangat membantu untuk menghiburnya. Bayi yang telah lahir akan akrab dengan suara musik yang sering Anda perdengarkan ketika ia masih dalam rahim. Jika nanti ia rewel atau sedang tidak mood, memperdengarkan musik yang sama akan memudahkan Anda untuk menenangkannya. Bukan hanya memperdengarkan melalui player dan headphone, jika Anda suka bernyanyi mendendangkan lagu favorit Anda, Bayi Anda nantinya juga bisa mengenalinya nanti.  Sekali lagi jangan terlalu keras mengekspose janin dengan musik selama ia dalam kandungan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *